Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Apalagi jika baru memiliki anak berusia 4 bulanan. Di tahap usia itu, banyak orang tua yang masih merasa was-was dengan tumbuh kembang anaknya. Apalagi orang tua baru.

Kekhawatiran tersebut sangat wajar dirasakan, karena orangtua belum bisa memastikan apakah anaknya nanti bisa berjalan atau tidak, lalu bicaranya terlambat nggak ya? Dan lain sebagainya.

flickr.com
flickr.com

Tapi, bagi kamu yang saat memiliki bayi berusia 4 bulan, jangan khawatir dulu. Kita bisa tahu kok anak kita itu setara atau tidak dengan anak seusianya. Caranya bagaimana? Caranya dengan mengetahui indikator perkembangan bayi 4 bulan.

Wah, kok pakai indikator segala? Iya dong, supaya kita tahu aktivitas apa yang sudah bisa dilakukan bayi usia segitu. Jadi kalau anak kamu belum bisa melakukan sesuatu sesuai dengan usianya, maka kamu perlu meneliti lebih lanjut.

runnerstrials.com
runnerstrials.com

Kok harus diteliti lebih lanjut? Kan ada indikatornya? Soalnya indikator kan cuma perkiraan usia yang didapatkan berdasarkan hasil penelitian. Namun, anak yang satu dengan anak yang lain kan berbeda. Ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat perkembangannya.

Oleh karena itu, untuk membantu kamu melihat apakah anakmu setara atau tidak dengan usianya, maka langsung kita lihat saja yuk perkembangan bayi 4 bulan itu seperti apa!

1Bayi Mulai Tengkurap

nuqtoh.com

Di usia 4 bulan bayi akan mulai belajar untuk tengkurap. Ia pun akan berusaha untuk bisa melihat ke depan dengan mengangkat bahu dan kepala menggunakan tangan sebagai tumpuan.

Jadi kalau anak kamu di usia ini mulai membalikkan badannya, jangan dilarang karena alasan takut jatuh ya! Kamu pun tidak perlu membantu untuk membalikkan badannya, biarkan semua proses itu berjalan dengan alami. Kamu hanya perlu mengawasi saja.

entertainmentgeek-jimmy.com
entertainmentgeek-jimmy.com

Latihan yang dilakukan bayi untuk tengkurap dan melihat ke depan ini, secara otomatis membantu bayi memperkuat otot-otot di tangannya. Jika tangannya kuat, maka selanjutnya ia bisa melakukan hal yang lainnya lagi.

2Berguling ke Kanan dan ke Kiri

gigisusu.net

Bayi usia 4 bulan sudah mulai bisa berguling ke kanan dan ke kiri lho. Kegiatan berguling ke kanan dan ke kiri ini dapat merangsang perkembangan motorik kasar anak. Lalu, apa yang bisa dilakukan orang tua?

Jika anak sudah mulai terlihat bisa berguling ke kanan dan ke kiri, maka kamu sebagai orang tua bisa membantu menstimulus atau membantu anak berlatih berguling.

abiummi.com
abiummi.com

Cara melatihnya gimana? Kamu bisa meletakkan benda-benda yang cukup menarik di samping bayi, misalnya saja meletakkan boneka atau mainan berwarna mencolok. hal ini dilakukan agar bayi tertarik mengambilnya dan mau tidak mau berguling.

3Memegang dan Meraih Benda-benda

bayiku.info

Di usia 4 bulan, bayi sudah mulai bisa memegang dan meraih benda, walaupun tangannya belum kuat untuk menggenggam, sehingga benda masih akan sering jatuh jika dipegang.

Selain itu, bayi usia 4 bulan pun sudah mulai memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. Di usia ini, bayi mulai mengeksplorasi lingkungan dengan menggunakan banyak indera di tubuhnya.

gigisusu.net
gigisusu.net

Wah, bahaya juga jika bayi memasukkan benda-benda yang berbahaya atau kotor ke dalam mulutnya. Nanti bisa-bisa bendanya masuk ke perut atau bayinya terkena diare.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu mengawasi dan memfasilitasi dengan benda-benda yang aman.

Demikianlah beberapa perkembangan yang bisa kita lihat dari bayi usia 4 bulan. Walaupun selain itu, bobot badan dan emosinya pun ikut berkembang seiring pertambahan usia bayi.