Kamu tahu bukan perangkat keras komputer / hardware? Yup, pokoknya perangkat komputer yang terlihatlah intinya. Selain hardware, komputer juga terdiri dari perangkat lunak atau sofware.

Perangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik bersifat dapat dilihat, diraba, dan berbentuk nyata yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC).

Sebagaimana kita tahu perangkat keras (hardware) komputer itu banyak kan ya macamnya. Nah, untuk mempermudah kita dalam memahaminya maka kita bagi ke dalam 4 jenis yaitu:
Input Device , Process Device , Output Device, Storage Device

Untuk memperjelas jenis-jenis tersebut dan perangkat keras mana saja yg termasuk di dalamnya, read more, Guys!

1Input Device

Input device adalah unit yang fungsinya sebagai media untuk memasukkan/menginput data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yg diperlukan.

Input devices yg umumnya digunakan pada computer (PC) adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, scanner dan yang lainnya. Nah kita bahas satu-satu yuk.

Berdasarka sifatnya, perangkat input dibedakan menjadi dua:

Perlengkapan input langsung adalah perangkat input yang di proses oleh prosesor saat pengguna memasukkan perintah, misalnya seperti touch screen, light pen, mouse, scanner dan digtizer graphic.

Perlengkapan input tak langsung adalah perlengkapan input yang di proses secara langsung oleh prosesor, akan tetapi perlengkapan input yang harus melewati media tertentu sebelum nantinya di proses oleh prosesor.

2Mouse

razerzone.com

Kenapa disebut mouse? Karena memang biasanya bentuknya seperti tikus. Fungsinya untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta menjalankan peritah klik kiri dan kanan.

Mouse komputer adalah perangkat keras yang merupakan perangkat masukan. fungsi mouse pada komputer untuk mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga berfungsi sebagai alat perintah dengan menekan tombol yang ada pada mouse.

Dalam perangkat mouse terdapat bola kecil yang berfungsi sebagai penangkap pergerakan mouse serta mentransfer sinyal listrik ke CPU. Dengan begitu mouse komputer dapat dengan cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.

3Touch Pad

news.softpedia.com

Touch pad ini seperti mouse ya Guys. Tapi touch pad ini ada di laptop. Yang biasanya berbentuk kotak di dekat keyboard laptop. Fungsinya? Ya beda kakak adik lah ya sama mouse.

Touchpad adalah perangkat penunjuk yang terdapat pada permukaan khusus dan mampu menerjemahkan gerakan serta posisi jari pengguna ke posisi relatif pada layar. Touchpad adalah fitur umum laptop sebagai pengganti mouse komputer di space meja kecil.

Salah satu fungsi touchpad yaitu memberikan rasa nyaman dalam pemakaian mouse, karena dengan touchpad tidak memakan tempat yang terlalu luas serta membutuhkan bidang yang rata, sehingga nyaman dipakai di manapun tempatnya.

4Keyboard

zacktray.wordpress.com

Guys, tahu keyboard kan? Papan ketik itu lho.

Nah fungsi dari keyboard ini untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.

keyboard di dedefinisikan sebagai perangkat keras dalam sebuah komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang fungsinya berbeda-beda tergantung pada penekanannya yang dapat menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan si penggunanya.

Selain sebagai alat untuk menginput data, keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan fariasi yang khusus.umumnya port keyboard pada komputer terdapat dua macam, yakni ps2 dan USB, akan tetapi bersaan dengan berkembangnya zaman teknologi, saat ini keyboard sudah menggunakan wireless atau tanpa menggunakan kabel.

5Joystick

aliexpress.com

Nah, perangkat satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para gamer. Fungsinya untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol-tombol yang ada pada perangkat, biasanya di gunakan untk bermain games pada komputer.

Sistem Kerja Joystick

Joystick adalah peranti penuding yang tidak langsung. Pergerakan kursor dikendalikan oleh pergerakan tuas maupun dengan tekanan yang terdapat pada tuas. Biasanya joystick memiliki tombol yang dapat dipilih maupun diasosiasikan dengan papan ketik.

Di dalam pengoperasiannya, joystick tidak membutuhkan tempat yang begitu luas. Joystick juga memiliki perbandingan T/K yang sering berubah.

Berikut macam-macam joystick

1. Logitech Rumble
2. Logitech Racing Wheel
3. Logitech Extreme 3 D Pro

6Scanner

bhphotovideo.com

Scanner ini fungsinya sama seperti mesin fotocopy hanya saja berbeda hasilnya jika mesin fotocopy dapat dilihat di kertas sedangkan scenner dapat dilihat di layar monitor.

Scannar adalah suatu alat yang berfungsi mengcopy gambar maupun teks yang kemudian di save ke dalam memory komputer. Setelah itu disimpan ke dalam floppy disk atau harddisk.

Alat ini hampir sama dengan fotocopy, bedanya jika fotocopy dapat dilihat dalam bentuk teks, sedangkan scanner hasilnya dapat di lihat di layar monitor, sehingga sebelum mencetak dapat mengedit terlebih dahulu sebelum di simpan dalam bentuk file.

7Process Device

oemarsyariefw.wordpress.com

Unit processing ini fungsinya mengolah data yang sudah dimasukkan melelui perangkat keras masukan. Apa saja sih perangkat keras yang masuk dalam perangkat pemroses ini? Antara lain ini ya Guys

Unit pemrosesan yang ada pada komputer yaitu Central Processing Unit. Perangkat ini adalah yang paling penting dalam komputer, oleh karena itu banyak yang menyebutnya sebagai otaknya komputer.

Tugas utama CPU adalah mengolah data berdasarkan instruksi yang di dapat. Sebetulnya CPU terbagi atas berbagai komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk unit pengolahan.

Empat komponen penting penyusun CPU sebagai berikut:

1. Control Unit.
2. Registers.
3. CPU Interconnections.
4. Arithmetic and Logic Unit (ALU).

8Power Supply

mamangkomputer.wordpress.com

Perangkat ini berfungsi untuk meyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.
Processor

Processor atau yang biasa disebut CPU ini berfungsi untuk meengeksekusi kompleks yang memungkinkan komputer agar dapat digunakan untuk menjalankan software dan sistem operasi.

Power Supply biasanya digunakan untuk komputer yang berfungsi sebagai penghantar tegangan listrik secara langsung ke beberapa komponen maupun perangkat keras lainnya di dalam komputer misalnya kipas, motherboard, hardisk dan lain sebagainnya.

Power Suppy juga memiliki input dari tegangan yang memiliki arus alternating current (AC) serta merubahnya menjadi arus Dirrect Current (DC) dan kemudian menyalurkan ke beberapa perangkat keras yang terdapat pada komputer, karena arus Direct Currentlah yang diperlukan dalam perangkat keras supaya bisa beroperasi.

9Motherboard

amazon.com

Kalau yang satu ini, fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer. Yups, dia punya tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

Motherboard berperan dalam menyalurkan seluruh komponen penyusun suatu komputer, artinya mobo dalam hal ini mengemban tugas untuk menyalurkan bahasa kode antar perangkat keras supaya bisa disinergikan menjadi suatu aktivitas kerja perangkat komputer.

Pengertian motherboard dan fungsinya, maka tidak ada yang salah jika mobo ini disebut dengan perangkat keras yang paling pokok dalam komputer.

 

10Output Device

Unit keluaran ini berfungsi menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yang mempunyai peran penting bagi user karena akan memberikan hasil akhir dari pekerjaannya menggunakan komputer itu sendiri.

Berikut apa saja yang masuk ke dalam unit keluaran:

11Monitor

drfoster.com

Guys, siapa coba yang tidak tahu perangkat satu ini? Yups, seperti yang tahu, monitor ini fungsinya untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks atau grafis.

Monitor adalah termasuk salah satu perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output dalam bentuk grafis pada CPU. Monitor juga sering disebut sebagai layar tampilan komputer.

Monitor adalah salah satu perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan output vidio dari sebuah CPU, sedang penggunaannya sendiri tidak bisa dipisahkan dalam penggunaan sebuah komputer, sehingga dikarenakan monitor tersebut sebagai penampil gambar, maka komputer akan sulit di jalankan oleh penggunanya jika tanpa menggunakan monitor.

12Printer

d-loadd.blogspot.com

Seperti istilahnya, yaitu alat pencetak, fungsinya pun juga untuk mecetak informasi hasil olahan data oleh user pada media kertas.

Printel adalah alat yang digunakan untuk mencetak tampilan pada monitor ke dalam bentuk kertas. Informasi yang dicetak berupa gambar maupun teks. Sesuai dengan teknologi yang digunakan untuk melakukan percetakan, Jenis-jenis printer bisa di bedakan menjadi dot-matrix, laser dan ink -jet.

  • Printer dot-matrix adalah jenis printer yang digunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum. Kumpulan jarum ini memukul pita serta membuahkan cetakan pada kertas.
  • Printer laser ialah jenis printer yang membutuhkan sinar laser untuk mengendalikan pencetakan, sedangkan cetakan tersebut dihasilkan oleh bubuk toner.
  • Printer ink-jet ialah jenis prnter yang cara mencetaknya dengan menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas.

Saat ini juga sudah beredar printer multifungsi, yakni printeryang memiliki kemampuanuntuk melakukan fungsi pencetakan, scanner, fotokopi dan mesin faksimile.

13Speaker

ecodigital.co.uk

Unit keluaran satu ini, berfungsi untuk menghasilkan suara.

Speaker komputer termasuk piranti yang memiliki kedudukan yang bisa dikatakan tidak dapat di pisahkan lagi dengan komputer. sebab, speaker memiliki peranan dalam mengeluarkan suara dari hasil pemrosesan perangkat.

Tentu saja sebagian besar pengguna komputer menggemari musik maupun vidio, sehingga membutuhkan speaker sebagai pendukungnya.

Fungsi speaker komputer sebagaimana mestinya jika didukung oleh perangkat keras yang bernama sound card atau pemrosesan audio/suara. Sementara modelnya, speaker memiliki bermacam bentuk, fitur dan juga ukuran.

14Storage Device

wikipedia.org

It’s usually called ‘memory’. Fungsinya ya pasti sebagai tempat penyimpanan data dan program. Apa saja? Ini contohnya:

Storage devices pada sistem komputer ialah kata lain dari secondary storage. Alat ini memiliki fungsi menyimpan data dalam komputer.

Perbedaan antara memori utana dan memori sekunder yaitu:

  • Memory utama merujuk pada bentuk penyimpanan semikonduktor yang dikenal dengan primary storage.
  • Memory sekunder lebih merujuk kepada media penyimpanan yang tidak diakses oleh CPU secara langsung.

 

15Hard disk

bit-tech.net

Merupakan perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

Hardisk ialah suatu komponen perangkat keras sebagai pendukung komputer maupun laptop yang menyediakan ruang sebagai penyimpanan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia.

Hardisk biasanya berupa kotak dan di dalamnya terdapat piringan sebagai tempat untuk data-data tersimpan, hardisk mempunyai sifat menyimpan data secara permanen meskipun laptop di matikan, tetapi semua data yang ada dalam hardisk tetap ada, kecuali jika di hapus secara manual maupun terkena virus.

16Flash disk

hari-prasetyo-aji.blogspot.com

Flashdisk merupakan perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.

Flashdisk ialah suatu alat penyimpan data berupa NAND. Di dalam perangkat ini tertanam controller serta memory penyimpan data yang sifatnya non-volatile alias tidak akan hilang walaupun tidak ada daya listrik. Komponen ini lebih sederhana serta relatif lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk.

Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak membutuhkan piringan, motor maupun part lain yang bekerja secara mekanik.

17RAM (Random Access Memory)

sainsseo.com

Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. RAM bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data penting yang dibutuhkan CPU dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

RAM ialah memory atau tempat yang berfungsi ebagai penyimpan sementara saat komputer dijalankan secara random. RAM memiliki fungsi sebagai pemprosesan secara cepat data yang terdapat pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, maka semakin cepat pula proses pada komputer.

Berikut jenis-jenis dari RAM:

  • RAM adalah jenis RAM yang harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.
  • SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah RAM yang termasuk kelanjutan dari pada DRAM, akan tetapi sudah disinkronisasi oleh clock sistem serta memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang berkecapatan hingga 100 MHz.

18Read Only Memory (ROM)

zidnews.blogspot.com

ROM merupakan perangkat keras untuk penyimpan yang bersifat pernanen. Memori yang tersimpan di ROM hanya bisa dibaca, tetapi tidak bisa diubah.

ROM singkatan dari Read Only Memory, yaitu sebuah perangkat keras yang terdapat pada komputer maupun PC yang berbentuk chip memory semikonduktor yang isinya bisa untuk dibaca.

Rom tidak bisa dikategorikan sebagai RAM meskipun keduanya memiliki kesamaan,yakni dapat di akses secara acak maupun random.

19CD ROM / DVD ROM

genius.com

CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

Gimana, Guys? Sudah jelas bukan penjelasan tentang perangkat keras computer/ hardware? Semoga bermanfaat.

20Switch dan Hub

toshirocheaters.blogspot.com

Switch dan Hub adalah dua alat yang berbeda, akan tetapi memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai central untuk mendistribusikan koneksi yang saling berhubungan dengan port-port agar dapat mengkoneksikan sebuah komputer dengan komputer yang lainnya.

Baik switch maupun hub memiliki memiliki port-port dari kabel RJ45 atau female yang merupakan tempat terhubungnya antara konektor RJ45 male yang terpasang di ujung kabel jaringan.

Banyaknya sedikitnya port workstation tergantung pada banyak sedikitnya port yang tersedia pada Switch maupun Hub itu sendiri. Umumnya jumlah port RJ45 female yang tersedia pada switch maupun Hub ada 4, 8, 12, 16 dan 24.

Jika dilihat dari perbedaan antara switch dan hub, maka switch jelas lebih unggul walaupun memiliki fungsi yang sama.

Perbedaan antara switch dan hub:

Switch ialah suatu perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribus packet data antar komputer dalam jaringan dan sanggup mengenali topologi jaringan di banyak layer, sehingga data packet data dapat secara langsung sampai ke tempat tujuan.

Hub ialah perangkat jaringan sederhana. Hub tidak dapat mengatur alur jalannya data pada jaringan. Jadi setiap packet data yang melewati hub akan di share ke semua port yang ada hingga packet data sampai ke tujuan.