Perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dalam jaringan komputer agar setiap komputer yang terhubung dapat berbagi file, data, dan sumber daya lainnya.

Untuk membangun sebuah jaringan komputer yang baik maka dibutuhkan komponen perangkat keras yang terdiri dari berbagai jenis bentuk dan ukuran. Serta memiliki fungsi yang berbeda-beda namun pada hakikatnya memiliki tujuan untuk mendukung satu sama lain.

1Komputer Server

blog.dsolusindo.com

Perangkat keras yang pertama pada jaringan komputer adalah komputer server. Ini merupakan perangkat yang paling penting dalam sebuah jaringan komputer, karena server merupakan pusat dari jaringan komputer.

Semua data penting yang nanti akan disebarkan ke internet semuanya berada pada server komputer.

2Kabel Jaringan

www.patartambunan.com

Kabel jaringan merupakan sebuah media penghubung antara suatu device ke device lainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi transmisi jaringan, untuk menghubungkan suatu jaringan komputer tidak hanya lagi menggunakan kabel jaringan.

Seiring kemajuan zaman, kita saat ini dikenalkan oleh teknologi wireless yang menggunakan gelombang radio yang dapat menghubungkan satu komputer dan komputer lainnya.

3NIC (Network Interface Card)

www.automation-drive.com

Dalam bahasa Indonesia, NIC atau Network Interface Card dapat diartikan sebagai Kartu Jaringan, namun istilah yang lebih populer untuk menyebut NIC adalah Ethernet Card atau LAN Card.

NIC (Network Interface Card) merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang menyediakan media untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

4HUB

www.microscope.co.uk

Alat penting lainnya yang masuk dalam kategori perangkat keras jaringan komputer berikutnya adalah Hub.

Definisi atau pengertian dari HUB yaitu komponen jaringan komputer yang memiliki colokan (port-port), yang umunya digunakan untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap workstation, server atau perangkat jaringan lainnya.

5Repeater

www.conrad.com

Kamu tentu sangat asing dengan benda yang satu ini. Repeater adalah alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal di dalam jaringan komputer.

Cara kerjanya adalah sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan diproses, lalu dipancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen lainnya.

Wah, canggih bukan?

6Modem

www.obralindo.com

Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukkan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa kamu pahami ataupun sebaliknya.

Bingungkan? Xixixi.

Btw, kamu tahu kan modem itu adalah sebuah kata singkatan? Tahu ngga kepanjangan modem itu apa? Yap! Modulator dan Demodulator.

Baru tau yaa?

7Router

Router adalah salah satu perangkat keras dalam jaringan komputer yang dilengkapi oleh Network Operating System sehingga dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda.

Sederhananya, router digunakan untuk membagi protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, dengan begitu maka protocol bisa di-sharing ke bebrerapa perangkat jaringan lainnya sekaligus.

Router juga merupakan alat untuk menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data agar data tersebut dapat sampai ke tujuannya. Router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah sinyal berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal.

8Acces Point

www.amazon.com

Masih bicara soal perangkat keras jaringan komputer. Yang selanjutnya adalah Acces Point.

Acces point adalah sebuah alat yang digunakan sebagai perpanjangan tangan dari alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network), dimana tujuan utama dari penggunaan access point adalah untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network).

Nah itulah tadi beberapa ulasan terkait perangkat keras jaringan komputer. Asal kamu tahu saja, mempelajari hal-hal seperti ini, selain dengan kuliah dan mengambil jurusan yang sesuai ternyata bisa dilakukans secara otodidak.

Tidak percaya? Coba saja!