Kehadiran bayi sebagai anggota baru pasti dinanti keluarga. Sebelum bayi lahir, tidak jarang orang tua sudah sibuk mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi yang dibutuhkan.

hotactress.xyz
hotactress.xyz

Tapi, sebagai orang tua dan calon orang tua, tahukah kamu perlengkapan bayi apa saja yang dibutuhkan?

Berikut ini akan dibahas lima perlengkapan dasar bayi yang harus diketahui dalam menyambut kedatangan sang buah hati.

1Perlengkapan Dasar bagi Bayi

bajubayianakperempuan.blogspot.com

Perlengkapan dasar bayi adalah perlengkapan yang wajib ada untuk bayi. Perlengkapan ini bisa dipersiapkan bahkan sejak sebelum bayi lahir.

Jadi, pada saat nanti si buah hati telah lahir, semua telah siap. Perlengkapan dasar yang harus ada antara lain, popok kain, baju ukuran s (panjang dan pendek).

Selain itu, perlu dipersiapkan juga celana ukuran s (panjang dan pendek), kaos dalam bayi ukuran 14 (paling kecil), kain bedong, aksesoris bayi, kaus kaki dan kaus tangan bayi.

Agar bayi hangat, kamu juga bisa siapkan gurita bayi. Dan yang tidak kalah penting alas ompol/ perlak dan gendongan bayi yang berukuran new born.

2Perlengkapan Tidur bagi Bayi

fotofotobayi.blogspot.com

Bayi yang baru lahir hingga beberapa bulan setelahnya, lebih banyak tidur. Jadi, perlengkapan tidur bayi haruslah yang bisa membuatnya selalu merasa nyaman.

Ada beberapa perlengkapan untuk tidur bayi yang perlu dipersiapkan sejak jauh hari, seperti selimut bayi (tipis dan besar serta tebal untuk bepergian), tempat tidur untuk bayi (box bayi).

Lalu kasur bayi, bantal anti peyang dan guling, sprei untuk tempat tidur bayi dan kelambu bayi (agar terhindar dari nyamuk).

3Perlengkapan Mandi bagi Bayi

cahayacinta1617.blogspot.com

Untuk membuat bayi tetap merasa nyaman saat mandi, ada beberapa perlengkapan yang harus kamu persiapkan. Pertama, set perlengkapan mandi bayi (sabun bayi, sampo bayi) dan bak mandi yang khusus digunakan untuk bayi.

Setelah mandi, handuki bayi dengan handuk khusus yang berbahan lembut agar kulit bayi tidak tergores, karena kulit bayi batu lahir masih sangat sensitif.

Selain itu, perlu juga dipersiapkan kapas bulat, ember kecil, tempat sampah, tisu kering/ washlap, set gunting kuku untuk bayi serta detergen khusus untuk pakaian bayi.

4Perlengkapan Kesehatan Sehari-hari

www.petiteelle.asia

Bayi sangat peka terhadap keadaan sekitarnya. Jadi, sebagai ibu, kamu juga harus paham serta selalu sedia berbagai perlengkapan yang akan membantu jika bayi mengalami gangguan kesehatan.

Minyak telon adalah perlengkapan wajib bagi bayi. Selain untuk menghangatkan badan bayi, ini bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi akibat gangguan serangga.

Selain itu, beberapa perlengkapan seperti termometer, obat penurun panas khusus bayi, salep untuk batuk/ pilek/ flu khusus bayi, krim anti ruam, juga wajib ada.

Lengkapi juga dengan popok khusus bayi, bedak anti gatal khusus bayi, alkohol dan kain kasa untuk pusar bayi serta kompres instan.

5Perlengkapan Bepergian bagi Bayi

yasinyasintha.blogdetik.com

Mengajak bayi bepergian memang sedikit beresiko. Tapi, bukan berarti bayi tidak bisa diajak bepergian. Dengan persiapan yang cukup dan keadaan bayi yang sehat, kamu tidak perlu khawatir mengajak bayi bepergian.

Ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan jika ingin mengajak bayi bepergian, seperti kereta khusus bayi, car seat dan tas khusus untuk perlengkapan bayi yang anti air.

Di tas khusus bayi, kamu bisa memasukkan cadangan perlengkapan bersih dan disposable diaper, topi dan jaket bayi (agar bayi tidak kedinginan).

Itulah tadi lima perlengkapan dasar bagi bayi yang harus dipersiapkan. Jadi, bagi kamu orang tua dan calon orang tua, jangan lupa cek perlengkapan bayi kamu ya.