Kalau kamu penggemar film-film fiksi yang mengangkat teknologi jaman dulu dengan inovasi futuristik, berarti kamu termasuk pecinta genre steampunk.

Film-film seperti Van Helsing, Wild-wild west, juga Sherlock Holmes adalah film fantasi yang mengambil seting waktu abad 19 dengan tekhnologi ‘jadul’ seperti mesin uap dan pegas. Namun dengan ide-ide inovasi futuristik.

Bagaimana membayangkan orang jaman dulu berfikir dan berkreasi membuat mesin masa depan yang canggih dan rumit, tapi menggunakan komponen mesin-mesin lama.

Mesin waktu, mesin keluar angkasa, mesin robot, modifikasi tubuh menjadi mekanik, itulah contoh ide-ide futuristik steampunk yang pertama kali diangkat dalam novel-novel HG Wells dan Jules Verne.

Genre steampunk kini sudah berkembang merambah ke dalam dunia desain. Pada dunia desain bisa kamu lihat pada kreasi-kreasi furnitur, desain interior rumah dan terbanyak pada fashion.

Ernoldas seorang seniman kelahiran Lithuania, salah satu seniman yang menggemari desain steampunk. Tapi tidak pada umumnya, Ernoldas menerapkan gaya steampunk pada perhiasan-perhiasan buatannya.

Perhiasan yang berukuran kecil butuh komponen-komponen kecil yang bercirikan gaya steampunk, yakni seperti roda gear, roller dan panah. Komponen kecil seperti Ernoldas temukan dalam arloji tua.

Arloji tua yang kini telah digeser oleh arloji-arloji otomatis dan digital, bisa kamu pakai komponen di dalamnya untuk membentuk desain perhiasan steampunk yang maksimal.

Berikut ini beberapa karya perhiasan dari Ernoldas yang bergaya steampunk.

1Liontin Kucing Lucu Ala Steampunk

boredpanda.com

Warna khas dari steampunk adalah warna gelap, kekuningan dan metalik. Dua roda gear cukup menonjolkan gaya steampunk. Inilah kucing lucu yang berasal dari jaman dulu.

2Mahkota Steampunk

boredpanda.com

Entah mendapatkan ide dari mana, Ernaldo membuat mahkota dengan gaya steampunk yang sangat unik. Mungkin dikarenakan cerita-cerita novel steampunk yang banyak menceritakan jaman Ratu Victoria bertahta.

Mahkota ini dipilih sesuai ide warna steampunk, ditambah hiasan ‘permata’ di bagian depan. Permata berisikan komponen arloji seperti roda gear, panah penunjuk dan bridge.

3Korek Api Steampunk

boredpanda.com

Khusus kamu yang suka merokok, koleksi korek api jadul dengan gaya steampunk ini akan menambah kesan spesial. Apalagi jika rokok kamu menggunakan pipa atau rokok cerutu, kesan steampunk akan semakin kuat.

Entah bagaimana Ernaldo memasukkan banyak komponen arloji kedalam wadah korek api metalik ini. Namun hasil karya yang mengagumkan dengan paduan warna metalik dan warna komponen kuningan arloji.

4Anting Steampunk

boredpanda.com

Anting bergaya steampunk ini akan menambah kental kesan genre yang kamu sukai. Di dalam anting kamu lihat puluhan komponen arloji dimasukkan, dengan menonjolkan beberapa bagian roda gear besar di atas.

Kesan yang ingin ditampilkan dalam anting steampunk ini adalah kerumitan teknologi masa lalu dengan komponen yang tak teratur.

5Lionting Cinta Steampunk

boredpanda.com

Ternyata perhiasan steampunk tidak hanya bisa menonjolkan kegemaranmu, tapi juga menunjukkan perasaan cintamu.

Kisah Ernaldo membuat perhiasan steampunk juga berawal ketika dia ingin memberikan hadiah kepada istri tercinta. Dibuatlah perhiasan dengan desain steampunk hasil karya sendiri.

Kalau kamu bisa membuat karya perhiasan steampunk ini sendiri, tentu pesan cinta akan lebih dalam. Mau dicoba?

6Tusuk Rambut Steampunk

boredpanda.com

Kalau kamu memakai semua perhiasan steampunk, mulai dari mahkota, kalung, anting, sampai dengan tusuk rambut ini. Kamu benar-benar akan dinobatkan sebagai ratu steampunk Indonesia.

Barang sekecil tusuk rambut saja bisa dibuat Ernaldo dengan memasukkan komponen arloji, Ernaldo memang seniman yang luar biasa.

7Kalung dengan Burung Steampunk

boredpanda.com

Kalung dengan burung steampunk ini nampak hinggap di antara ranting dan dedaunan.

8Kalung Cinta Steampunk Lebih Besar

boredpanda.com

Kalung steampunk ini dibuat lebih besar dengan komponen arloji yang lebih beragam.

9Kalung Steampunk  Berbentuk Persegi Panjang

boredpanda.com

Kalung steampunk berbentuk persegi panjang. Beda dari yang lainnya, komponen arloji bridge lebih ditonjolkan dengan ukuran yang besar.

10Cufflink Steampunk

boredpanda.com Anting

Cufflink steampunk yang akan menempel pada pergelangan tangan bajumu. Tunjukkan kesan stylish pada rekan kerjamu.