www.aneka10.blogspot.com

5 Fakta Unik Perang Dunia 2 yang Membuatmu Merinding

Posted on

Perang jika diibaratkan seperti pepatah adalah jika menang menjadi arang, jika kalah menjadi abu. Begitulah faktanya. Perang selalu memberikan dampak kerusakan yang sangat besar.

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Tak hanya materi yang terbuang sia-sia. Namun juga ratusan ribu nyawa bahkan kaum perempuan dan anak-anak harus melayang menjadi korban keangkuhan manusia.

Perang dunia 2 yang melibatkan berbagai negara antara blok fasis dan blok sekutu ini melibatkan banyak negara.

Blok fasis terdiri dari Italia, Jerman, dan Jepang. Sedangkan Blok Sekutu terbagi lagi menjadi blok demokrasi dan blok komunis. Blok demokrasi terdiri dari Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda.

Sedangkan blok komunis terdiri dari Uni Soviet, Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovakia.

Perang yang meletus sejak tahun 1939 sampai 1945 ini memakan banyak korban. Namun terdapat 5 fakta unik perang dunia 2 yang membuatmu merinding membayangkannya.

Mengakibatkan Skala Kehancuran Terbesar Sepanjang Sejarah

www.aninditablog.wordpress.com
www.aninditablog.wordpress.com

Sepanjang sejarah, Perang Dunia 2 merupakan perang yang paling banyak memakan biaya, merenggut korban, menghancurkan bangunan, serta menyebabkan perubahan besar negara-negara dunia dalam berbagai bidang.

Perang ini merenggut 50 juta sampai 70 juta nyawa. 80% korban berasal dari Soviet, Cina, Jepang, dan Polandia. Hal yang membuat miris adalah lebih dari setengahnya adalah warga sipil yang sebagian besar wanita dan anak-anak.

Namun, korban jiwa terbanyak merupakan warga negara Uni Soviet (Rusia) yaitu lebih dari 21 juta jiwa. Sekitar 80% pria Soviet kelahiran tahun 1923 meninggal selama perang Dunia 2.

Terjadi Pemerkosaan Masal 2 Juta Wanita Jerman

www.muvila.com
www.muvila.com

Kasus pemerkosaan masal ini yang paling bertanggungjawab adalah pasukan Soviet dan Red Army. Adapun wanita yang harus mengalami pemerkosaan masal ini berusia antara 13 tahun hingga 70 tahun.

Sungguh perang selalu diikuti dengan tindakan yang tidak manusiawi.

Tokyo Terancam Turut di Bom

www.imperfectionists.wordpress.com
www.imperfectionists.wordpress.com

Seperti yang telah diketahui bahwa Kota Hiroshima dijatuhi bom atom uranium oleh tentara sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945.

Kemudian 3 hari selanjutnya pada tanggal 9 Agustus 1945 Kota Nagasaki kembali menjadi sasaran bom plutonium jenis implosi oleh tentara sekutu.

Adapun orang-orang yang selamat dari peristiwa kejatuhan bom di Hiroshima dan Nagasaki disebut dengan niju hibakusha yang memiliki arti secara harfiah “orang-orang yang terkena dampak ledakan.”

Apabila Jepang tidak menyerah setelah kejatuhan 2 bom tersebut, dalam rencana sekutu akan mengebom kota Tokyo. Wah jadinya bagaimana ya jika Tokyo yang saat ini sebagai ibu kota Jepang di bom?

Nazi Jerman Melakukan Pambantaian Terhadap Kaum Yahudi

www.galacticconnection.com
www.galacticconnection.com

Tokoh pentolan Nazi bernama Adolf Hitler telah dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin terutama terhadap kaum Yahudi.

Padahal sebelum berjaya di Perang Dunia 2, pada tahun 1928 Nazi hanya memenangkan 3% suara pada pemilu di Jerman. Namun perkembangan Nazi sungguh sangat pesat hingga menjadi sorotan saat Perang Dunia 2.

Sebelum memutuskan mengincar kaum Yahudi untuk dihabisi, Nazi awalnya berencana mengasingkan kaum Yahudi di Madagaskar. Namun kejahatan genosida akhirnya menjadi pilihan Nazi.

Nazi telah membunuh lebih dari 12 juta nyawa. Lebih dari 6 juta merupakan kaum Yahudi yang seluruhnya di bakar pada peristiwa Holocaust.

Namun demikian muncul beberapa tokoh pahlawan yang menyelamatkan orang-orang Yahudi meskipun mereka harus bertaruh nyawa. Di Denmark terdapat 3 warga sipil yang menyelamatkan ribuan jiwa kaum Yahudi.

Terdapat Medali Penghargaan Selama Perang.

www.alifrafikkhan.blogspot.com
www.alifrafikkhan.blogspot.com

Meskipun dalam kondisi perang yang mengorbankan banyak jiwa, selama perang dunia 2 terdapat 433 medali penghargaan. 219 penghargaan dianugerahkan bahkan setelah sang penerima wafat.

Penghargaan macam apa di saat dunia tengah berdarah-darah mempertahankan keangkuhannya?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *