id.aliexpress.com

Hal-hal Baru pada Bayi Usia 3 Bulan

Posted on

Halo Bunda! Bayi usia 3 bulan itu emang ngegemessin banget. Terutama buat kamu para Bunda muda yang baru pertama kalinya ngurus anak. Pasti setiap hari jadi hari yang berkesan buatmu dengan seabrek ulah-ulah lucu dari si bayi.

Nah, mau tau kan apa aja ulah dan perkembangan bayi di usia menggemaskan ini? Yuk simak.

Suara

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Ternyata bayi di usia 3 bulan ini sudah mulai mengeluarkan suara-suara dan suka menyimak suara yang ia dengar. Mulai dari mendengar suara yang dianggapnya baru atau bahkan mendengarkan suaranya sendiri.

Kamu boleh coba dengan membelikan berbagai mainan dengan kekhasan suara. Supaya lebih memancing pendengaran si bayi.

Senyum

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Suka ngga sih kalo ada anak bayi yang senyum ke kita? Mitosnya, kalo ada bayi yang senyum berarti orang yang disenyumin si bayi itu ganteng atau cantik. Hehehe. Cuma mitos loh ya. Nah, bayi di usia 3 bulan ini biasanya sudah bisa tersenyum dan membalas senyum.

Sudah Bisa diajak Berenang

meekaela.wordpress.com
meekaela.wordpress.com

Untuk yang satu ini, kamu harus berikan pehatian lebih kepada si bayi saat berenang. Karena dia butuh pelampung dan pengawasan. Di usia 3 bulan si bayi sudah bisa diajak berenang. Ini akan merangsang sistem motorik anak.

Renang juga membuat bayi mulai beradaptasi dengan suhu air. Jika sejak lahir ia selalu dimandikan dengan air hangat, maka dengan renang ia mencoba membiasakan diri dengan suhu air yang lebih dingin.

Sangat Suka Memperhatikan Wajah Orang

www.cosmomom.net
www.cosmomom.net

Kenapa? Karena di usia 3 bulan bayi mulai perlahan mengenali segala sesuatu yang ia lihat. Maka ia akan mulai memperhatikan wajah-wajah disekitarnya. Wajah bunda, wajah ayah, dan wajah kamu. Iya kamu! Xixixi.

Mampu Meraih dan Berusaha Menggenggam

asuransi-malpraktek.blogspot.com
asuransi-malpraktek.blogspot.com

Bayi usia 3 bulan mulai  dapat menggerakkan otot tangan dan kakinya dengan baik. Itu sebabnya, setiap kali Bunda menyodorkan mainan, ia  mengulurkan tangannya untuk meraih dan berusaha menggenggamnya.

Kamu bisa lebih sering menyodorkan berbagai mainan menarik untuk lebih memancing respon si bayi.

Gerak Tangan dan Kaki Lebih Aktif

blog.melindacare.com
blog.melindacare.com

Sendi paha dan lutut bayi usia 3 bulan akan lebih lentur dibanding sebelumnya, ini menyebabkan tendangannya akan lebih kuat dan jika anda mendirikannya dengan kaki terletak dilantai, ia akan menjinjit-jinjitkan kakinya berulang kali.

Menegakkan Kepala dengan Stabil

entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com
entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com

Pada usia ini, bayi kamu akan lebih sering mengangkat kepalanya saat berbaring untuk beberapa menit. Jika dipangku untu duduk, dia mungkin akan lebih tegap dan kuat mengangkat kepalanya.

Jari-jari sudah mulai merenggang

www.tribunnews.com
www.tribunnews.com

Dengan bertambahnya usia, bayi juga mengalami pertumbuhan pada tubuhnya. Bertambah berat badan dan tingginya. Hal ini menyebabkan jari jemarinya merenggang dan tidak mengepal seperti pada bulan-bulan sebelumnya.

Perubahan Pola Tidur

www.merries.co.id
www.merries.co.id

Kebanyakan bayi pada usia ini tidak lagi suka bangun malam untuk menyusu. Walau kadang sesekali ia terbangun. Hal ini disebabkan oleh ketika siang ia asyik bermain sehingga membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat.

Keinginannya Mudah Difahami

www.airkangensehat.net
www.airkangensehat.net

Ia akan mulai mengenali respon orang sekitarnya. Ketika ia menangis misalnya, orang lain akan langsung mendekati dan menggendongnya. Dengan inilah ia akan selalu menangis atau berceloteh ketika ada sesuatu yang ia inginkan.

Setiap bayi memiliki keunikan dalam proses tumbuh kembangnya. Sebagai Bunda dan Ayah yang akan terus membersamai proses tersebut, kamu harus lebih sabar dan aktif mencari informasi.

Karena seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya. So, jadilah Bunda terbaik untuk melahirkan anak negri terbaik dimasa depan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *