www.kidnesia.com

Inilah Perlengkapan yang Biasa Dimiliki Oleh Pramukawan Sejati

Posted on

Pramuka sering dijadikan ekstra kulikuler di Sekolah-sekolah diseluruh Indonesia. Baju pramuka juga banyak dijadikan seragam sekolah hari-hari tertentu bagi sebagian besar sekolah yang ada di Indonesia.

Seragam pramuka juga ada banyak jenisnya seperti seragam pramuka Siaga, Penggalang, Pendega, Penegak, Pramuka dewasa, MABI dan pakaian lapangan. Seragam pramuka identik dengan warna coklat muda untuk atasan dan coklat tua untuk bawahan.

Kegiatan pramuka di sekolah biasanya siswa diajari cara hidup mandiri serta cara hidup tanpa bantuan elektronik sama sekali, bahkan sering juga diadakannya kemah.

Kegiatan ekstra kulikuler yang ada di seluruh negeri ini tidak hanya mengajarkan siswa hidup mandiri, tetapi juga cara melawan kerasnya kehidupan di alam bebas.

Beberapa siswa sangat menyukai dan mencintai kegiatan ini karena keaktifan mereka dalam kegiatan ini pastinya membawa nilai positif untuk perilaku dan budi pekerti mereka.

Mereka dapat menambah wawasan mereka dengan banyaknya kegiatan yang diadakan dari pihak sekolah atau kegiatan sosial yang diminta pemerintah daerah.

Perlengkapan pramuka yang sangat identik dengan kegiatan ini dan tidak bisa lepas dari keberadaanya yaitu dasi. Dasi untuk seragam pramuka ini digunakan untuk seragam pria dan wanita. Warna dasi ini terdiri dari warna merah dan putih dan didesain mengikuti bentuk segitiga sama kaki.

Warna merah pun hanya dibagian pinggir dari kaki tersebut.

Biasanya anggota pramuka diwajibkan untuk memiliki buku yang satu ini. Didalamnya terdapat beberapa panduan mengenai apa yang berhubungan dengan pramuka dan juga cara-cara pembacaan dan pemberian kode smaphore.

Kode semapur digunakan untuk memberi kode pada lawan bicara tanpa mengucapkan kata tetapi dengan gerakan tangan, biasanya juga menggunakan bendera. Perlengkapan pramuka diatas hanya sebagian kecil dari perlengkapan yang harus ada lho.

Dalam kegiatan pramuka, masih banyak lagi perlengkapan lainnya seperti badge, kain selempang siaga, tanda jabatan, tanda topi, baret, kompor lapangan, nesting, hasduk, scraf tunas, tali pramuka dan juga bendera smaphore.

Perlengkapan ini perlu anda bawa pada saat anda melakukan kegiatan pramuka ini. Segala perlengkapan harus disiapkan agar pada saat praktik lapangan setiap siswa bisa langsung mempraktikan sendiri apa yang diajarkan pelatihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *