Tak dipungkiri, pasti kita semua ingin jadi lebih percaya diri dan merasa nyaman tentang diri sendiri,sehingga dapat menjalankan kehidupan terbaik kita.

Namun sayangnya, menumbuhkan rasa percaya diri tidaklah semudah mengucapkannya. Percaya diri memang perlu dilatih.

Semua orang bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada dirinya. Namun ia harus yakin terlebih dahulu dengan dirinya sendiri sehingga ia bisa dengan cepat akan percaya diri.

Tuhan menciptakan setiap manusia dengan kemampuan unik masing-masing. Kemampuan inilah yang seharusnya membuat setiap insan menjadi mudah percaya diri.

Namun memang kadangkala ada saja beberapa hambatan dalam percaya. Berikut beberapa panduan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menumbuhkan harga diri

1Lakukan Sesuatu yang Membutuhkan Keputusan

tonisolih.com

Kamu mungkin telah lama berkeinginan menyambung hubungan dengan teman semasa kuliah, atau mungkin telah lama ingin membersihkan rumah dan menyotir barang-barang yang tak berguna ke gudang.

Apapun itu, Kamu akan merasa lebih percaya diri dengan merancang tujuan (walau hanya tujuan kecil) dan bertindak untuk mencapainya.

2Nikmati Hal Yang Kamu Kerjakan dengan Bagus

architecturendesign.net

Apa kamu memiliki hobi atau olah raga yang sangat kamu nikmati? Seperti berenang atau yoga, melukis atau menulis, hal yang menyita perhatian dan membuat kamu lupa waktu saat mengerjakannya.

Lalu, ini membuat kamu merasa kompeten dan mampu melakukannya dengan baik. Melakukan hobi juga dapat jadi cara luar biasa untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu lho.

Jika kamu tak memiliki hobby khusus atau hiburan yang dapat kamu nikmati, coba lakukan sesuatuyang selalu ingin kamu coba.

Bayangkan kamu melakukan itu, dan lalu lakukan! Tak perlu hal yang besar, bisa juga hal sederhana seperti bergabung dengan club jalan sehat misalnya.

Kamu akan menemukan diri kamu lebih terpusat dan bahagia dengan melakukan sesuatu yang membuat kamu terlibat setidaknya selama seminggu sekali.

3Ganti Fokus

inovasipintar.com

Terbukti selama ini orang-orang yang memiliki rasa rendah diri biasanya adalah orang-orang yangterlalu banyak berfokus pada diri sendiri.

Kamu dapat lebih meningkatkan rasa percaya diri dengan mengerjakan sesuatu yang membuat kamu terfokus pada orang lain atau satu hal.

Seperti saat kamu bertemu orang-orang baru, kamu akan menemukan rasa gugup kamu menghilang begitu lebihberfokus pada orang yang kamu temui, bukan diri sendiri. Pada akhirnya, kamu akan lebih mudahberinteraksi dengan orang lain dan merasa lebih cerah.

4Bersikap Rileks

3tags.org

Belajar tentang bagaimana bersikap rileks merupakan sebuah peningkatan hidup yang luar biasa.Orang-orang yang bersikap rileks lebih sedikit mengalami masalah dengan kenangan buruk merekadan mengikuti alur kehidupan.

Melakukan meditasi juga cara populer untuk menumbuhkan perasaan rileks, Kamu bisa memilih ikut yoga atau tai chi.

Apapun metode yang Kamu gunakan, lakukan relaksasi dengan serius. Keuntungan dari hal ini amat luar biasa untuk sekedar diabaikan begitu saja.

Jika selama ini Kamu tak pernah memikirkan relaksasi sebagai hal penting, maka pikirkanlah
sekarang juga.

5Buat Daftar Hal Yang Kamu Kuasai

www.luminamassage.com

Buat daftar dalam skala kecil. Kamu dapat membuat apapun yang berhasil Kamu kuasai dalamsebuah daftar,

Seperti misalnya: lulus ujian mengemudi dan mendapat SIM, mencetak angka tertinggi saat main basket, mengatur tabungan dan masi banyak lagi. Mengetahui banyak hal yang Kamu kuasai akan membuat Kamu menyadari akan apa yang telah Kamu capai.

SHARE