Jamaah umroh laki-laki dan perempuan tentu harus menyiapkan perlengkapan umroh yang harus dibawa selama berada di Tanah Suci.

Agar perlengkapan umroh yang harus dibawa tidak ada yang tertinggal, lakukan packing minimal dua atau tiga pekan sebelum keberangkatan. Sehingga jika ada barang yang kurang masih memiliki waktu untuk membelinya.

Packing jauh-jauh hari juga dilakukan untuk memastikan barang tidak ada yang tertinggal. Packing yang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan bisa membuat perlengkapan umroh banyak yang tertinggal.

Packing yang tergesa-gesa membuat kita sering melupakan barang apa saja yang harus dibawa.

Untuk jamaah laki-laki perlengkapan umroh terdiri dari 2 lembar kain ihram (1 dipakai dan 1 lagi sebagai cadangan). Kain ihram ini wajib dibawa karena menjadi salah satu rukun dalam menjalankan umroh dan haji.

Tanpa pakaian ihram maka tidak sah ibadah tersebut. Kain ini bisa kamu dapatkan dari toko perlengkapan umroh dan haji yang kini sudah banyak tersedia di kota besar maupun kecil.

Biasanya biro perjalanan sudah memasukkan kain ihram ini dalam paket perjalanan sehingga kamu tidak perlu membelinya. Hanya saja menyiapkan kain ihram cadangan sangat disarankan.

Jika kain ihram satunya terkena najis atau kotor, masih ada kain ihram cadangan sehingga akan membuat ibadah umroh tidak terganggu.

Sedangkan untuk jamaah wanita, bawalah 3 buah mukena yang juga wajib hukumnya dipakai ketika memulai ihram di miqat.

Bawalah obat-obatan pribadi sebagai antisipasi jika kamu terserang penyakit. Bawalah obat yang berbentuk tablet atau kapsul dan hindari membawa obat cair. Benda cair seperti ini biasanya dilarang dibawa dalam perjalanan menggunakan pesawat.

Udara panas serta kemungkinan adanya penyakit menular dari udara membuat jamaah harus waspada dalam melindungi diri. Selain suplemen dan obat-obatan pribadi bawalah perlengkapan pelindung diri dari panas dan udara yang membawa penyakit.

Masker sebagai pelindung dari udara yang tercemar, payung kecil dan kacamata hitam sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari, sarung tangan sebagai pelindung tangan serta sandal untuk alas kaki bisa kamu bawa.

Perlengkapan ini dianjurkan untuk dibawa untuk melindungi tubuh jamaah dari penyakit dan panas yang menyengat. Masker menjadi benda wajib sejak tahun 2014 karena kemungkinan penyakit MERS yang menyerang jamaah yang menular melalui udara.

Jangan lupa membawa alat komunikasi ya guys. Ini tentu tanpa diwajibkanpun, kamu sudah akan membawanya. Hihi.

SHARE