Siapa yang tak kenal olahraga yang satu ini? Permainan paling populer seantero dunia. Hampir semua pemberitaan olahraga didominasi oleh sepak bola.

Apalagi jika bintang-bintang dunia mulai beraksi di atas lapangan. Bisa dipastikan jutaan pasang mata tersihir menyaksikan aksi-aksi bintang lapangan hijau.

Olahraga ini bukan hanya olahraga adu fisik dan asal tendang saja, olahraga ini juga yang memerlukan kecerdasan dan strategi yang jitu untuk memenangkan pertandingan.

Masing-masing tim punya budaya dan karakteristik yang berbeda, setiap pelatih sepak bola juga punya ide-ide dan taktik brilian. Gabungan keduanya yang mengkristal menjadi gaya permainan yang khas di banyak tim.

Kebanyakan gaya permainan yang menonjol adalah pada tim nasional. Itu karena satu sama lain pemainnya berasal dari budaya yang sama, sehingga mudah untuk membangun filosofi dan gaya permainan yang khas.

Ada beberapa gaya permainan yang legendaris setelah berhasil membuat tim yang memakainya meraih juara.

Itu tidak termasuk gaya permainan yang populer akhir-akhir ini seperti tiki taka Spanyol dan gegenpressing Jerman. Belum termasuk dalam kategori legendaris karena baru dipakai dalam satu dekade ini saja.

Mau tahu apa saja gaya permainan sepak bola yang legendaris itu? Ini dia ulasannya.

1Jogo Bonito

theanfieldwrap.com

Dalam bahasa Portugis, kata jogo bonito berarti permainan indah. Gaya permainan ini identik dengan gaya permainan tim nasional Brazil.

Jogo bonito adalah gaya permainan sepakbola indah yang memadukan unsur skill individu dan kerja sama para pemain.

Skill Individu di sini haruslah di atas rata-rata pemain sepakbola, yakni memiliki kelincahan, teknik menipu dan melewati lawan, juga umpan dan tembakan yang akurat.

Maka tidak jarang kita akan melihat tubuh para pemain seperti menari-nari di lapangan. Sebab itu tim Brazil sering disebut juga tim samba karena pemainnya yang menari-nari layaknya tarian samba.

Seorang sosiolog Brasil, Gilberto Freyre, dalam bukunya yang terbit tahun 1959 menyebutkan,

“Sudah menjadi kebiasaan orang Brasil memainkan tarian untuk mengurangi beban pikiran dalam pekerjaan atau kehidupan keseharian. Itu sebabnya, orang  Brasil bermain bola seolah-olah itu tarian”.

Jogo Bonito mulai populer pada tahun 1958, yakni saat Pele dkk. berhasil membawa Brazil menjadi juara Piala Dunia. Sampai saat ini Brazil telah mengoleksi 5 Piala Dunia. Perolehan terbanyak di antara negara lain.

2Catenaccio

sportyou.es

Gaya permainan ini sering diremehkan dan dianggap sebagai permainan sepak bola negatif. Apapun komentar orang, yang pasti berkat gaya catenaccio tim-tim Italia telah sukses meraih berbagai gelar juara.

Secara bahasa catenaccio adalah bahasa italia dari kata gerendel atau pintu baut. Catenaccio merupakan gaya permainan yang mengandalkan pressure (tekanan) ketat di daerah pertahanan sendiri.

Ketika musuh lengah dan bola bisa direbut dilancarkan serangan balik (counter attack) yang cepat ke jantung pertahanan lawan. Ciri khas dari permainan ini adalah adanya man to man marking (penjagaan satu lawan satu).

irfandazis.wordpress.com
irfandazis.wordpress.com

Gaya permainan adalah hasil dari pemikiran dua orang pelatih asal Italia dan Argentina, yakni Nereo Rocco dan Franco Helenio Herrera. Catenaccio sendiri mulai populer sekitar akhir 1960-an saat Inter sukses merajai Eropa.

Dari Inter Milan lalu catenaccio kini lebih identik dengan gaya permainan Italia. Terakhir, Italia sukses meraih Piala Dunia 2006 dengan menggunakan gaya ini. Total sudah 4 gelar Piala Dunia yang digondol Italia.

3Tango

jurnalasia.com

Ini adalah gaya permainan yang dimiliki timnas Argentina. Gaya permainan ini mirip dengan jogo bonito yang dimiliki Brazil, yakni memadukan skill individu pemain dengan kerjasama tim.

Yang membedakan kalau pemain Brazil lebih menekankan pada teknik ‘menari’, menipu, dan melewati lawan, sedangkan pemain Argentina bertumpu pada kegesitan dan kecepatan langkah pemain.

Maka tak ayal jika lahir pemain bintang Argentina yang super gesit seperti Maradona, Lionel Messi, dan Aguerro.

Dengan gaya bermain tango timnas Argentina berhasil meraih 2 gelar juara dunia. Nyaris tahun 2014 lalu Messi dkk. meraih gelar sebelum ditundukkan Jerman di final.

4Total Football

enlawded.com

Selain jogo bonito, gaya permainan total football lah yang paling dianggap menghibur dan memuaskan penonton. Gaya permainan yang atraktif yang membutuhkan stamina berlipat.

Pasalnya permainan mengharuskan semua pemain untuk bertahan keseluruhan dan menyerang juga keseluruhan. Jadi dituntut ketahanan fisik yang kuat jika ingin menerapkan strategi ini.

Gaya total football sendiri identik dengan timnas Belanda. Walaupun dianggap taktik ampuh, namun sampai sekarang belum ada Piala Dunia yang diraih Belanda. Paling banter hanya juara Eropa dan dua kali runner-up Piala Dunia.

5Kick and Rush

usatoday.com

Ini adalah gaya permainan khas tim-tim Inggris tempo dulu. Kick and rush yang berarti tendang dan serbu. Kick and rush merupakan sebuah gaya permainan sederhana yang memadukan unsur kekuatan dan kecepatan.

Gaya permainan ini murni hanya berpatokan pada 2 hal, yakni kecepatan dan fisik. Sehingga lebih banyak mengandalkan gempuran dari di sektor sayap dan crossing-crossing mematikan.

Gaya kick and rush menjadi populer di tahun 1966, saat Inggris berhasil menjadi juara dunia dengan menggunakan gaya ini. Dari timnas selanjutnya gaya ini juga dilestarikan oleh klub-klub Inggris.

Namun, sekarang lebih banyak klub Inggris yang meninggalkan gaya permainan ini karena permainan sepak bola sekarang yang semakin kompleks. Juga karena banyak pemain dan pelatih Asing yang membawa gaya permainan baru.

SHARE