Kamu hendak mendaku gunung untuk pertama kali? Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya dengan baik, matang, dan tidak terburu-buru (mepet deadline keberangkatan). Mendaki gunung butuh fisik yang kuat krena medannya yang menantang.

Agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan, proses pendakian berjalan dengan lancar, kamu harus matang perencanaan. Kalau perlu tulis apa saja yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan selama perjalanan menuju puncak gunung dan kembali ke bawah.

1Perencanaan Pendakian

pinterest.com

Lakukan perencanaan pendakian dengan matang. Mulai dari pemilihan lokasi, rute pendakian, kondisi cuaca, jumlah pendaki, jangka waktu.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut akan mempengaruhi jumlah perbekalan dan peralatan apa saja yang harus disiapkan. Jangan lupa untuk mendapatkan izin resmi terlebih dahulu dari orang tua dan bagian pengelola pendakian gunung.

2Mempersiapkan Fisik dan Mental

lighthouse-indonesia.com

Persiapkan fisik dengan baik melalui olah raga rutin. Apabila memungkinkan, persiapan khusus mendaki ini dilakukan sebulan sebelum pendakian.

Persiapan ini dilakukan sebagai latihan agar tubuh terbiasa dengan kondisi medan yang ekstrim dan nantinya tubuh tidak akan begitu sakit setelah pendakian.

3Pelajari Medan dan Rute yang Akan Dilalui

welcome.yellowduckpublications.com

Penguasaan medan dan rute pendakian merupakan hal yang sangat penting. Paling tidak dalam satu kelompok pendakian gunung, ada lebih dari satu orang yang benar-benar telah menguasai medan dan mengatahui rute menuju puncak.

4Atur Komposisi Barang di dalam Tas

pnt.org

Ketika hendak  memasukkan peralatan dalam tas carrier, hendaknya mengatur komposisi barang yang paling berat pada posisi atas sedangkan barang yang lebih ringan di bagian bawah.

Pengaturan ini berguna agar pada saat carrier digunakan, beban terberat berada di pundak, bukan di pinggang. Jika barang berat berada di bawah maka tubuh akan cepat lelah menahan beban yang berat akibat kesalahan packing.

Bungkus barang-barang bawaan dengan plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas untuk mencegah barang menjadi basah (berfungsi sebagai lapisan anti air) atau tercampur dengan peralatan atau pakaian kotor dan basah yang telah dipergunakan.

5Manajeman Logistik dan Bahan Makanan

easyhike.co.nz

Tips membawa makanan dalam mendaki gunung juga penting. Bawalah makanan yang ringan, ringkas namun cukup mengandung kalori. Juga bahan makanan yang cepat dimasak.

Jangan membawa dan mengonsumsi minuman beralkohol karena meskipun hangat namun minuman beralkohol dapat memicu pecahnya kapiler darah karena terlalu cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.

6Memperoleh Izin dan Melapor Pos Pendakian

pampimpom.wordpress.com

Sebelum pendakian dilakukan musti melapor dan memperoleh izin dari pihak-pihak terkait terutama di pos pendakian.

Di pos pendakian, isilah buku tamu dengan mencantumkan lama pendakian, alamat lengkap dan nomor telepon keluarga atau teman terdekat yang dapat dihubungi bila terjadi musibah di gunung.

Setelah kembali (turun) dari mendaki gunung jangan lupa untuk melapor kembali ke pos pendakian.

SHARE