Untuk menolong orang yang kesusahan dan kelaparan, ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan. Baik itu menyumbangkan makanan, uang ataupun dalam bentuk kampanye untuk menggalang dana itu sendiri.

Nah, salah satu bentuk kampanye sekaligus salah satu cara untuk menggalang dana adalah dengan mengumpulkan kaleng-kaleng makanan seperti ini.

Kaleng-kaleng ini dikumpulkan dari berbagai kalangan mulai siswa-siswa di sekolah-sekolah hingga para pekerja kantoran.

Kaleng-kaleng yang telah dikumpulkan ini kemudian dibentuk menjadi ornamen-ornamen berbentuk bugs bunny, bentuk bangunan ataupun bentuk lainnya.

Penasaran nggak gimana wujudnya kaleng-kaleng ini? Yuk langsung kita lihat saja foto-fotonya?

1Bentuk Pertama

littlethings.com

Percaya nggak sih kalau bugs bunny itu terbuat dari kaleng. Terbuat dari kaleng makanan lagi. Bentuknya begitu rapi, detil-detilnya pun begitu rapi sekali. Sepertinya perlu keahlian dan ketelitian tertentu untuk membuatnya.

Tapi di luar itu semua, pengumpulan dan penyusunan kaleng-kaleng menjadi bentuk yang luar biasa bagus ini, punya nilai lebih dari sekedar indah. Karena dana yang terkumpul dari pameran ini untuk penggalangan dana.

Penggalangan dana untuk apa? Penggalangan dana untuk orang-orang yang kelaparan di daerah-daerah di seluruh New York. Wah, kapan ya kita bisa melakukan hal seperti ini di Indonesia.

2Gambar Kedua

littlethings.com

Bentuk yang kedua ini merupakan hasil kerja tim antara beberapa arsitek, para siswa di sekolah-sekolah dan dibantu oleh beberapa teknisi untuk menyatukan kaleng-kaleng ini agar merekat dengan sempurna.

Ternyata kita pun perlu tahu, bahwa ini bukanlah sebuah kampanye atau penggalangan dana semata. Di samping itu ini adalah ajang exhibisi atau perlombaan. Jadi kaleng-kaleng yang sudah berubah bentuk dan rupa itu dilombakan lho!

3Gambar Ketiga

littlethings.com

Inilah jenis-jenis kaleng yang digunakan untuk membentuk aneka bentuk-bentuk indah berukuran raksasa yang kita lihat di gambar-gambar sebelumnya.

Kaleng-kaleng itu dikumpulkan dengan jenis yang sama, dan tentunya warna dan ukurannya pun sama. Kaleng-kaleng itu kemudian disatukan dalam satu warna lalu dipadukan dengan warna lainnya. Tentunya setelah dibuat pola tertentu.

4Gambar Keempat

littlethings.com

Kaleng dalam gambar di atas itu dijadikan bentuk apa ya? Oh, ternyata itu adalah tangan raksasa yang sedang menggenggam sebuah bola. Keren sekali ya tim yang bekerjasama membuatnya.

5Gambar Kelima

littlethings.com

Ini masih dengan konstruksi kaleng-kaleng yang masih sama dengan konstruksi pada gambar keempat. Bedanya, di gambar kelima ini lebih difokuskan pada arah belakang tangan yang menggenggamnya.

Beda sudut pandang, jadi terkesan beda ya! Ini sekaligus jadi pembelajaran bagi kita, bahwa tiap orang punya cara pandang yang berbeda-beda, tergantung di bagian mana ia melihat sisi yang dipandangnya.

6Gambar Keenam

littlethings.com

Paduan warna kaleng kuning bercampur hijau ini nampak pas sekali jika konstruksinya pada akhirnya ditempatkan di lobby sebuah hotel. Digunakan sebagai ornamen untuk menyambut tamu-tamu hotel yang datang.

7Gambar Ketujuh

littlethings.com

Wow, kaleng-kaleng ini bisa jemabatan yang cantik. Apalagi jika memakai kaleng berwarna merah menyala seperti gambar di atas. Tampak sangat menarik sekali kan? Dan pastinya akan mengundang orang-orang untuk melihatnya.

Tapi jembatan itu bisa dinaiki nggak ya? Sepertinya sih nggak bisa ya? Soalnya memang didesain sebagai ornamen saja. Namun, walaupun demikian, ini adalah karya seni luar biasa, karena terbuat dari bahan bekas berupa kaleng makanan.

Setelah melihat gambar-gambar ini, kamu sekarang percaya kan kalau kaleng-kaleng bekas bisa memberi makan kepada banyak orang, khususnya warga di New York?

Kita pun di sini bisa lho membuat aksi serupa itu? Kuncinya hanya satu kok. Kita mau dan punya keinginan yang kuat dan tentunya jika dilakukan bersama-sama.