flickr.com

Inilah 6 Perpustakaan Paling Unik dan Aneh di Dunia

Posted on

Orang-orang mengenal perpustakaan sebagai sebuah tempat yang sangat resmi, gedung besar yang terlihat eksklusif, dan hanya berada di lingkungan pendidikan.

Jangan salah. Beberapa kawasan di dunia ini bahkan rela membangun perpustakaan yang unik dan lepas dari pakem perpustakaan harus di instansi pendidikan.

Dengan berani mereka bahkan membangun perpustakaan di pantai, di mana mayoritas orang-orang berjemur di bawah sinar matahari. Ada juga yang mendirikan perpustakaan di taman, dll.

Penasaran? Langsung saja kita jelajahi seperti apa perpustakaan unik tersebut.

Kotak Telepon Umum

ginseladipura.com
ginseladipura.com

Saat jaringan telekomunikasi British Telecom ingin menggusur box telepon umum mereka yang sangat ikonik itu, para penduduk di bagian selatan Inggris, yakni desa kecil bernama Westbury-sub-Mendip langsung beraksi.

Rupanya mereka tidak ingin kehilangan kotak berwarna merah yang sangat khas itu. Maka, untuk melancarkan aksinya, para penduduk membangun sebuah perpustakaan terkecil yang seluruh buku dan majalahnya disediakan oleh para sukarelawan.

Di manakah letak perpustakaan tersebut? Yap. Perpustakaan terkecil itu berada di dalam kotak telepon umum. Perpustakaan Westbury-sub-Mendip buka 24 jam. Tenang, ada sebuah lampu kecil di dalamnya sehingga siapapun bisa tetap membaca ketika malam hari.

Ada sekitar 100 buku, beberapa keping CD dan DVD yang membuat perpustakaan kecil ini terbilang cukup lengkap.

Tank Penuh Buku

modifikasi.com
modifikasi.com

Seorang seniman, sekaligus aktivis bernama Raul Lemesoff, membangun sebuah karya seni bernama Arma De Instruccion Masiva atau Senjata Pengatur Massa.

Apakah namanya terdengar mengerikan? Kalau ya, berarti namanya tidak sesuai dengan penampakannya. Tahukah kamu seperti apa bentuk senjata itu? Rupanya sebuah tank yang berisi penuh dengan buku.

Ada sekitar 900 buku yang ditata sedemikian rupa oleh Raul sehingga menutupi hampir seluruh bodi tank. Seluruh buku itu didapatkan Raul dari sumbangan sukarela.

Alasan Raul membuat karya seni ini adalah dia ingin memberikan kedamaian lewat sebuah bacaan.

Bentuknya Sangat Mini

pinterest.com
pinterest.com

Booth berwarna kuning ini mulai dipasang di kawasan Nolita, New York pada tahun 2013. Sebagai booth buku, unit rak ini memang tertutup dan berukuran setinggi dada orang dewasa sehingga tidak perlu takut terkena air.

Jika kamu ingin melihat buku yang ada di dalam unit rak kecil ini, kamu harus masuk dan melihatnya, seperti melewati sebuah pipa.

Perpustakaan futuristik ini didesain oleh sebuah firma desain Venezuela, Stereotank yang mengikuti festival membangun perpustakaan gratis dalam bentuk mini di pusat kota Manhattan.

Berada di Luar Ruangan

wineandbowties.com
wineandbowties.com

Jika biasanya perpustakaan terletak di dalam gedung yang megah dan besar, maka ketika kamu berkunjung ke Ghent, Belgia, kamu akan menemukan sebuah perpustakaan yang terletak di luar gedung, yaitu di taman.

Rak-rak bukunya benar-benar berada di tengah taman luas. Pengunjung yang ingin melihat-lihat buku, meminjam, dan membacanya, bisa berkeliling dari satu rak ke rak lain.

flickr.com
flickr.com

Perpustakaan bernama Bookyard ini adalah karya dari seorang seniman Italia, bernama Massimo Bartolini yang dibuat pada tahun 2012.

Bartolini mendesain sekaligus membangun dua belas rak berukuran besar dan panjang di kebun St Peter’s Abbey. Uniknya, kamu bisa memilih-milih buku sembari melihat pemandangan yang serba hijau.

Perpustakaan Bisa Jalan

hotmagz.com
hotmagz.com

Bagaimana jadinya jika orang-orang di kawasan pedesaan dan perbukitan ingin membaca buku ke perpustakaan? Tentu saja tak mudah dan bahkan tidak bisa.

Kebanyakan memang perpustakaan dibangun di lokasi-lokasi padat penduduk dan lebih di area perkotaan. Namun rupanya Universitas Valle del Momboy ingin mengubah pemikiran itu.

Pada tahun 2009, kampus tersebut mencoba menerapkan konsep perpustakaan unik yang tak biasa. Di mana perpustakaan bergerak itu sengaja diterapkan di kawasan pegunungan Trujillo.

Yap, perpustakaannya bergark karena buku-buku dipasang di etalase plastik yang diletakkan di punggung seekor kuda atau bagal, hewan yang merupakan keturunan silang kuda betina dan keledai jantan yang mandul.

Perpustakaan di Pantai

telegraph.co.uk
telegraph.co.uk

Herman membangun sebuah perpustakaan di luar ruangan, yaitu di pantai pasir Black Sea di Bulgaria yang menjadi bagian dari resort Albena.

Rak-rak buku sengaja dibangun di dekat hamparan pasir pantai dan memiliki koleksi lebih dari 2.500 buku dalam 10 bahasa berbeda.

Untuk meminjam buku di perpustakaan ini pun gratis. Kalau kamu ingin membaca buku sambil berjemur, tinggal mengambil dan menggembalikannya sendiri.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *