Planet Mars merupakan salah satu planet di sistem tata surya yang sampai saat ini masih diselidiki terkait dengan ada tidaknya tanda-tanda kehidupan di sana. Planet ini sering dijuluki sebagai planet merah, karena tampak berwarna merah dari kejauhan.

Warna merah pada planet Mars ini disebabkan karena tingginya kandungan besi oksida di permukaan Planet Mars. Perlu kita ketahui bahwa Mars adalah planet yang terdiri dari bebatuan dan memiliki atmosfer yang tipis.

Selain itu, permukaan Mars terdiri dari kawah, gunung berapi, lembah gurun dan tudung es. Mungkin kita bisa membayangkan bagaimana permukaan Mars ini dengan melihat sebuah tempat di California Timur.

Kenapa kita bisa melihat permukaan Mars di California timur? Ini di karenakan ada orang yang pernah berkunjung ke sana dan dia bilang tempat di sana itu mirip sekali dengan permukaan Mars yang pernah ia lihat. Dan hal ini pernah diberitakan di boredpanda.com.

Untuk mengetahui bagaimana permukaan Mars yang dimaksud. Langsung kita lihat saja foto-fotonya yuk!

1Foto Pertama

boredpanda.com

Inilah gambaran tempat yang diberitakan tadi. Tempat ini serupa dengan danau-danau yang mengapung batu-batu es di atasnya. Suasana seperti ini mirip dengan permukaan Mars yang pada dasarnya juga bersuhu sangat dingin dan terdiri dari banyak batuan.

Berarti Mars sebenarnya terlihat indah juga ya, kalau benar mirip dengan tempat di bumi ini. Kalaupun memang benar demikian tapi sayang, kita tidak bisa tinggal di Mars, soalnya di Mars cukup tinggi kandungan karbondioksida di udaranya.

2Foto Kedua

boredpanda.com

Foto ini sebenarnya pemandangan yang sama dengan foto yang pertama, namun diambil dari jarak yang lebih dekat. Sehingga kita bisa melihat jelas birunya air dengan batu-batu yang menyembul serupa kristal di permukaan air.

Kalau melihat seperti ini, maka kita terbawa pada imajinasi kita mengenai hamparan luas tanpa kehidupan yang terdapat di Planet Mars. Walaupun faktanya di Mars belum ada penemuan tentang sumber air.

3Foto Ketiga

boredpanda.com

Di foto yang ketiga, kita bisa melihat batuan putih yang muncul di permukaan air lebih dekat.

Ternyata, saat dilihat dari dekat, kita baru tahu bahwa itu bukan batuan es, tapi lebih menyerupai batuan glacial yang terbentuk karena proses pengendapan selama bertahun-tahun lamanya.

Dengan banyaknya batuan-batuan glacial inilah yang menyebabkan tempat ini dianggap serupa dengan permukaan planet mars, yang terkenal juga dengan planet bebatuan.

4Foto Keempat

boredpanda.com

Di foto keempat, kita pun bisa lihat bahwa ukuran batuan yang muncul di permukaan air berbeda-beda. Jika tadi kita melihat batu-batunya berukuran lebih besar, namun di tempat ini batuannya lebih kecil-kecil ukurannya.

Selain itu, jika diperhatikan lagi, kok tempat ini seperti pinggiran pantai yang berpasir ya! Yang di sekitarnya terdapat batu-batu karang. cuma bedanya di sini beda batuannya saja.  Apakah kamu penasaran sebenarnya ini tempat apa?

Jelas-jelas tempat ini terletak di California Timur yang merupakan salah satu kota di Bumi, bukan di Mars. Tapi tempat penuh air dan berbatu ini sebenarnya apa ya! Mungkin cukup sudah kita berimajinasi bahwa tempat ini mirip dengan Mars.

5Foto Kelima

boredpanda.com

Inilah gambar seutuhnya dari tempat yang kita bicarakan dari awal. ternyata ini adalah sebuah pantai dengan batuan-batuan glacial yang mucul di pinggiran pantai hingga ke arah lautan. Sudah terjawab kan pertanyaan terkait tempat apa ini?