Kamu mungkin mengetahui berbagai permainan olahraga yang menggunakan bola. Namun, pernahkah kamu mengetahui tentang sejarah permainan tersebut?

Kamu mungkin akan menemukan hal yang unik dan tidak pernah terbayangkan dari sejarah berbagai permainan bola berikut.

1Bola Voli

volleywood.net

Permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan jumlah pemain masing-masing 6 orang ini telah secara resmi menjadi permainan pada Summer Olympic Games tahun 1964. Namun, permainan ini punya sejarah 70 tahun sebelumnya.

Diciptakan oleh William George Morgan pada 9 Februari tahun 1895 dengan sebutan awal Mintonette. Awalnya permainan ini diciptakan untuk orang-orang yang sudah cukup tua dan tidak membutuhkan tenaga serta keterampilan khusus.

2Bola Cricket

highlandecho.com

Kata cricket diketahui berasal dari kata Belanda krick(-e) yang berarti tongkat. Pada tahun 1478 di Perancis dikenal criquet, sedangkan pada tahun 1598 di Inggris dikenal creckett.

Jauh setelah itu barulah permainan ini menjadi sering dimainkan pada tahu 1844, sedangkan permainan resmi yang bersifat internasional baru dimulai 33 tahun berikutnya, tepatnya pada tahun 1877.

3Bola Ping Pong

digitaltrends.com

Olahraga yang lebih dikenal dengan tenis meja ini berasal dari Inggris. Kata ping pong menjadi sangat terkenal ketika sebuah perusahaan asal Inggris bernama J. Jaques & Son Ltd memproduksi bat tenis meja dengan brand ping pong.

Produksi itu pertama kali di perkenalkan pada tahun 1901. Kemudian 25 tahun berikutnya berdirilah International Table Tennis Federation, organisasi internasional yang khusus mengurusi permainan ping pong internasional.

4Bola Golf

castlebaycc.com

Hingga saat ini, golf memang lebih terkenal dengan permainan yang dimainkan oleh orang kaya. Namun, memang sangat benar bahwa sepanjang sejarah, golf memang dimainkan oleh kalangan kerajaan atau bangsawan di Eropa.

Menurut beberapa sumber, permainan ini bermula sejak tahun 1297 di Belanda, sumber lain  mengatakan sejak 1368 di Cina. Namun, pada 1457 olahraga ini dilarang di Skotlandia karena dianggap menjadi pengalih perhatian dalam latihan memanah.

Namun, lapangan golf yang tercatat oleh Guinness Wolrd Records sebagai catatan tertua dalam sejarah golf ada di Skotlandia, sejak tanggal 2 Maret 1672.

5American Football

maxxelli-blog.com

Inilah permainan keras dengan banyak benturan fisik. Permainan yang lebih terkenal di Amerika Serikat dan Kanada sebagai football. Bahkan kepopulerannya di sana melebihi permainan sepak bola.

Permainan ini juga dikenal dengan nama rugby. Pertadingan resmi yang pertama kali dilaksanakan adalah antara Rutgers melawan Priceton pada tanggal 6 November 1869.

6Bola Basket

thepapare.com

Olahraga yang sangat terkenal di dunia ini pertama kali diciptakan oleh seorang profesor berkebangsaan Kanada bernama Dr. James Naismith, di kampus Springfield, Massachusetts pada kisaran Desember 1891.

Kamu mungkin belum tahu kalau awalnya permainan basket dimainkan dengan bola yang digunakan pada permainan sepakbola. Hal ini berubah sejak tahun 1905 saat Tony Hinkle mencari bola yang lebih besar dengan alasan agar mudah terlihat olah penonton.

Jadilah bola yang digunakan dalam permainan basket menjadi seperti yang kita lihat sekarang ini.

7Bola Tenis

the9gag.com

Pada abad ke 12, permainan ini pertama kali dimainkan oleh raja Perancis, Louis X. Saat itu, permainan tenis dinamakan jeu de pamme (game of the palm). Kemudian 4 abad selanjutnya pertama kali diperkenalkan raket untuk permainan tenis.

Raja Inggris Henry VIII juga seorang penggemar permainan ini. Hingga akhirnya, permainan ini menjadi sangat terkenal di Inggris pada kisaran abad ke 18 dan abad ke 19.

8Baseball

twinitebaseball.org

Sebuah catatan sejarah dalam bentuk manuskrip yang ditemukan di Perancis mengatakan bahwa permainan ini telah ada sejak tahun 1344. Kemudian ditemukan sebuah buku yang ditulis oleh John Newberry.

Buku berjudul A Little Pretty Pocket-Book tersebut dipublikasikan pada tahun 1744. Di dalam buku tersebut terdapat deskripsi jelas mengenai baseball. Sebuah sejarah yang panjang bukan?

9Sepakbola

forbes.com

Inilah permainan yang paling populer di dunia saat ini. Permainan ini telah dimainkan oleh 250 juta orang dari 150 negara di seluruh dunia. Menurut catatan sejarah, sepakbola pertama kali dimainkan di Inggris pada tahun 1863.

Namun, sebenarnya banyak catatan kuno lainnya yang menunjukkan bahwa permainan ini telah jauh lebih tua dari yang diketahui. Sebuah catatan dari Cina menunjukkan bahwa permainan ini dilakukan saat berkuasa Dinasti Han, sekitar tahun 206 sebelum masehi.

Sumber lain mengatakan permainan ini ada di Eropa sejak tahun 228 masehi. Namun, manapun yang benar, permainan ini tetap menghibur dan menyenangkan bagi semua orang.