Rokok merupakan salah satu bahan yang di konsumsi oleh masyarakat, benda ini tidak hanya populer sejak jaman dahulu, tapi juga sampai sekarang. Rokok itupun sangat beragam jenis dan rasanya.

Di indonesia rokok sudah menjadi barang umum bagi masyarakat, hal ini terbukti sudah banyak sekali pabrik rokok yang berdiri di Indonesia.

Tapi di Indonesia  sebenarnya, rokok  terus menjadi perdebatan hukum boleh tidaknya, sampai kemarin pada tahun 2009, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram merokok di ruang publik.

Hal itu tentu memunculkan protes dan perdebatan yang keras, padahal kalau di telaah, diteliti dan dikaji rokok ternyata lebih banyak merugikan dan membahayakan, berikut fakta tentang bahaya rokok, beserta dalil dan hukuman menurut agama islam.

1Para Pengguna Rokok

ferdiasbookelmann.wordpress.com

Rokok sudah banyak dikonsumi sebagian besar para pria, tapi bukan berarti para wanita tidak ada, wanita juga banyak yang mengkonsumsi barang tersebut. Rata-rata wanita di daerah perkotaan yang mengkonsumsi.

Parahnya di jaman sekarang rokok sudah merambah bagi anak sekolah, banyak anak SLTP dan SMA sekarang sudah ahli dalam menghisap, mereka bangga, seakan dewasa, padahal uang yang dibelikan itu merupakan uang buat sekolah.

2Kandungan Rokok

gudangkesehatan.com

Asap rokok mengandung ribuan zat kimia berbahaya diantaranya tar, nikotin, karbon monoksida (CO) dan masih banyak lain. Selain zat berbahaya tersebut, kini juga sudah terindikasi sekitar 7000 zat kimia lain yang ada dalam asap rokok.

Mulai dari darah babi, cairan pembuat besi dan lain sebagainya, semua terindikasi didalam sebuah satu batang rokok. Hampir semua bahan tersebut merupakan racun, tidak ada yang berguna bagi tubuh.

3Akibat Buat Perokok Aktif dan Pasif

adipala.com

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa rokok tidak hanya berakibat bagi perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Rata-rata perokok pasif adalah istri dan anak, sedangkan perokok aktifnya adalah suami atau para pria. Rokok juga merugikan orang disekitarnya.

Dampaknya sangat banyak sekali, Dinas kesehatan sudah menggolongkan sekitar 70 komponen asap sebagai kemungkinan penyebab penyakit yang terkait dengan merokok, seperti kanker paru, penyakit jantung, emfisema, keguguran, impotensi dan sebagainya.

4Dalil Umum

fairuzaid.wordpress.com

Ada beberapa dalil baik dari Alquran dan hadist yang menjelaskan tentang ini, walaupun rokok tidak disebutkan secara langsung, tapi rokok termasuk bagian didalamnya.

“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. – (QS. Al Baqarah: 195).

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu“. – (QS. An Nisaa: 29).

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang sengaja menjatuhkan dirinya dari gunung hingga mati, maka dia di neraka Jahannam dalam keadaan menjatuhkan diri di (gunung dalam) neraka itu, kekal selama lamanya.

Barangsiapa yang sengaja menghirup/menenggak racun hingga mati maka racun itu tetap ditangannya dan dia menghirupnya/menenggaknya di dalam neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya.

Dan barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu akan ada ditangannya dan dia tusukkan ke perutnya di neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya”. – (HR Bukhari no. 5778 dan Muslim no. 109).

“Siapa yang membunuh dirinya dengan cara tertentu di dunia maka dia akan disiksa ada hari kiamat dengan cara yang sama.” – (HR. Ahmad 16041 dan Muslim 164)

5Hukuman Perokok

cucunmegayanti.blogspot.co.id/

Sudah jelas diatas di alquran dan hadis disebutkan bahwa rokok termasuk perbuatan menyiksa diri. Mereka akan diancam masuk neraka dan diberi siksaan menghirup racun (rokok) tersebut secara terus-menerus di neraka jahanam.

Karena merokok tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga membuat orang lain rugi serta membahayakan kesehatan. Dengan begitu tentunya berbeda dampak rokok didunia dan dampak rokok diakhirat, diakhirat pasti berlipat-lipat menyakitkan.

Semoga bermanfaat ya

SHARE