Pengetahuan tentang biologi telah berkembang dan dipelajari sejak pertama kali manusia diciptakan. Bahkan proses penciptaan manusia itu sendiri adalah ilmu biologi yang belum habis untuk diteliti.

Jika melakukan pambahasan tentang mahluk hidup, bahasan pertama dan yang utama adalah tentang sel. Sel menyusun seluruh bagian dari tubuh mahluk hidup, membentuk jaringan sel, menyusun organ, hingga mewujudlah organisme.

Dua bahasan terbesar mengenai sel adalah sel hewan dan tumbuhan. Kamu akan mendapatkan materi baku mengenai sel hewan dan tumbuhan dibangku SMP dan SMA. Itulah pengetahuan baku dan mendasar tentang sel.

 

online.science.psu.edu
online.science.psu.edu

Salah satu perbedaannya adalah sel tumbuhan mempunyai dinding sel, sedangkan sel hewan tidak. Vakuola pada sel tumbuhan lebih besar daripada sel hewan. Bentuk sel hewan yang tidak beraturan, sementara sel tumbuhan berbentuk persegi panjang.

timvandervall.com
timvandervall.com

Nah, selama berjalannya perkembangan ilmu pengetahuan, diketahui bahwa ilmu tentang sel terutama pada hewan dan tumbuhan juga berubah. Berikut beberapa hal yang mungkin belum pernah kamu tahu lewat kelas biologi SMP dan SMA.

1Makhluk Hidup Seribu Tahun

plantsystematics.org

Barangkali manusia tertua yang pernah tercatat dalam sejarah adalah Jean Calment, ia hidup selama lebih dari 120 tahun. Sejak tahun 1875 hingga 1997. Kita bisa anggap bahwa Calment mewakili kalangan sel hewan.

Lalu bagaimana dengan kalangan sel tumbuhan? Quercus palmeri atau pohon Palmer Oak yang berasal dari California akan membuat perbedaan level usia yang nyata. Palmer Oak tertua yang pernah ditemukan, berumur sekitar 13.000 tahun.

2Apa yang Salah dari Sel Hewan?

stemology.co.uk

Banyak hal yang salah terjadi ketika hewan bertambah usia. Sel hewan mungkin dapat terbagi atau DNA mereka dapat bermutasi. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan fungsi sel atau bahkan menyebabkan kanker.

Mutasi sel akan terjadi lebih parah semakin hewan bertambah tua. Hal ini dapat diatasi. Dapat dilakukan perbaikan DNA, membunuh sel yang bermutasi dan bebebrapa cara lainnya. Namun, hal tersebut membutuhkan banyak energi.

Akhirnya, hewan memilih jalan lain untuk melanjutkan umur selnya. Melakukan reproduksi.

3Apa yang Membuat Sel Tumbuhan Spesial?

research.nki.nl

Tumbuhan sepertinya tidak mengalami masalah dengan mutasi sel. Tumbuhan dengan umur 4700 tahun telah diteliti,  hasilnya menunjukkan mereka tidak lagi mengalami mutasi seperti yang terjadi pada tumbuhan dengan umur yang lebih muda.

Sebuah perjuangan evolusioner terjadi pada sel tumbuhan yang dapat mencapai umur ribuan tahun. Jika beberapa sel mengalami mutasi maka sel lainnya yang lebih baik akan menggantikan peran sel yang bermutasi tersebut.

Sel hewan dibagi menjadi dua bagian besar yang bekerja sesuai fungsinya. Sel somatik dan sel germ (sperma atau telur). Sedangkan sel tumbuhan tidak terbagi menjadi divisi semacam itu.

Tumbuhan juga mempunyai sel germ namun dapat memproduksinya sebanyak-banyaknya. Sepanjang tumbuhan hidup mereka akan menambah bagian baru (ranting, bunga, putik dan lain-lain). Tiap bagian baru dapat memproduksi sel germ-nya sendiri.

4Stem Sel yang Unik

dasilvainstitute.com

Perbedaan lain dari sel hewan dengan sel tumbuhan adalah pada stem sel. Penelitian mengenai stem sel telah berkembang jauh dari yang pernah dibayangkan. Stem sel bahkan dikataan dapat menjadi solusi dari penyakit kanker.

Pada hewan, stem sel dapat tumbuh menjadi sel apapun pada jaringan baru. Ia dapat mempertahankan kesehatan, membuat tubuh menjadi awet muda. Jika sel ini berhenti melakukan perbaikan, hewan akan menjadi tua.

Tumbuhan juga mempunyai stem sel yang terletak pada batang dan ujung akar tumbuhan. Namun, yang unik adalah tumbuhan mempunyai semacam “stem sel” untuk stem sel mereka. Jadi, mereka punya sel yang dapat terus melakukan perbaikan pada stem sel.

Sel quiescent, inilah sel super yang melekat ditengah stem sel. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, quiescent berarti diam atau tidak aktif. Sama seperti sifat sel ini yang tumbuh sangat lambat.

Sel ini akan membelah menjadi dua, jika pembelahan telah sempurna salah satunya akan menjadi stem sel baru, sementara yang lain mungkin akan rusak. Stem sel baru terbagi secara cepat menjadi lebih banyak stem sel.

Sel quiescent diketahui mempunyai peran yang sangat vital. Lewat sebuah penelitian, dilakukan pemisahan sel quiescent dari bagian akar, dietahui kemudian bahwa stem sel lainnya pada bagian akar yang lain akan tumbuh menjadi sel quiescent.

punkwasp.com
punkwasp.com

Menurut peneliti di Ghent University, Belgia. Sel ini dapat memproduksi stem sel hingga ribuan tahun.

Kamu bisa membaca lebih jauh tentang makhluk hidup tertua di alam semesta dalam buku From the Oldest Living Things in The World karya Rachel Sussman.