Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah memulai peperangan, beliau justru banyak mengupayakan persatuan tanpa pertumpahan darah. Karena beliau adalah seorang Nabi dengan penuh kasih sayang.

Tetapi jika sudah tidak memungkinkan menghindari peperangan, maka Rasulullah akan menempatkan diri paling depan. Meski demikian, banyak peraturan perang yang beliau ajarkan kepada prajuritnya.

Rasulullah selalu hadir ketika peperangan terjadi dizamannya. Berikut adalah 5 perang yang pernah dilalui Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam.

1Perang Badar

faculty.ksu.edu.sa

Perang badar terjadi pada 17 Ramadhan tahun kedua Hijrah, di Badar. Terletak di antara kota Mekah dan Madinah. Tentara Islam yang hanya berjumlah 313 orang berhadapan dengan kaum kafir quraisy yang berjumlah 1000 orang.

Melihat jumlah tentara lawan tiga kali lipat lebih besar, Rasulullah berdoa,”Ya Allah, menangkanlah pasukan hambamu. Bila umat yang kecil binasa, maka akan berjayalah agama berhala dan di muka Bumi ini tidak akan ada orang yang menyembah-Mu.”

Doa beliaupun di ijabah oleh Allah. Dalam perang ini tentara Islam hanya 14 orang yang syahid. Sedang pihak kafir 70 orang tewas termasuk tokoh-tokoh seperti Abu Jahal bin Hisyam(panglima), Uthbah bin Rabiah, dan Syaibah bin Rabi’ah.

2Perang Uhud

www.hanaenet.com

Ketika kalah di perang badar, orang-orang musyrik ingin membalas dendamnya terhadap kaum muslimin.

Mereka mengerahkan 3000 tentara, sedang kaum muslimin hanya 1000 prajurit. Itupun kemudian berkurang, karena orang-orang munafik yang sebanyak 300 orang akhirnya mengundurkan diri atas pengaruh orang-orang Yahudi.

Dalam pertempuran ini umat Islam menderita kerugian 70 orang tewas, sedang dipihak musuh hanya 25 orang tewas. Kekalahan ini menginsafkan mereka bahwa melanggar dan mengabaikan perintah Nabi akan mendatangkan kerugian.

3Perang Khandaq

www.hawamer.com

Perang ini berawal dari kaum Yahudi yang melanggar perjanjian perdamaian dengan umat Islam. Mereka bergabung dengan kaum kafir Quraisy. Jumlah pasukan musuh seluruhnya mencapai 10.000 orang. Sedangkan Nabi hanya dapat mengumpulkan sebanyak 2000 prajurit muslim.

Sesuai saran Salman Al-Farisi, kaum muslimin menggali parit untuk lubang perlindungan. Atas izin Allah dan startegi ini, akhirnya kaum muslimin mampu mengalahkan musuh.

4Perang Khaibar

www.hawamer.com

Terjadi pada tahun ketujuh Hijrah. Meletus di kota Khaibar. Pasukan muslimin sejumlah 1600 prajurit yang dipimpin langsung oleh Nabi berhasil mengepung orang-orang Yahudi selama 6 hari. Dan pada hari ketujuh, mereka dapat ditaklukkan.

5Perang Hunain

akhbarelyom.com

Peperangan ini meletus di pegunungan Hunain pada tahun ke delapan hijrah. Rasulullah Saw. dapat menghimpun tentara sebanyak 12.000 orang. Sedemikian banyaknya jumlah tentara muslimin sehingga sebagian kecil menyombongkan diri bahwa kemenangan pasti akan mereka dapatkan.

Namun dikarenakan perasaan sombong yang mengotori hati mereka, kaum muslimin nyaris terkalahkan di peperangan ini.

Berkat pertolongan Allah, keadaan menjadi berbalik, pasukan muslimin dapat dengan leluasa menguasai medan. Musuhpun akhirnya lari tunggang langgang. Dan kemenangan dapat diperoleh dengan gampang.

Itulah tadi 5 perang yang pernah dilalui Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam. Ada banyak hikmah dan nasehat dibalik perang-perang tersebut. Semoga kita menjadi hamba-Nya yang selalu mengambil hikmah dan kebaikan dari berbagai kejadian.

SHARE