www.tokomesin.com

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memasak Sosis

Posted on

Sosis adalah makanan olahan daging yang berbentuk bulat panjang. Makanan yang biasanya berasal dari daging ayam dan daging sapi ini digemari bukan hanya anak-anak, namun juga orang dewasa. Selain di goreng, sosis juga dapat dicampurkan dalam berbagai makanan.

Berbagai macam merk sosis dengan berbagai variasi harga beredar di pasaran. Seperti halnya olahan daging yang lain, sosis juga rawan ditambah zat-zat makanan berbahaya oleh oknum pedagang yang ingin meraup banyak keuntungan.

Bunda harus cerdas dalam memilih sosis untuk menjaga kesehatan keluarga tercinta. Beberapa tips dibawah ini dapat menjadi patokan bunda untuk mencermati sosis sebelum membeli.

Pilihlah Sosis dengan Merk yang Familiar

www.sribu.com
www.sribu.com

Semakin banyaknya penggemar sosis memacu banyak produsen memproduksi sosis. Bahkan dari satu perusahaan olahan daging memproduksi beberapa merk sosis yang disesuaikan harga jual agar dapat menjangkau konsumen semua kelas.

Parahnya lagi, sosis-sosis impor nyaris tidak dapat dibendung masuk ke Indonesia baik secara legal maupun ilegal. Lebih aman memilih sosis dari perusahaan yang sudah terpercaya kredibilitasnya. Hati-hati dengan sosis yang banyak tulisan Cina.

Cermati Label dan Kemasan Sosis

tokopedia.com
tokopedia.com

Pastikan ada logo Halal MUI dan memiliki merk dagang dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tak masalah jika memilih produk impor, asal ada label halal dan badan pengawas regulasi keamanan makanan dari negara asal. Cermati juga tanggal kadaluarsa.

Hindari mengambil produk sosis dengan kemasan yang sudah rusak pada segelnya. Begitu juga yang menggembung tidak normal. Sosis yang menggembung merupakan indikasi adanya aktivitas mikroorganisme yang menghasilkan gas.

Cermati Cara Penyimpanan di Toko

mirelshop.com
mirelshop.com

Sosis siap makan yang tidak perlu di masak kembali biasanya cukup disimpan di suhu ruang. Berbeda dengan sosis yang perlu dimasak kembali. Sosis harus disimpan pada suhu beku.

Biasanya di toko makanan beku, sosis yang perlu dimasak kembali sudah disimpan di freezer. Namun, di beberapa pedagang sayur dan toko kelontong tidak memperhatikan kondisi penyimpanan yang seharusnya.

Bunda harus memilih sosis yang disimpan dengan tepat. Apabila kondisi penyimpanan tidak sesuai, mikroorganisme dapat tumbuh dan menghasilkan toksin yang tidak dapat ditanggulangi bahkan ketika di masak.

Curiga dengan Harga Sosis yang Terlalu Murah

www.basoyen.com
www.basoyen.com

Kodrat perempuan adalah sangat mudah tergiur dengan iming-iming diskon dan harga murah. Namun bunda harus curiga jika sosis tersebut membandrol harga terlalu murah. Secara logika sosis berbahan dasar daging yang harganya cukup mahal, terlebih daging sapi.

Perusahaan pengolahan daging tidak akan mau menanggung rugi dengan membandrol harga sosis sangat murah. Jika memang bunda mendapati program promo harga murah, pastikan perusahaan yang memproduksi tersebut terpercaya kredibilitasnya.

Jangan lupa periksa juga label dalam kemasan. Perusahaan biasanya berani menurunkan harga apabila tanggal kadaluarsa sudah dekat waktunya.

Periksa Kondisi Fisik Sosis Sebelum di Masak

www.sentrasosis.wordpress.com
www.sentrasosis.wordpress.com

Bunda biasanya membeli bahan makanan banyak sekaligus untuk persediaan selama beberapa waktu. Sesaat setelah membeli, simpan sosis di freezer sampai nanti ketika dimasak.

Namun, sebelum memasaknya, bunda kembali memeriksa kondisi fisik dari sosis. Perhatikan warna dari sosis. Sosis ayam berwarna cokelat pucat, sedangkan sosis sapi berwarna merah. Warna alami ini tidak akan luntur saat pemasakan.

Sebelum dimasak, sebaiknya sosis dibiarkan pada suhu kamar beberapa saat agar air yang membeku di dalam sosis mencair alami. Periksa juga tekstur sosis. Sosis yang baik bertekstur kenyal dan tidak terlalu keras.

www.kovoid.blogspot.com
www.kovoid.blogspot.com

Sosis juga mengembang tidak terlalu banyak saat dimasak. Aroma sosis seperti daging, bukan seperti obat ataupun berbau asam.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *