Penting bagi setiap perempuan yang sedang mengalami masa kehamilan, maupun yang akan merencanakan kehamilan untuk tahu seperti apa perkembangan janin sejak awal bulan pertama hingga kesiapannya untuk lahir ke dunia.

Di masa kehamilan, sang ibu bisa melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang nantinya dapat menunjang perkembangan bayi. Seperti mendongengkan cerita inspiratif, membacakan lantunan ayat-ayat Tuhan sesuai masa perkembangan janin.

1Bulan Pertama, Persiapan Embrio Sampai Lahir

peterparkerblog.com

Saat sel telur dibuahi sperma, tubuh ibu mulai memproduksi progesteron yang cukup tinggi untuk mencegah menstruasi dan menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Sejak bulan pertama kehamilan, embrio pada janin mulai mengembangkan semua perlindungan yang dibutuhkan janin hingga akhir persalinan, termasuk berkembangnya plasenta.

Sepuluh hari setelah pembuahan, jantung, paru-paru dan beberapa bagian penting sudah berkembang dan setelah 3 minggu, jantung janin sudah mampu memompa darah. Ukuran janin pun sekitar 1/8 inci.

Dari kondisi fisik sang ibu, terjadi perubahan pada payudara karena hormon kehamilan mempersiapkan kelenjar payudara yang akan digunakan untuk menyusui.

2Bulan Kedua, Kehamilan yang Sangat Muda

peterparkerblog.com

Pada bulan pertama, organ-organ tubuh janin mulai berkembang, begitu pula pada bulan kedua. Kondisi yang masih sama yakni janin masih mengembangkan organ dan tubuh mereka.

Bedanya, pada bulan kedua, bentuk janin sudah mulai terlihat dan ibu pun mluai sadar akan kehamilannya. Hal ini dikarenakan perkembangan janin yang bisa dikatakan cukup pesat.

Organ yang berkembang sepenuhnya dan lengkap pada saat janin menginjak usia 8 minggu, terutama pada otaknya.

Berkembangnya tangan dan kaki janin dengan mulai tampaknya jari-jari kecil, bahkan bisa membentuk sidik jari.

Telinga dan mata terbentuk walaupun belum dapat mendengarkan sampai minggu berikutnya. Pada gusi, janin mulai membentuk bakal gigi. Ukuran janin pada bulan kedua sekitar 1 inci.

3Bulan Ketiga, Bentuk Wajah Sudah Sempurna

peterparkerblog.com

Bulan ketiga, perkembangan janin terlihat dari mulai adanya kuku-kuku. Pada gusi, sudah mempunyai 32 bakal gigi permanen. Wajah pun sudah lengkap dengan mata, hidung, mulut dan sebagainya.

Tulang-tulang mulai terbentuk dengan sempurna, serta otot juga mulai terbentuk sepenuhnya. Janin pada usia 3 bulan sudah mulai bisa bergerak karena, syaraf, otot dan otak janin sudah mulai berfungsi.

Akan tetapi, pergerakan janin belum bisa dirasakan sama sekali oleh ibu karena ukurannya yang masih sangat kecil. Pada tahap ini pula, janin sudah mulai berlatih gerakan menghisap, menelan dan bahkan buang air kecil.

Pada akhir periode 12 minggu, ukuran janin akan mencapai 3.5 inci.

4Bulan Keempat, Janin Bisa Mendengar

peterparkerblog.com

Janin mulai bisa mendengar beberapa suara dari luar, terutama suara ibunya. Akan sangat penting ketika pada bulan ini, janin mendengar suara-suara yang baik untuk perkembangan berikutnya.

Pada periode 4 bulan ini, paru-paru mulai tumbuh dengan sempurna, bahkan sudah mulai belajar bernafas. Janin juga mulai belajar bergerak. Meskipun belum bisa melihat, janin sudah sensitif terhadap cahaya.

Kulit kepala dan alis juga sudah mulai tampak. Janin pun sudah bisa menghisap jempol tangannya. Ukuran janin pada periode ini sekitar 5.5 inci, dimana detak jantung janin sudah mulai bisa dirasakan oleh ibu.

5Bulan Kelima, Semua Indera Mulai Berfungsi

peterparkerblog.com

Mungkin ada sebagian ibu yang sudah bisa merasakan gerak aktif sang janin. Ya, pada bulan kelima, janin mulai sensitif terhadap lingkungannya sehingga mudah merespon.

Bersamaan dengan berkembangnya organ dalam dan indera, janin pada periode ini juga sudah mulai mengembangkan suatu perlindungan terhadap lingkungannya yang disebut cairan vernix caseoda.

Cairan tersebut dikeluarkan dari kelenjar minyak untuk melindungi kulit dan menjaga temperatur janin. Disaat yang bersamaan, janin sudah mempunyai sistem perlindungan sederhana yang akan melindunginya dari sakit atau infeksi.

Janin akan mengembangkan suatu lemak yang akan membantunya menjaga temperatur tubuhnya. Ginjal sudah terbentuk dan membuatnya bisa menghasilkan urin. Pada akhir bulan ke 5, ukuran janin akan mencapai sekitar 7.4 inci.

6Bulan Keenam, Janin Sudah Bisa Tidur

neomujahid.blogspot.co.id

Bulan kelima, perkembangan janin ditandai dengan mulainya gerakan pernapasan. Alat kelaminnya mulai terbentuk.

Cuping hidungnya terbuka. Pusat-pusat tulangnya pun mulai mengeras. Selain itu, kini ia mulai memiliki waktu-waktu tertentu untuk tidur.

7Bulan Ketujuh, Ruang Rahim Mulai Sempit untuk Janin

peterparkerblog.com

Usia ketujuh bulan kehamilan merupakan masa untuk menunggu kelahiran bayi. Bayi yang lahir secara prematur memiliki harapan hidup yang cukup tinggi karena bentuk fisik telah terlihat sempurna. Namun, bobot tidak mencukupi untuk lahir.

Ukuran badan pada bulan ini mulai membesar sehingga ukuran rahim sang ibu akan terasa sangat sempit sehingga janin kesulitan untuk bergerak dan mencari posisi yang nyaman.

Janin sudah bisa melihat walaupun yang dilihatnya hanya uterus yang terang atau gelap. Keadaan uterus yang terang dan gelap ini membantunya membedakan siang dan malam.

Janin juga sudah bisa mendengar walaupun yang didengarnya menyerupai dengungan. Hal ini membiasakannya mendengar suara ayah dan ibu, suara dimana ia tinggal dan bahkan musik.

Indera perasanya juga sudah hampir sempurna, sehingga janin akan merasakan apa yang ibu makan. Paru-parunya sudah berlatih untuk bernafas dan gerakan yang ia lakukan membantunya melatih ototnya.

Tulang janin pada periode ini sudah mulai sempurna dan ia sudah mempunyai lemak untuk energinya. Ukuran janin pada periode ini sekitar 11 inci.

8Bulan Kedelapan, Ibu, Makanlah Makanan Bergizi!

peterparkerblog.com

Pada usia kehamilan 8 bulan, janin tumbuh dengan sangat aktif, terutama pada otaknya. Karenanya, untuk memaksimalkan pertumbuhan otak, sangat disarakan untuk ibu mengkonsumsi suplemen dan makanan bergizi, terutama yang mengandung omega 3.

Janin akan tumbuh setidaknya satu kilo sebelum akhir periode ini. Bentuk badan janin yang semakin besar membuatnya tidak leluasa bergerak. Karenanya, pada masa 8 bulan, janin cenderung lebih tenang.

Paru-paru janin masih berkembang, tetapi seluruh badan dan organ sudah tumbuh dengan maksimal. Mata janin sudah berfungsi, membuatnya dapat melihat fokus dan bahkan berkedip.

Ari-ari atau plasenta janin dibalut dengan cairan seperti gelatin. Jadi, walaupun ia bergerak, ari-arinya tidak akan membelit. Ukuran janin pada periode ini sekitar 12 inci dan beratnya mencapai sekita 2.5 kg.

9Bulan Kesembilan, Janin Siap Lahir ke Dunia

peterparkerblog.com

Pada bulan kesembilan, plasenta akan mengambil alih dan memberi sinyal bahwa bayi telah siap untuk dilahirkan. Sang bayi masih tidur dengan tenang di dalam rahim ibunya.

Dari sebuah sel kecil, kini bentuk, fungsi dari organ-organ yang terbentuk telah sempurna. Artinya, janin siap untuk lahir ke dunia. Dan manusia mungil siap menghiasi kehidupan ibu dan ayahnya.