Pada umumnya bayi yang berusia 4 bulan sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan. Sedikit demi sedikit ia mengenali hal-hal disekitarnya.

Inilah kenapa rata-rata bayi yang suda berusia 4 bulan akan menangis jika digendong orang lain selain ayah atau ibunya. Hal ini disebabkan karena bayi sudah mengenali orang-orang terdekatnya.

Nah, apa ajasih kemampuan atau perkembangan terbaru bayi berusia 4 bulan? Yuk kita simak.

1Waktu Tidurnya Lebih Sedikit

sehatplus.com

Dikarenakan ia mulai bereksplorasi dengan barang-barang disekitarnya, waktu tidur bayi yang sudah berusia 4 bulan akan mulai berkurang.

Ia akan lebih sering bermain dengan barang-barang yang ia pegang atau sekedar menggerakkan tangan dan mengisap jempolnya. Kamu akan lebih menikmati tidur malam dengan si bayi, karena disiang hari ia sudah lelah bermain.

2Menyadari Reaksi Orang Disekitarnya

sketsahumorkocak.blogspot.com

Wah, seperti apasih kesadaran sang bayi akan reaksi kita? Yap! Bayi usia 4 bulan sudah mulai menyadari reaksi-reaksi orang disekitarnya. Ketika ia menangis, kamu akan menghampirinya.

Itulah kenapa ketika ia menginginkan sesuatu ia akan menangis.

3Penglihatannya Lebih Tajam

gambargambar.co

Pada usia 3 bulan, bayi kamu masih kesullitan membedakan kontras warna. Tapi diusianya sekarang ia sudah mulai mengetahui perbedaan warna-warna. Bayi diusia ini juga sudah bisa melihat seluruh ruangan.

Walaupun demikian ia lebih cendrung memperhatikan orang-orang disekitarnya.

4Mulai Tengkurap

pernikdunia.com

Tidak jarang memang bayi usia 4 bulan belum bisa tengkurap seperti yang biasa para ibu harapkan. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Normalnya memang bayi usia 4 bulan sudah bisa tengkurap.

Jika bayimu yang berusia 4 bulan belum bisa tengkurap tak apa. Ia hanya butuh dorongan dan latihan lebih giat untuk bisa mulai tengkurap.

5Berat Badan Bertambah

pernikdunia.com

Tentu kamu akan sangat senang jika berat badan bayimu bertambah. Selain senang karena ini membuktikan bahwa anak tumbuh sehat, hal ini juga adalah salah satu faktor yang kamu miliki untuk membuat senang sang ibu mertua. Ups! Hehehe.

6Posisi Tidur Bervariasi

pernikdunia.com

Kamu tidak perlu khawatir dengan posisi tidurnya yang beragam. Dia hanya mencari kenyamanan karena postur tubuh yang semakin berkembang.

Jika ia terbiasa tidur terlentang, diusia 4 bulan ia akan lebih nyaman tidur dengan posisi miring kekanan atau yang lainnya.

Jika bayimu tidur di box bayi, sebaiknya tinggikan pinggiran box untuk menjaga keamanan tidur si bayi.

7Mulai Berceloteh

solusisehatku.com

Cobalah ajak sibayi bicara, atau sekedar mengatakan kata-kata yang sama berulang kali. Bayi usia 4 bulan ini akan merespon celotehan anda dengan suara-suara lucu yang ia miliki.

Lalu kamu akan antusias mengajaknya bicara karena responnya yang semangat dan lucu.

8Mampu Menegakkan Kepala Tanpa Bantuan Orang Dewasa

health-kompas.com

Hal ini juga yang mempengaruhi bayi usia 4 bulan mulai tidak menyukai digendong dengan posisi ia tertidur. Ia akan lebih sengan jika digendong dengan posisi duduk dan menegakkan kepalanya sendiri.

9Ukuran Lambung yang Membesar

parenting.co.id

Pada usia ini, bayi akan mengalami proses pembesaran ukuran lambung. Inilah kenapa ia akan lebih sedikit menyusu dari usia sebelumnya. Dikarenakan sekali menyusu ia akan memenuhi perutnya hingga kenyang.

Untuk memenuhi kebutuhan bayi, nutrisi dalam Asi juga akan berubah menjadi lebih banyak lemak dan mineral.

Selain itu, pada usia ini saat menyusu perhatiannya akan lebih sering terpecah oleh hal-hal di sekitarnya, seperti bunyi TV, atau orang yang datang. Untuk meminimalisasi hal tersebut, ada baiknya untuk menyusuinya di ruangan yang tenang.

SHARE