Kehadiran buah hati yang dinantikan selama 9 bulan dikandungan tentulah menjadi menjadi kado terindah. Pecah tangisan pertama si bayi merupakan pertanda kamu menjadi wanita yang sempurna. Tak terasa lagi rasa sakit yang mendera saat persalinan.

Pelajaran perjuangan pertama buah hati adalah inisiasi menyusui dini. Di tengah keterasingannya di dunia yang baru ia harus berjuang mencari puting susu bunda untuk mendapatkan hadiah ASI.

Selanjutnya, bunda tak akan pernah rela kehilangan barang satu detik tanpa mengamati perkembangan buah hati. Perkembangan anak 7 bulan pertama terlebih anak pertama tentulah menjadi peristiwa yang istimewa.

obatsakit2011.blogspot.com
obatsakit2011.blogspot.com

Saking istimewanya ibu sering kali merasa cemas saat si kecil mengalami keterlambatan perkembangan. Padahal sedikit keterlambatan perkembangan anak merupakan hal yang wajar karena masing-masing anak memiliki tahap tumbuh kembang yang berbeda.

Namun, bunda harus paham perkembangan anak 7 bulan pertama pada umumnya. Apabila si kecil mengalami keterlambatan yang signifikan, bunda dapat mengajak pasangan berkonsultasi ke dokter. Berikut perkembangan anak 7 bulan pertama.

1Perkembangan Anak Usia 0-3 bulan

merries.co.id

Bayi yang berusia 0 bulan biasanya memiliki kulit yang keriput dan mata serta bibir sedikit bengkak. Kulit bayi terlihat keriput karena ia lama berendam dalam air ketuban. Selain itu lapisan di bawah kulit si kecil belum terisi lemak.

Adapun mata dan bibir bengkak pada bayi yang lahir normal karena ia baru saja mengalami proses persalinan pada jalan yang sempit. Hal ini berbeda pada bayi yang lahir caesar.

Bulan pertama si kecil tentu menjadi hari yang melelahkan untuk bunda. Si kecil tidur sepanjang siang namun sering terbangun di malam hari. Hal ini karena si kecil belum bisa membedakan siang dan malam.

slideshare.net
slideshare.net

Berbeda dengan bulan ke dua dimana bayi sudah bisa melihat lebih jauh. Sering orang tua membelikan mainan yang menggantung di atas box bayi dan bisa berputar serta bersuara. Bayi akan berusaha meraih dengan tangan.

Di bulan kedua si bayi suka menghisap jempolnya dan bermain menggerakan serta mengenal jari tangannya sendiri. Dia juga suka memasukkan apapun yang ia pegang ke mulut untuk mengenalinya.

Perkembangan pada bulan ketiga selanjutnya si bayi bisa mengenali suara ibunya. Ia mulai bisa menggenggam mainan. Ia sudah kuat menyangga kepala sehingga sering berguling ke kanan dan ke kiri.

2Perkembangan Anak Usia 4-6 bulan

elgabenedicta.blogspot.com

Saat bayi berusia 4 bulan, ayah dan bunda bisa beristirahat malam lebih lama. Si bayi akan tidur siang lebih singkat dan tidur malam lebih panjang. Ia semakin menggemaskan karena sudah mulai bisa berkomunikasi dengan ayah dan bundanya.

Ia kadang menghisap jempol kakinya dan memperhatikan gerakan tangannya sendiri. Ia berusaha mengenali barang-barang di sekitarnya dengan cara memasukannya ke dalam mulut.

bidanku.com
bidanku.com

Saat berusia 5 bulan si bayi bisa diajak bermain ‘cilukba’ dengan tawanya. Ia juga bisa mengangkat kepala sejajar dengan badannya.

Masuk bulan ke enam si bayi mulai bisa melambaikan tangan untuk minta digendong dan tersenyum kepada bunda. Ia juga bisa duduk tanpa dibantu, merangkak dan ada bayi yang sudah bisa berdiri dengan dipegangi.

3Perkembangan Anak Usia 7 bulan

perelngkapanbayibarulahir69.blogspot.com

Gigi pertama tumbuh di usia 7 bulan. Ia sudah bisa memakan makanan padat namun lembut. Hal yang lebih menggemaskan ia akan mulai berbicara mengulang suku kata konsonan seperti ‘bababa’. Ia juga bisa meniup dan mencibir.

Secara emosional, ia akan lebih lengket dengan ibunya dan akan menangis jika tidak menemukan sang ibu di dekatnya. Nah, kamu harus lebih perhatian dengan anakmu di umur-umur ini.

Jadi, jangan lewatkan satu detik pun masa perkembangan buah hati kamu di masa tahun pertama ini, jadikan kehidupan kamu dan pasangan menjadi fase yang sangat berbarga dan bahagia di tahap ini. Tahap perkembangan anak kamu.

SHARE