Permainan yang ditawarkan dunia saat ini sudah jauh berbeda dengan permainan beberapa tahun silam. Jika zaman sudah modern maka segala hal menjadi modern pula. Termasuk permainan.

Dulu anak-anak akan lebih sering pergi ke lapangan atau ke halaman tetangga untuk bermain, sekarang anak hanya duduk di sofa sembari menatap gadget atau PS untuk bermain.

Bagi kamu yang pernah merasakan ragam permainan ditahun 90-an tentu akan sangat merindukan dengan permainan-permainan tersebut.

Mengobati rasa rindumu, berikut adalah beberapa ulasan tentang permainan zaman dulu yang sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang.

1Petak Umpet

yogyakarta.panduanwisata.id

Petak umpet adalah jenis permainan mencari. Dimana salah satu dari temanmu harus berjaga mencari kamu dan beberapa teman lainnya yang sedang bersembunyi.

Permainan ini mirip dengan film-film yang bercerita mengejar buronan. Main petak umpet juga tidak dibutuhkan biaya mahal lho.

2Kelereng

www.kaskus.co.id

Ada yang pernah tidak sengaja menelan kelereng? Waduh, kenangan manis ya guys. Hihi.

Masih adakah wujud kelereng di dunia ini? Ingat kan, dulu kamu akan berkumpul di halaman rumah teman yang luas dan asyik bermain kelereng.

Banyak jenis permainan yang bisa dimainkan dengan kelereng. Nah kan, hanya menggunakan kelereng saja kamu sudah bisa mencoba beberapa permainan yang tidak kalah asyiknya dengan gadget.

3Lompat Tali

msdailylife.wordpress.com

Ini bisa disebut juga dengan olah raga, karena menuntut gerak fisik yang lumayan banyak. Uniknya alat yang digunakan untuk bermain lompat tali adalah karet yang dirangkai atau di anyam dengan simpul khusus sehingga menjadi sebuah tali.

Ini juga membuat permainan lebih aman karena tali yang digunakan memiliki tekstur lembut dan mudah lentur. Bayangkan saja kalau lompat tali menggunakan tali tambang, kan sakit. Hehe.

4Congklak

sekolahalamsipatrick.sch.id

Biasanya anak perempuan yang lebih sering memainkan permainan congklak. Tapi tidak jarang juga kok anak laki-laki bermain congklak. Permainan yang dimainkan oleh dua orang ini menuntut konsentrasi dan tidak mengeluarkan banyak gerak fisik.

Hanya bermodal papan congklak dan 98 biji congklak kamu bisa memulai permainan ini.

5Ular Naga

www.fotoblur.com

Aha! Ular naga termasuk ke permainan paling seru dan asyik lho. Bener kan? Kamu akan berbaris bersama temanmu dan saling memegang bahu teman depanmu. Lalu ada dua orang yang akan membetuk terowongan dan kalian harus melewati terowongan tangan kedua teman kalian tersebut.

Siapa yang tertangkap akan menjadi tawanan.

Kamu sudah lupa dengan permainan ini? Cobalah ajak teman-temanmu bernostalgia memainkannya lagi di suatu hari.