alfiandhiyaafahrizi.wordpress.com

Mengenal 6 Tanda Perkembangan Bayi di Usia 3 Bulan

Posted on

Tidak ada yang paling membahagiakan bunda, selain melihat buah hati tercinta tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan pintar. Setiap periode tumbuh kembang anak, pasti ada tanda dan ciri-cirinya.

Terlebih lagi pada bayi di usia tahun pertama, pasti bunda akan lebih memperhatikan tumbuh kembang bayi dengan seksama. Usia 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan ada tanda perkembangan yang perlu diperhatikan.

Disebutkan bayi pada usia 3 bulan, adalah awal perubahan yang signifikan. Lalu apa saja sih tanda perkembangan bayi di usia 3 bulan? Simak uraian berikut ini.

Mengenal Bunda dan Ayahnya

youtube.com
youtube.com

Pada perkembangan bayi di usia 3 bulan, bahkan terkadang lebih awal, si kecil sudah menjalin hubungan yang spesial dengan orang terdekatnya. Bayi mulai mengenali dengan baik wajah bunda dan ayahnya.

Sang bayi memang masih suka tersenyum kepada orang tidak dikenal, terutama orang yang memandang dan bercakap mesra dengannya. Namun demikian begitu, bayi sudah bisa membedakan orang yang paling disukai diantara yang semua, tentu saja orang terdekatnya.

Di usia 3 bulan, bagian otak yang disebut lobus pariental, mulai bisa mengkoordinasi tangan-mata serta mengenali obyek.

Sedang pada bagian lobus temporal, bayi mulai mampu mendengar bahasa, mengenali bau-bauan, juga lebih responsif dan aktif.

Karenanya, saat bayi mendengar suara bunda, dia akan memandang terus wajah bunda dengan ceria dan mencoba berinteraksi dengan bunda.

Mengangkat Kepala

alfiandhiyaafahrizi.wordpress.com
alfiandhiyaafahrizi.wordpress.com

Pada bulan ke tiga usia bayi, kamu sudah boleh mengangkat kepalanya dalam keadaan berbaring dan menegakkannya selama beberapa menit saja. Jika dipegangi untuk posisi duduk, dia mungkin sudah bisa menegakkan kepalanya dengan lurus.

Ketika dia dalam posisi tengkurap, kamu akan melihat si kecil mulai bisa mengangkatkan kepala dengan sudut lebih dari 45° yang bertumpu pada tangannya.

Kamu bisa merangsang pertumbuhan tulang leher pada posisi tengkurap ini. Caranya, berdirilah di hadapannya dan ayunkan mainan agar dia mendongakkan kepalanya.

Koordinasi Lengan, Kaki, dan Tangan

perlengkapanbayibarulahir69.blogspot.com
perlengkapanbayibarulahir69.blogspot.com

Jangan heran dengan perkembangan bayi di usia 3 bulan yang mulai bisa melambai-melambaikan tangan dan bahkan kakinya mulai menendang-nendang kuat.

Tendangan bayi jadi lebih kuat karena sendi paha dan lututnya semakin lentur. Dan jika kamu mencoba menegakkan bayi dengan posisi kaki ke lantai, dia akan menolak badannya turun ke lantai dengan menggunakan kakinya.

Selan itu si kecil juga mulai merapatkan kedua tangan dan membuka jari-jarinya. Coba deh kamu gantungkan sesuatu di atasnya, dia akan menggunakan tangan yang tergenggam untuk memukl-mukul benda tersebut.

Aktivitas bayi seperti saat memukul mainan atau adalah pencapaian yang penting diusia 3 bulan. Latih terus kemampuan tangannya dengan menghulurkan mainan agar dia meraihnya atau memukulnya.

Bayi juga akan senang bermain-main dengan tangannya, dia akan memasukkan tangannya ke mulut untuk mengenali fungsi tubuhnya itu.

Pola Tidur Lebih Stabil

resepamelia.blogspot.com
resepamelia.blogspot.com

Ayah bunda yang dulu tidak dapat tidur nyenyak karena bayi yang sering bangun malam, agaknya boleh merasa lega saat si kecil memasuki usia 3-4 bulan. Menjelang usia tersebut, pola tidur bayi akan lebih stabil dan cenderung lebih lama.

Itu karena sistem saraf semakin sempurna dan lambungnya sudah bisa menerima lebih banyak susu. Hal itu memungkinkan bayi bisa lebih lama dalam tidurnya sampai 7 jam di malam hari, walaupun sekali waktu dia akan bangun saat membutuhkan sesuatu.

Ketika itu tidak terjadi pada bayimu yang tetap terjaga di malam hari, bunda tidak usah khawatir, karena kondisi itu tetaplah normal pada bayi di tahun pertamanya.

Mulai Sering Berceloteh

blogoinformasi.com
blogoinformasi.com

Saat-saat membahagiakan bagi bunda saat mendengar bayi sudah mulai berceloteh. Walau sekedar mengucapkan beberapa huruf vokal seperti ‘oh’ dan ‘ah’, tapi sudah menjadi indikasi perkembangan yang baik bagi si kecil.

Mulai Jarang Menangis

dafeylittleworld.blogspot.com
dafeylittleworld.blogspot.com

Bayi memasuki usia 3 bulan akan makin jarang menangis. Dalam sehari, waktu menangis bayi tidak lebih dari satu jam, kecuali dalam kondisi tidak sehat. Bayi akan lebih sering tersenyum setelah berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *