Lego, biasanya digunakan sebagai permainan untuk mengembangkan imajinasi. Namun, sekarang lego justru membuat kamu ketagihan belajar matematika.

Nah, bagaimana cara membantu adik-adik atau anak-anak kamu belajar matematika dengan lego?

Sebelum belajar matematika, tentu mereka harus menyukainya dahulu. Dewasa ini, pelajaran matematika masih nampak menakutkan bagi anak-anak. Banyak yang stres karena merasa sulit mengerjakan soal matematika.

Cara satu-satunya adalah membuat matematika menjadi pelajaran yang menarik bagi mereka. Khususnya, anak-anak yang baru saja belajar matematika. Memang harus dimulai sejak dini agar ketika dewasa, mereka tidak lagi melihat matematika itu mengerikan.

Sederhana saja, misalnya kamu ingin mengajarkan berhitung kepada anak-anak. Metode yang lazim dipakai yaitu metode menghafal angka terlebih dahulu, mulai urutan satu sampai dengan sepuluh.

Mendeskripsikan jumlah hitungan tidak harus langsung memakai angka. Kamu bisa menggambarkan hewan, bintang maupun benda-benda lainnya dalam jumlah yang kamu ajarkan kepada mereka. Angka dapat kamu tulis di samping gambar sesuai jumlahnya.

Cara seperti ini tentu lebih menarik dibandingkan kamu hanya menuliskan angka-angka tanpa gambar.

Kalau matematika sudah masuk pada konsep yang lebih rumit, lain lagi ceritanya. Lebih rumit yang dimaksud mencakup matematika perkalian, pembagian, pecahan sampai dengan bilangan berpangkat.

Di sinilah tantangannya karena setiap anak punya gaya masing-masing saat belajar matematika. Itulah sebabnya, terlihat lebih sulit.

Seorang guru yang beruntung karena menjadi kontributor situs pembelajaran scholastic, menemukan cara unik dan asik untuk mempelajari matematika.

Ia menggunakan lego untuk menerapkan konsep pecahan, pembagian, perkalian, dan bilangan berpangkat.

Hasilnya, belajar matematika menjadi lebih menyenangkan. Kamu bisa meniru cara ini.

1Penjumlahan

theasianparent.com

Fungsi lego yang pertama yakni digunakan untuk penjumlahan angka. Kamu tinggal pilih lego sesuai dengan jumlah angka.

Kalau ingin mengajari anak-anak, kamu harus mulai memperkenalkannya pada mereka dengan cara meletakan lego berjumlah 6 di sisi kiri dan lego berjumlah 2 di sisi kanan. Lalu di bagian bawah coba letakan lego berjumlah 8.

Dengan demikian, anak-anak akan tahu bahwa penjumlahan enam dan dua hasilnya sama dengan delapan. Sangat disarankan kamu gunakan warna yang berbeda untuk masing-masing jumlah angka.

Misalnya, lego untuk menggambarkan angka 6 berwarna hijau, sedangkan lego yang menyatakan angka 2 berwarna kuning. Hasilnya, bisa kamu lihat seperti gambar di atas.

Jika anak-anak sudah paham dengan dasar penjumlahan, kamu boleh mengajarkan bentuk matematika yang satu tingkat di atasnya. Contohnya, pecahan, pembagian, perkalian, dan pemfaktoran.

Tapi, kamu harus sabar ya, guys, karena kemampuan tiap anak tidak sama. Ada yang lekas memahami dan ada pula yang lambat.

2Pecahan

theasianparent.com

Angka pecahan seringkali dianggap rumit oleh anak-anak. Mungkin karena hasil penjumlahan pecahan harus selalu menyamakan penyebutnya.

Tapi, untuk anak-anak yang masih pemula, sebaiknya ajarkan dahulu dasar-dasar dari pecahan. Jangan langsung mengajarkan bagaimana menjumlahkan atau mengurangkannya.

Caranya, letakan satu bagian penuh dari lego.

Misalnya, letakan lego berjumlah 8 mata berwarna biru di samping kiri, tulis keterangan angka 1 bagian. Kemudian, letakan lego bermata 4 di sebelah kanannya, tulis lagi berupa pecahan ½ bagian.

Selanjutnya, kamu letakan lego bermata 2 tepat di sampingnya dan tulis angka ¼ bagian. Seterusnya, kamu tulis 1/8 bagian menggunakan lego berjumlah 1 mata.

blic.rs
blic.rs

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan gambar di atas. Setiap butir lego dapat kamu gunakan sebagai sarana menjelaskan pecahan.

3Perkalian dan Bilangan Berpangkat

theasianparent.com

Pernah menganggap bahwa matematika perkalian dan bilangan berpangkat sebagai hantu yang menyeramkan?

Ternyata tidak seseram itu, kok. Justru mengasikan belajar perkalian dan bilangan berpangkat jika menggunakan teknik lego.

Caranya, bentuklah bujur sangkar mulai dari jumlah 4, 9, 16, dan 25. Lalu tuliskan angka perkalian sesuai jumlah mata lego. Usahakan warna masing-masing bujur sangkar berbeda ya agar anak-anak tidak bingung.

Lebih lengkapnya, perhatikan gambar di atas. Antara bujur sangkar yang satu dengan lainnya jumlah dan warnanya berbeda.

Jangan lupa sertakan keterangan perkalian dan bilangan berpangkat. Mulailah dari dua angka yang sama dahulu ketika mengajarkan perkalian pada anak-anak.

4Pemfaktoran

theasianparent.com

Ini mungkin tahap yang cukup sulit bagi anak-anak yang baru belajar matematika. Tapi, jangan khawatir, lego akan membantu mereka memahami matematika dengan cepat.

Misalnya, si anak ingin belajar faktor dari 4. Cara membimbingnya yakni dengan meletakan lego bermata 4 pertama kali. Kemudian, letakan lagi secara berdempetan lego berwarna kuning, tepat di samping lego pertama.

Ajaklah si anak untuk menghitung jumlah mata lego pertama dan tulis angkanya.

Lalu, ajak lagi untuk menghitung mata lego pertama dan kedua. Tulis hasil perhitungannya tepat di sebelah perhitungan pertama namun pisahkan dengan memakai tanda koma.

Begitu seterusnya, hingga kelipatan angka 4 yang lainnya. Kamu bisa mengajarkannya mulai dari angka yang terkecil, misalnya 2, 4, 8, dan 10.

Itulah tadi beberapa cara menerapkan permainan lego untuk belajar matematika.

ratnawahyu.blogspot.com
ratnawahyu.blogspot.com

Setelah belajar, ajaklah anak-anak untuk membereskan kepingan lego berdasarkan warna atau jumlahnya.

Selamat mencoba!

SHARE