Hari tua merupakan dimana saat kita akan kehilangan banyak sekali aktifitas. Kemampuan tubuh yang berbeda, kekuatan dan ketahanan yang tidak sama dengan waktu di masa muda. Masa ini kita punya waktu dan materi tapi kita tidak punya tenaga.

Masa tua seharusnya menjadi masa yang indah bagi siapapun. Sejak dari muda kerja keras, membangun rumah dan keluarga, tentu masa tua harus menikmati hasilnya dan banyak mempersiapkan diri untuk kehidupan selanjutnya.

Masa tua memang seharusnya pensiun dalam bekerja, tapi manusia tetaplah manusia, ia akan tetap punya kebutuhan untuk kehidupan. Hal ini tetap membutuhkan penghasilan minimal untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Tidak mungkin juga terus minta kepada anak.

Maka sebelum tua kita harus jauh-jauh mempersiapkannya agar tidak keteteran dalam kebutuhan. Di bawah ini ada beberapa contoh persiapan untuk menghadapi masa tua yang bisa kamu lakukan.

1Menabung

bprdbl.co.id

Menabung merupakan salah satu usaha yang terbaik untuk persiapan masa tua, dimana dengan menabung kebutuhan bisa terpenuhi . Menabung juga bisa membuat kondisi keuangan stabil, kita tidak perlu bingung jika ada pengeluaran mendadak.

Yang perlu wajib kita cermati adalah bagaimana keadaan rupiah di jaman sekarang ini. Uang dengan jumlah 25 ribu belum tentu 20 tahun ke depan tetap bisa membeli barang yang sekarang harganya 25 ribu.

Pasti akan ada perubahan harga dalam rentang waktu yang lama, maka dari itu menabung merupakan antisipasi paling idela untuk kebutuhan di masa tua. Jika kamu belum menabung, kalau bisa mulailah dari sekarang juga.

2Merintis Usaha

ciricara.com

Jika kamu masih menjadi karyawan di suatu perusahaan maka kamu harus punya cita-cita untuk punya usaha sendiri. Karena seorang karyawan ada batasan umurnya, tapi usaha sendiri tidak ada batasan.

Jika perusahaan sudah tidak lagi membutuhkan kamu dan kamu punya usaha maka tidak perlu khawatir akan finansial.

Mulailah dari sekarang untuk merintis usaha, usaha apa saja tidak masalah yang penting baik dan bisa terus jalan.

Seandainya mulai dari modal kecil juga tidak masalah, lama-lama seiring berjalan waktu juga akan menjadi besar atau paling tidak mencukupi kebutuhan kamu.

3Investasi Atau Tanam Modal

bisniskeuangan.kompas.com

Menanam modal juga merupakan salah satu usaha agar keseimbangan dan kebutuhan di hari tua kamu tetap stabil. Kamu bisa menanam modal di sebuah koperasi yang terpercaya atau juga bisnis dengan teman yang bisa dipercaya.

Menanam modal tidak perlu dengan jumlah uang yang banyak, perkirakan saja hasilnya cukup minimal untuk kebutuhan makan.

Dengan menanam modal kamu juga tidak perlu khawatir jika usaha sedang lambat atau tabungan mulai berkurang. Paling tidak masih ada alternatif pemasukan untuk memenuhi kebutuhan.

4Membeli Barang Untuk Dijual Lagi

ptoetamakiranaenam.com

Salah satu contoh dalam membeli barang untuk dijual lagi dengan prospek yang bagus adalah membeli tanah. Kenapa tanah? tanah merupakan aset yang dari jaman dahulu sampai sekarang harganya tidak pernah turun dan naik terus.

Harga tanah tidak pernah ada penurunan dalam sejarah harga, karena semakin lama semakin padat penduduk, semakin banyak kebutuhan tanah untuk didirikan bangunan. Terbukti banyak sekali sekarang rumah KPR.

Usahakan mulai dari sekerang menyisakan uang untuk membeli tanah, setelah 20 tahun ke depan harganya pasti akan fantastis dan kamu bisa menikmati hasilnya.

5Menanam Pohon Kayu

lintasnusabunga.com

Menanam pohon kayu yang ada nilai ekonomisnya juga bisa dikatakan menabung yang terus tumbuh. Kamu harus tahu bahwa kebutuhan kayu di jaman sekarang ini terus meningkat, harganya juga terus meningkat. Kayu belum pernah harganya turun.

Jika kamu punya tanah yang kosong mulailah dari sekarang untuk menanam pohon kayu, kamu bisa tanam pohon jati, pohon sengon atau yang lain. Tidak sampai 20 tahun ke depan kamu bisa memanen dan menikmati hasilnya untuk kebutuhan masa tuamu.

Semoga bermanfaat ya guys.

SHARE