Mungkin istilah varises sudah sangat ramah di telinga masyarakat kita. Dimana penyakit yang satu ini sering dihubungkan dengan akibat terlalu banyak berdiri atau terlalu sering memakai sepatu hak tinggi.

Varises adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat membesarnya pembuluh darah manusia.

Semua tubuh manusia pasti dialuli oleh namanya pembuluh darah, karena pembuluh darah adalah tempat yang menjadi transportasi darah dalam tubuh manusia.

Sehingga jika varises merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembengkakan pembuluh darah, maka pembuluh darah di bagian tubuh manapun bisa saja terkena penyakit varises ini.

Namun, memang umumnya yang paling sering diserang adalah pembuluh darah di bagian kaki, karena berbagai hal yang memicu terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah kaki tersebut.

Misalnya karena terlalu sering berjalan kaki, terlalu lama berdiri dalam waktu yang terus menerus, terlalu sering memakai sepatu atau sandal hak tinggi, dan masih banyak lainnya lagi.

Penyakit varises ini bagi sebagian besar orang bisa menimbulkan gejala berupa rasa tidak nyaman akibat sakit yang dirasa pada area varises. Selain itu, penampakan penyakit varises juga tak ‘cantik’ bagi kulit.

Kenapa yang paling sering terkena varises adalah pembuluh darah di kaki? Jawabannya karena pembuluh darah di kaki harus bekerja lebih keras karena dia melawan gravitasi bumi.

Maksudnya, karena letak dia di bawah maka proses pemompaan darahnya menuju jantung juga lebih besar. Hal itu membuat pembuluh darah pada kaki harus bekerja lebih ekstra.

Nah, selain karena factor itu, ada juga beberapa faktor kuat yang memicu timbulnya penyakit varises pada seseorang.

Diantaranya adalah faktor umur yang sudah lanjut, faktor kehamilan (seseorang yang hamil rentan terkena varises), riwayat keluarga, obesitas/kegemukan, dan pola hidup serta makan tidak sehat.

Sebagai kewaspadaan, sebaiknya untuk sekarang kamu perlu menjaga kesehatanmu dengan mengatur pola makan serta pola hidup yang sehat.

Jauhi segala macam hal-hal yang menyebabkan penyakit varises juga ya!