Sebuah penelitian oleh 3 peneliti muda dari Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosil dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro pada tahun 2015 menunjukan bahwa game online tidak selalu memberikan dampak negatif pada anak.

www.emangbener.com
www.emangbener.com

3 peneliti muda tersebut adalah Nurist Surayya Ulfa, Djoko Setiabudi, dan Bayu Widagdo juga mengatakan bahwa game online berpakaian merupakan game yang memiliki rating tinggi.

Hal ini juga berarti bahwa game tersebut sering dimainkan anak-anak. Permainan berpakaian memang menjadi permainan yang menarik terutama bagi anak-anak perempuan.

Permainan tersebut ternyata juga memiliki beberapa manfaat diantaranya dapat menumbuhkan kreativitas pada anak, mengajari anak berani mencoba hal-hal baru dalam koridor positif, serta menanamkan nilai pada anak.

Namun sayangnya, permainan berpakaian baik pada game online, game yang dapat di download pada play store dan dimainkan dengan off line kebanyakan menyuguhkan pakaian-pakaian terbuka dan tidak sesuai dengan nilai Islam.

www.emangbener.com
www.emangbener.com

Hal ini wajar, mengingat permainan tersebut diproduksi oleh orang barat terutama Amerika. Mereka menganut sistem nilai-nilai barat yang sering kali tidak sesuai dengan nilai-nilai ketimuran Indonesia.

Pada game online berpakaian terdapat berbagai fitur sehingga anak-anak dapat melakukan simulasi cara berpakaian, berdandan bahkan sampai aksesoris-aksesoris berpakaian. Mereka memadupadankan segala pakaian untuk mencapai skor tinggi.

Meskipun cuma permainan, namun permainan tersebut secara tidak sadar menanamkan nilai kepada anak-anak bahwa berpakaian bagus dan serasi adalah berpakaian mini seperti tokoh yang mereka mainkan dalam game.

Bunda tak perlu khawatir. Bunda tetap bisa mengambil manfaat dari permainan berpakaian dan bisa menghindari dampak buruk dari permainan tersebut.

Beberapa tips agar bunda dapat memanfaatkan permainan berpakaian untuk menanamkan nilai-nilai keislaman sebagai berikut.

1Permainan yang Menggunakan Boneka Barbie

www.yopi-nasir.blogspot.com

Permainan berpakaian yang menggunakan boneka barbie sebagai sarananya, lebih nyata dibandingkan game online maupun game Hp. Sayangnya tokoh barbie biasanya juga menggunakan pakaian-pakaian mini.

Bunda dapat memilihkan si kecil boneka barbie versi muslimah yang dengan mudah ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan. Jika bunda kesulitan mendapatkannya, bunda dapat membuatnya sendiri dengan bantuan penjahit.

www.sweetcreation20.blogspot.com.
www.sweetcreation20.blogspot.com.

Temani si kecil bermain sambil terus menceritakan bagaimana seharusnya cara berpakaian seorang muslimah. Namun untuk padu padan warna, bunda mutlak menyerahkan pada anak sehingga ia tidak merasa terlalu dibatasi.

Tak masalah jika sesekali paduan warna pakaian dan aksesoris yang si kecil pilih sedikit norak. Lama kelamaan si kecil belajar dengan sendirinya.

2Permainan Game Online atau Game Offline

www.youtube.com

Meskipun sebagian besar game virtual diproduksi oleh Amerika, namun sekarang ini mulai tumbuh beberapa permainan berpakaian dan berdandan online versi muslimah.

Sebut saja permainan ‘Hijab Make Up Salon” yang dapat di-download di play store.

www.youtube2.com
www.youtube.com

Bunda dapat memilihkan permainan berpakaian versi muslim. Saat bermain, bunda sesekali harus mendampingi anak dan berkicau secara tersirat bagaimana cara berpakaian seorang muslimah yang seharusnya.

Walaupun sudah dalam versi muslim, namun bunda tetap tidak boleh lengah. Si kecil tidak boleh bermain Hp atau tablet terlalu lama karena ketika dia terlalu asyik dengan dunianya ia akan tumbuh menjadi anak anti sosial.

Batasilah waktu bermain dengan gadget. Jika anak keberatan menyerahkan gadget kembali, bunda dapat mengalihkan permainan lain seperti mewarnai dan lain-lain.

Sebuah pepatah mengatakan bahwa 1 teladan lebih mengena dibandingkan 1000 wejangan.

Agar anak sadar berpakaian menutup aurat, bunda juga harus mencontohkan pada si kecil cara berpakaian seperti seharusnya seorang muslimah.

SHARE