Memiliki seorang bayi merupakan kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Apalagi jika sepanjang hari kamu bisa bersama dan bermain bersama sang bayi. Tentu sangat menyenangkan.

Selain kamu harus menjaga dan merawat ekstra bayimu, memilihkan permainan yang tepat juga penting, lho. Permainan-permainan itu harus bisa meningkatkan kecerdasan otak bayi. Konsepnya bermain sambil belajar.

Dengan adanya permainan, kamu mengajari bayimu untuk berkomunikasi, merasakan dan mengungkapkan isi hatinya.

Kalau kamu memberikan mainan yang tidak disukainya, dia akan belajar bagaimana cara mengekspresikan penolakannya.

Berikut ini merupakan contoh permainan yang dapat kamu terapkan ketika bermain bersama bayimu. Simak, yuk!

1Membaca Dongeng

tipsanakbayi.com

Ingin bayimu kelak menjadi anak yang pandai bicara dan menulis? Cobalah membacakan dongeng sebelum ia tidur atau pada waktu senggang.

Dongeng yang dibacakan sebelum bayi tidur akan mempererat ikatan emosional bayi dan orang tuanya.

Selain itu, adanya dongeng akan meningkatkan kosa kata dan kemampuan berbahasa si bayi. Bayi kamu lebih cerdas dalam berbicara, berimajinasi, merangkai kata dan kreatif.

Bagian yang paling penting dari dongeng yakni mengajarkan kepada sang bayi tentang nilai-nilai moral, kebaikan dan menjauhi keburukan.

Penelitian membuktikan, bayi yang biasa dibacakan dongeng sebelum tidurnya, emosinya akan berkembang dengan baik.

2Menyanyi untuk Bayi

embikumiracle.wordpress.com

Menyanyi merupakan aktivitas rutin yang disukai hampir semua orang di dunia ini. Menyanyi di depan anak kecil atau bayi sudah menjadi kebiasaan para ibu. Ternyata, menyanyi untuk bayi punya manfaat besar.

Dengan bernyanyi, berarti kamu mengajarkan bayi untuk mengenal musik dan memperbanyak kosa kata. Bayi yang mendengar suara kamu akan sangat bahagia karena menyanyi adalah cerminan kasih sayang kamu kepadanya.

Bayi yang terbiasa diperdengarkan nyanyian secara otomatis menggerakan beberapa anggota tubuhnya.

Inilah salah satu cara menjaga kebugaran tubuh bayi dengan gerak-gerakan ringan. Kemampuan verbal dan daya tangkap bayi akan meningkat dengan adanya permainan bernyanyi.

3Permainan Menyusun Balok

tokopedia.com

Kamu tentu ingat dengan hadiah mainan balok di dalam kotak susu pada tahun 90-an.

Setiap kali pembelian, kamu akan menemukan beberapa kepingan balok yang nantinya bisa digabung-gabungkan membentuk robot. Biasanya kepingan balok selanjutnya ada di kotak susu lainnya.

Ternyata bermain balok sangat bermanfaat bagi perkembangan kecerdasan bayi. Dengan menyusun balok, si bayi diajarkan tentang cara mengonsep sesuatu.

Dari susunan balok juga, bayi dilatih untuk berimajinasi, menyelesaikan masalah, melatih kesabaran dan membedakan warna.

4Mainan Gantungan Aneka Binatang

id.aliexpress.com

Mainan gantungan adalah permainan bayi yang paling sering kamu lihat. Biasanya diletakkan di atas tempat tidur atau kereta bayi. Warna-warni gantungan membuat bayi tertarik sehingga dia akan berusaha menggapai aneka gantungan itu dengan tangannya.

Cobalah menempatkan gantungan yang terdiri dari aneka macam binatang. Misalnya, ada kelinci, ayam, kura-kura, ikan dan sapi.

Dengan adanya aneka gantungan tersebut, secara otomatis bayi diajarkan mengenali berbagai jenis binatang. Selain itu, permainan ini akan melatih keseimbangan motorik pendengaran dan visualnya.

5Cermin Mini yang Lucu

gracemelia.com

Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengajari bayi mengenali anggota tubuhnya. Usahakan memilih cermin dari bahan yang aman, misalnya plastik. Pilih juga cermin dengan desain lucu supaya menarik perhatian bayi.

Bayi akan mendekati cermin. Biasanya, ia tertawa sambil mengamati satu per satu bagian anggota tubuhnya, seperti tangan, kaki dan rambut.

6Mainan Berupa Alat Transportasi

id.aliexpress.com

Permainan terakhir yang bisa kamu manfaatkan adalah mainan alat transportasi.

Manfaat mainan ini untuk bayi yakni melatih kemampuan bayi untuk mengenal berbagai macam alat transportasi. Kalau kamu punya lagu yang sesuai dengan alat transportasi tersebut, cobalah menyanyikannya.

Dengan demikian, bayi mungilmu tak hanya mengenali jenisnya tetapi juga manfaat dan ciri-cirinya.