Permainan tradisional yang ada di Indonesia ini sangatlah banyak dan tersebar di seluruh Nusantara. Baik yang dimainkan sendiri dengan bergantian maupun secara kelompok. Seiring perkembangan zaman yang mulai maju, permainan itu pun mulai ditinggalkan.

Dunia digital menjadi primadona dikalangan anak-anak saat ini. Orang tua pun kurang memberikan pengertian kepada anak betapa permainan tradisional itu baik bagi perkembangan mereka. Untuk membangun perkembangan motorik maupun sosial si anak.

Bahkan banyak orang tua sekarang yang lebih memilih untuk memfasilitasi anak-anak mereka dengan gadget terbaru dan mahal daripada membelikan anak-anaknya alat main permainan tradisional. Hal semacam ini banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

Lain kota lain pula di pedesaan, karena tidak semua daerah akan meninggalkan permainan-permainan tradisional yang sungguh mengasyikkan ini begitu saja. Pedesaan yang masih kental dengan tradisi memberikan ruang terbuka yang luas bagi anak untuk bermain.

gerakandesacerdas.org
gerakandesacerdas.org

Jika kamu mengunjungi beberapa wilayah di pedesaan, mungkin kamu akan menemukan anak-anak yang masih menikmati masa kecilnya bermain bersama teman seumurannya dengan bahagia.

Untuk anak perempuan khususnya, mereka mempunyai beberapa mainan yang di-identik-an dengan dirinya. Walaupun sebetulnya mainan itu bisa dimainkan juga oleh laki-laki.

Tetapi, karena yang lebih banyak memainkan permainan itu adalah anak perempuan maka permainan-permainan tradisional ini sudah melekat untuk kaum hawa.

Kamu pasti sudah tahu dengan beberapa permainan tradisional yang menjadi primadona ini.

1Lompat Tali

yogyakarta.panduanwisata.id

Permainan ini hanya menggunakan peralatan yang sangat sederhana, yaitu karet gelang yang dirangkai hingga panjangnya mencapai ukuran yang diinginkan. Biasanya panjang dari karet gelang ini mencapai 2-3 meter.

Cara memainkannya pun mudah, dua orang bertugas untuk menjadi pemegang ujung tali, sementara pemain yang lain harus melompati tali secara bergantian. Namun, jika kamu gagal melakukan satu lompatan, kamu harus bertukar posisi dengan si pemegang tali.

www.youtube.com
www.youtube.com

Permainan ini memiliki beberapa tingkatan atau level yang akan semakin sulit untuk kamu lewati. Untuk level pertama, pemegang tali hanya diminta untuk meletakkan tali pada batas lutut mereka. Lanjut ke level kedua tali dinaikkan sebatas pinggang.

Pada level pertama dan kedua, pelompat dilarang untuk menyentuh karet gelang sedikit pun, jika mereka mengenai karet gelang, maka dia harus bertukar posisi menjadi pemegang tali.

Level ketiga akan lebih sulit lagi, karena tali dinaikkan di dada pemegang tali. Level keempat posisi tali naik menjadi sebatas telinga. Level lima, tali diletakkan hingga sebatas kepala. Lalu pada level 6, tali diletakkan satu jengkal di atas kepala.

Untuk level 7, tali berada dua jengkal di atas kepala pemegang tali. Dan level terakhir yakni level 8, biasa disebut dengan “merdeka”, karena pemegang tali akan menggenggam tali dan mengangkat tangannya seperti saat pejuang dahulu meneriakkan kata “merdeka”.

2Congklak

sdmuhammadiyah2-gresik.sch.id

Congklak memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah, ada yang menyebutnya dakon maupun dentum lamban. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua orang secara bergantian yang duduk saling berhadapan satu sama lain.

Permainan yang menggunakan papan congklak ini banyak diminati oleh para wanita, karena cara memainkannya yang mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan papan congklak dan biji congklak saja.

cekpremi.com
cekpremi.com

Papan congklak yang digunakan memiliki 7 lubang kecil disetiap sisi yang diisi dengan 7 buah biji congklak dan 2 lubang besar di sisi kanan tiap pemain sebagai lubang milik pemain yang dibiarkan kosong terlebih dahulu.

Cara bermain congklak sangat sederhana. Salah seorang yang mulai permainan mengambil biji congklak di salah satu lubang kecil miliknya, kemudian meletakkan satu biji ke lubang di sebelah kanannya dan terus begitu.

Ketika biji congklak berhenti di lubang kecil yang masih berisi biji lainnya, maka ia dapat mengambil biji congklak tersebut dan memulai mengisi lubang-lubang berikutnya.

Namun ketika ia meletakkan biji congklak ke dalam lubang kecilnya yang kosong, ia boleh mengambil seluruh biji yang ada pada lubang kecil milik lawannya yang berhadapan. Tetapi, jika bijinya berhenti di lubang besar miliknya, ia tidak mendapatkan apa-apa.

Ketika pemain pertama telah terhenti, maka permainan berganti ke pemain kedua dan memainkan permainan dengan cara yang sama. Permainan ini akan dianggap selesai jika sudah tidak ada lagi biji congklak yang terdapat di lubang kecil kedua pemain.

3Bekel

kolongtangga.blogspot.com

Permainan tradisional yang satu ini sangat identik dimainkan oleh anak perempuan. Kamu dapat memainkannya sendiri atau beramai-ramai dengan temanmu.

Untuk bermain bekel ini kamu perlu menyiapkan bola yang terbuat dari karet serta beberapa biji bekel. Biasanya penggunaan biji bekel untuk bermain bekel ini sebanyak empat buah atau lebih berbahan kuningan maupun logam.

id.priceaz.com
id.priceaz.com

Permainan ini terdiri dari beberapa babak dengan kesulitan meningkat disetiap babaknya. Ada tiga babak yang harus kamu lewati sehingga akan membuatmu menjadi pemenangnya.

Selamat mencoba.