Siapa yang tidak bahagia dikaruniai anak yang lucu dan menggemaskan? Namun, untuk sampai mencapai kebahagiaan itu, bukanlah sesuatu yang ringan.

Sang bunda butuh perjuangan untuk mengatasi segala kesulitan mulai dari kehamilan awal, sampai dengan proses persalinan. Karena itu dalam agama, Tuhan memberikan kedudukan mulia kepada bunda yang menjalani persalinan.

Semua bunda yang pernah melahirkan tentu sepakat, persalinan adalah puncak dari kesulitan itu. Tetapi, beberapa menit kemudian, kesulitan itu berubah menjadi kebahagiaan tak terkira setelah melihat langsung buah hati lahir di dunia.

Walaupun bahagia dengan kelahiran sang bayi, biasanya proses persalinan meninggalkan trauma tersendiri bagi bunda. Penelitian menunjukkan, 2 dari 3 ibu mengalami trauma pasca melahirkan.

Malahan 2-9 % dari wanita melahirkan didiagnosa mengalami stres akibat melahirkan. Memang benar bahwa rasa sakit pasti ada. Tapi ketika mental dan fisik bunda bisa mengontrol rasa sakit itu, tentu trauma itu tidak akan terjadi.

Pada dasarnya Tuhan telah mendesain tubuh wanita sedemikian rupa hingga bisa melahirkan bayi dengan mudah. Untuk itu, penting bagi bunda untuk melakukan beberapa langkah persiapan melahirkan, yang nantinya bisa memberi efek positif saat persalinan.

Apa saja yang perlu bunda persiapkan untuk mengubah kesan mengerikan dan menyakitkan dalam persalinan? Berikut persiapan yang bisa bunda lakukan.

1Mempersiapkan Fisik dan Mental Sebaik-baiknya

putrikayogawati.wordpress.com

Rasa sakit yang berlebihan itu bisa datang dari dua hal, kondisi fisik yang tidak baik, atau karena mental yang terlalu labil. Jadi yang pertama sangat penting untuk bunda jaga, tentunya adalah kondisi fisiknya.

Perhatikan makanan dan minuman bunda, aktivitas yang menyesuaikan. Jadwal kontrol kehamilan juga penting untuk mengetahui kesehatan bunda dan janin.

youtube.com
youtube.com

Pelajari berbagai trik-trik dan ketrampilan baru yang bisa mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Entah melalui kelas pra-natal khusus, atau dari berbagai sumber bacaan.

Tujuannya agar mental bunda terangkat, dan diharapkan bunda akan memiliki pandangan baru tentang betapa hebatnya tubuh bunda bisa mengatasi persalinan.

Seperti bayangan bunda tentang pelvis yang kecil dibanding besar bayi, pasti anggapannya akan sakit saat melahirkan. Perasaan seperti ini yang harus bunda singkirkan.

Pahami bahwa secara alami besar bayi akan menyesuaikan dengan ukuran tubuh sang ibu. Jadi jangan takut dan khawatir ya, bunda.

2Personal dan Tempat Persalinan

drp-clinic.com

Personal dan tempat persalinan bisa mempengaruhi dua hal, yang pertama soal profesonalitas penanganan medis yang menjamin keselamatan saat persalinan. Yang kedua psikologi bunda saat menjelang persalinan.

Pastikan bunda memilih dokter atau bidan yang terpercaya, dan tempat persalinan yang juga terpercaya. Bila bunda sudah punya pengalaman melahirkan, pasti bunda bisa menimbang apakah sudah memuaskan atau belum.

Jika tidak, carilah rekomendasi lain melalui banyak saluran, seperti informasi dari teman, komentar para pasien di situs internet, atau tanyakan langsung dengan pihak rumah sakit dan rumah bersalin tentang profil sang dokter.

Setelah bunda mendapatkan personal dan tempat persalinan yang tepat, sudah barang tentu perasaan bunda akan tenang. Dan efek psikologisnya saat persalinan, rasa sakit itu tidak akan terlalu terasa.

3Pendamping yang Memahami dan Menyayangi Bunda

pondokibu.com

Kekuatan besar yang bunda dapatkan saat melahirkan adalah orang tersayang yang mendampingi bunda. Tentu saja prioritas paling utama adalah calon ayah dari bayi yang bunda kandung.

Namun, jika keadaannya tidak memungkinkan, orang tua bunda adalah orang yang tepat yang bisa memahami dan menguatkan perjuangan bunda.

Ada juga jasa pendamping persalinan yang disebut doula. Di luar negeri para doula cukup banyak digunakan. Namun di Indonesia bunda akan sulit mencari jasa orang yang paham tentang proses persalinan ini.

4Terus Menerus Meyakinkan Pikiran

ummi-online.com

Jika trauma atau persepsi persalinan yang menyakitkan sudah kadung tertanam dalam benak bunda, tidak ada jalan lain selain berusaha meyakinkan pikiran bunda ke arah positif.

Semisal, bunda selalu membayangkan proses persalinan dalam taman bunga yang indah, atau suara alam yang siap menyambut kehadiran si kecil.

Bunda juga bisa menegaskan dengan kata-kata, semisal saat bunda mengalami kontraksi, lalu bunda tegaskanlah bahwa “aku kuat” atau “aku pasti bisa”.

5Belajar dari Banyak Pengalaman

puskesmassungkai.wordpress.com

Terakhir, yang bunda bisa lakukan adalah belajar kepada para bunda lain yang punya pengalaman persalinan yang positif. Mungkin dari teman, saudara, mereka yang lancar dan bahkan bahagia dalam menjalani persalinan.

Tentu saja itu akan mempengaruhi persiapan bunda dalam mempersiapkan kelahiran dengan pandangan yang benar. Apalagi jika bunda mendengar langsung atau membaca pengalaman dari wanita yang seringkali melahirkan.

Lihatlah para orang tua kita dulu, yang tak risau dan tak mengalami masalah berarti saat melahirkan lebih dari lima anak. Padahal peralatan medis kala itu belum secanggih di zaman ini, menunjukkan bahwa pikiran positif lebih penting dari yang lain.