Meski hingga kini tetap menjadi kontroversi, namun ramalan Jayabaya bagi sebagian orng masih dianggap sebagai kepercayaan yang dijadikan acuan oleh masyarakat Jawa. Hal ini tidak terlepas dari sebagian prediksinya yang telah menjadi nyata.

Ramalan ini dimunculkan dan ditulis dalam sebuah manuskrip kuno pada jaman Prabu Jayabaya dari Kediri. Beliau sendiri saat itu menjadi raja dengan gelar Sri Maharaja Sri Warmeswara Madhusudana Wataranindita Parakrama Digjaya Tunggadewa Nama Jayabhaya Lancana.

Bagi kamu yang penasaran, ramalan apa saja yang telah terjadi. Berikut ulasannya.

1Pulau Jawa Terpecah

kulkulbali.co

Dahulu kala, pernah ada sebuah peradaban yang terletak di wilayah tropis. Negerinya begitu kaya dan modern dengan menerapkan teknologi tinggi. Namun negeri itu kemudian menghilang tersapu gelombang dahsyat. Peradaban itu di kemudian hari dikenal dengan Atlantis.

Sehubungan dengan itu, seorang ahli bernama Prof. Arysio Santos, Ph.D menemukan bukti tentang teori Plato dimana Atlantis berada di wilayah Nusantara saat ini. Penemuannya menyebutkan bahwa dulunya Pulau Jawa dan Sumatera pernah menyatu dan terpecah akibat gelombang dahsyat.

Teori ini kemudian dikuatkan oleh ramalan Jayabaya bahwa Pulau Jawa akan terpecah-pecah. Dan sebenarnya pecahan pulau itu kini dikenal dengan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

2Banjir Akan Melanda Pulau Jawa

youtube.com

Dalam kitab ramalan Jayabaya disebutkan bahwa suatu hari nanti banjir akan melanda sebagian Pulau Jawa. Ketika itu Jayabaya menyebutnya sebagai kala tirto atau zaman air. Ramalan ini pun terjadi. Di sebagian besar pesisir pantai utara Jawa saat ini sudah menjadi langganan banjir.

3Muncul Pesawat Terbang dan Kereta Api

pasar1.com

Disebutkan pula dalam kitab ramalan Jayabaya, “mbesuk yen ana kreta mlaku tanpa jaran, tanah -Jawa kalungan wesi, prahu mlaku ing dhuwur awang-awang. Maksudnya, suatu hari nanti akan ada kereta yang berjalan tanpa kuda, tanah Jawa berkalung besi dan perahu berjalan di angkasa.

Kalimat ini menandai bahwa akan ada moda transportasi semacam kereta yang dijalankan tanpa menggunakan kuda. Pulau Jawa juga akan dikelilingi oleh besi sebagai jalan alat transportasi tersebut. Juga akan ada semacam perahu yang bisa terbang di angkasa.

Ketiga kendaraan tersebut saat ini sudah ada dalam bentuk kendaraan roda empat, kereta api dan pesawat terbang.

4Seks Bebas Meracuni Manusia

intisari-online.com

Kalimat lain mengatakan, “wong wadon ilang kawirangane, wong lanang ilang prawirane… akeh prawan tua, akeh randa nglariake anak, akeh jabang bayi lahir nggoleki bapake”.

Artinya dalam bahasa Indonesia, “perempuan kehilangan rasa malunya, lelaki kehilangan keperwiraanya (maskulinitasnya). Banyak perawan tua, banyak janda melahirkan anak, banyak bayi yang baru lahir mencari ayahnya.

Dan lihat apa yang saat ini telah terjadi. Seks bebas begitu marak terjadi sebagaimana gambaran ramalan Jayabaya itu.

5Banyak Orang Korupsi

bobotoh.id

Ada juga ramalan Jayabaya yang menyebutkan, “akeh wong nyambut gawe apik-apik pada krasa isin, luwih utama ngapusi”. Artinya, “banyak orang bekerja baik-baik namun merasa malu, lebih utama menipu”.

Kalimat ini pun juga tergambarkan dari aktifitas korupsi yang kian marak terjadi. Perilaku ini pun tidak hanya terjadi pada kalangan pejabat elit saja. Namun juga dilakukan oleh kalangan masyarakat bawah. Bahkan ada semboyan, “asal ada kesempatan”.

Terlepas dari benar tidaknya keseluruhan ramalan Jayabaya, namun segala sesuatu yang telah dan akan terjadi hanya Tuhan lah Yang Maha Mengetahui Segalanya.