Perkembangan bayi pada minggu-minggu pertama setelah kelahiran memang sangat menakjubkan. Dalam usia dua bulan, bayi biasanya sudah bisa melakukan banyak hal.

Pada usia ini, bayi biasanya sudah mulai bisa merespon keadaan sekitarnya. Perkembangan yang pesat ini kadang tidak disadari oleh sang ibu atau anggota keluarga lainnya.

Oleh karena itu, berikut akan dibahas tentang perkembangan bayi satu bulan dan sampai berjalan ke usia dua bulan.

1Identifikasi Suara

netnitnet.blogspot.com

Pada usia dua bulan, bayi sudah mulai bisa mengenali suara-suara di sekitarnya. Meski indera penglihatan mereka belum sempurna, bayi tahu dan bisa mengenali suara ibunya.

Jadi, biarkanlah bayi mengenali suara ibunya, ayahnya ataupun anggota keluarga lain di sekitarnya.

Meski demikian, tidak semua bayi mudah akrab dengan orang-orang di sekitarnya. Biasanya, ibu adalah orang yang paling mudah dikenali oleh bayi.

Saat didekati orang lain selain ibu, atau mendengar suara orang lain, ada beberapa bayi yang merasa terganggu. Untuk menenangkannya dibutuhkan suara ataupun dekapan ibunya.

2Memberikan Respon

eelleebeauty.com

Selain mengenali suara orang-orang di sekitarnya, bayi pada usia dua bulan sudah mulai memberikan respon terhadap suara itu.

Kalau ibu atau anggota keluarga mengajak berkomunikasi dengan bermain atau bercanda, bayi sudah bisa menunjukkan mimik wajah menggemaskan sebagai respon dari apa yang dilakukan orang tua.

Pada usia ini, bayi memang belum bisa mengeluarkan respon seperti suara atau tawa. Tapi wajahnya sudah cukup menunjukkan kalau ia peka dengan keadaan sekitarnya.

3Bisa Menunjukkan Sinyal Lapar

superbvitamin.blogspot.com

Pada saat lapar, bayi biasanya resah, rewel atau bahkan menangis. Ini sudah mulai tampak sejak bayi berusia dua bulan.

Ia sudah bisa menunjukkan sinyal kalau dirinya merasa lapar dan membutuhkan ASI dari Ibunya.

Karena itulah pada usia dua bulan, biasanya masih sangat membutuhkan ibu yang harus selalu ada di dekatnya.

4Mengangkat Kepala

limmyhl.wordpress.com

Jika pada awal kelahiran, gerak bayi adalah gerak reflek, ini akan berbeda pada usia memasuki dua bulan. Bayi mulai mengalami perkembangan gerak motoriknya.

Leher bayi sudah mulai lebih kuat dari semula. Sehingga ia bisa mulai mengangkat kepalanya sendiri saat tubuhnya ditengkurapkan.

Meski demikian, tubuh bayi tetaplah masih lemah. Sehingga butuh perhatian khusus untuk memastikan gerakan yang dilakukan bayi tidak berbahaya.

5Menghisap Ibu Jari Tangan dan Kaki

infobunda.com

Menghisap jari adalah kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh bayi, terutama jari kaki. Pada usia dua bulan, bayi mulai menghisap ibu jarinya sendiri.

Ada kalanya, bayi juga mengangkat kaki dan menghisap ibu jari kakinya. Ini adalah salah satu perkembangan reflek yang dilakukan bayi pada usia dua bulan.

Tujuan bayi melakukan ini sebenarnya adalah untuk menghibur diri mereka sendiri.

6Tidur Sendiri

fotofotobayi.blogspot.com

Waktu tidur yang dibutuhkan bayi pada usia dua bulan adalah 15 hingga 16 jam dalam satu hari. Panjang waktu tidur tersebut terbagi menjadi beberapa sesi.

Pada masa ini, ibu sebaiknya bisa selalu berada di dekat bayi, jika bayi bangun dan ingin menyusu.

Untuk membiasakan bayi tidur sendiri, ibu bisa meletakkan bayi di tempat tidurnya jika ia sudah mulai tampak mengantuk.

Sebagai tips, biasakan dan biarkan bayi tertidur dalam posisi telentang untuk menghindari SIDS atau sebuah risiko sindrom kematian bayi secara mendadak.

hack87.blogspot.com
hack87.blogspot.com

Di usia perkembangannya yang baru dua bulan, bayi biasanya sedang lucu-lucunya dan menggemaskan. Perkembangan hingga usai dua bulan ini sangatlah penting. Jadi, bagi kamu seorang ibu, jangan sampai melewatkan waktu penting perkembangan bayi kamu ini ya.