We know ya Guys. Jaringan komputer harus didukung oleh perangkat jaringan komputer yang lengkap agar fungsi dan manfaat dari jaringan komputer dapat maksimal.

Perangkat jaringan komputer ini sangat diperlukan mengingat hal ini adalah tool pokok yang harus ada dalam sebuah jaringan komputer. Perangkat jaringan komputer terdiri dari dua komponen, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Pertama, kita akan membahas perangkat kerasnya, apa saja sih?

1Komputer Server

komputerjaringan-smk.blogspot.com

Komputer server biasanya mempunyai sistem operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain (client) dalam jaringan.

Jika sebuah jaringan komputer tersebut terkoneksi dengan internet, maka komputer server ini juga berfungsi sebagai gerbang komputer klien untuk mengakses internet.

2Komputer Client

teknodaily.com

Komputer client merupakan komputer yang digunakan untuk mengolah data yang diambil dari server, dengan kata lain komputer client ini adalah komputer yang menerima pelayanan dari komputer server.

3NIC (Network Interface Card) atau Kartu Jaringan

fikadf.wordpress.com

NIC merupakan sebuah perangkat keras komputer yang dirancang agar memungkinkan komputer melakukan komunikasi dalam dalam jaringan.

Fungsi utama NIC antara lain, sebagai media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan, mengontrol arus data antara komputer dan sistem kabel.

Juga menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer

4Hub (Konsentrator)

fiqriabih.wordpress.com

HUB adalah perangkat keras jaringan berfungsi untuk membagi dan menguatkan sinyal data kartu jaringan. Dengan Hub ini, sebuah kabel dari komputer server dibagi menjadi beberapa komputer client.

Hub mempunyai beberapa port sebagai konektor kabel dari komputer, atau perangkat lain yang terhubung dalam jaringan. Jumlah port pada Hub bervariasi diantarnya 6, 8, dan 24.
Kabel dan Konektor

Dalam sebuah jaringan kabel berfungsi sebagai penghubung. Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer, antara lain adalah:

BNC Connector, BNC Connector ini berbentuk silinder, terbuat dari tembaga dengan 2 prongs untuk menghubungkan. Selain itu menggunakan T-connector jika dihubungkan dengan network adaptor

Twisted Pair Ethernet, kabel ini ada dua macam, yaitu UTP (Unshielded Twisted Pair) yang tanpa selubung pembungkus dan STP (Shielded Twisted Pair) dengan selubung pembungkus.

Konetor RJ-11 atau RJ-45.Twisted atau terpelintir dimaksudkan untuk mengurangi interferensi listrik.Dapat melewatkan sinyal sampai 10 Mbps.

STP tahan gangguan daripada UTP sehingga kecepatannya sampai 100 Mbps. Dibutuhkan hub untuk membangun sebuah LAN.

Fiber Optic (FO), kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan. Harga relatif mahal dan pemasangan atau instalasi lebih sulit

Router, perangkat dalam jaringan yang mengatur aliran data dari suatu jaringan (LAN) ke jaringan lain sehingga arus data daru satu jaringan tidak bercampur dengan arus data dari jaringan lain.

Okay, for the second, kita akan membahas softwarenya. Check it out

5Sistem Operasi (Operating System)

bangeky.blogspot.com

Untuk system operasi yang tidak perlu menjadi masalah, karena memang hampir semua sistem operasi yang sekarang ini sudah mampu untuk membangun jaringan komputer.

Sistem operasi yang umum digunakan bisanya ; Windows dari Microsoft dan Linux.
Masing-masing system operasi mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing, jadi terserah Kamu mau menggunakan sistem operasi yang mana.

6Driver

blog.taryo.net

Driver ini adalah sebuah program komputer kecil yang biasanya menjadi satu paket dengan perangkat yang akan dipasang pada komputer.

Misalnya, pada saat kita akan memasang perangkat tambahan NIC (Network Interface Card), jika komputer kita tidak mengenal NIC yanag akan dipasang maka kita memerlukan driver tambahan untuk menginstalasinya.

Maka dari itu, driver juga perlu dalam sebuah jaringan komputer.

Gimana Guys? Tambah paham bukan soal perangkat jaringan komputer? Semoga bermanfaat. Don’t forget, share what you know if you want know more and more!

SHARE