“Kapan Lulus Kuliah? Kapan kamu menikah? Kapan punya anak?”

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah pertanyaan sulit yang bahkan kamu tidak bisa menjawabnya dengan bantuan mesin pencarian Google. Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan pelik dan dapat dikatakan hanya Allah yang tahu jawabannya.

www.ngonoo.com
www.ngonoo.com

Pertanyaan-pertanyaan pelik juga dapat dijumpai di dalam berbagai lini kehidupan. Dalam dunia olahraga yang di sukai hampir seluruh warga dunia pun terdapat pertanyaan pelik.

Permainan sepak bola memang mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Tak hanya kaum laki-laki, kaum perempuan pun tak sedikit juga yang menyukainya.

Tak hanya sepak bola luar negeri, atlit sepak bola dalam negeri pun banyak yang mencuri perhatian masyarakat Indonesia.

Bagi kamu yang mencintai olahraga sepak bola, berikut ini terdapat beberapa pertanyaan pelik dalam dunia sepak bola yang membuatmu mengernyitkan dahi dan tersenyum kecut memikirkan jawabannya.

1Kapan Indonesia Menjadi Juara Dunia?

www.ngonoo.com

Pertanyaan ini sepertinya terlalu muluk seperti mimpi di siang bolong. Seharusnya pertanyaan ini di awali dengan “Kapan Indonesia menjadi peserta Piala Dunia?” Pertanyaan yang tentu saja akan membuat pusing Menteri Pemuda dan Olahraga.

Kasus manajemen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia alias PSSI saja masih sering gonjang-ganjing. Mungkin pertanyaan ini sama seperti, “Kapan Indonesia bebas dari korupsi?”

Namun jangan khawatir, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal tim sepak bola Indonesia terus-terusan berlatih dan mencari celah, bukan tidak mungkin Indonesia keluar menjadi juara dunia suatu hari nanti.

2Kapan Suporter Indonesia Tidak Saling Merendahkan?

www.jurnalasia.com

Memang benar bahwa suporter adalah salah satu suntikan penyemangat bagi pemain saat berjuang di lapangan. Loyalitas suporter untuk mendukung tim daerahnya tanpa pamrih memang perlu.

Namun, hal yang disayangkan adalah loyalitas suporter sepak bola Indonesia adalah loyalitas yang kebablasan. Mereka tak hanya berkeyakinan bahwa tim favoritnya adalah yang terbaik.

Mereka juga saling menghina dan mengejek antar suporter tim sepak bola. Kericuhan dan perusakan fasilitas sudah sering kita dengar. Bahkan jatuhnya korban dalam kericuhan antar suporter sepak bola bukan hal yang baru lagi.

Jika seperti ini lantas apa jawaban dari pertanyaan, “Kapan suporter Indonesia tak saling merendahkan?”

3Siapakah Pemain Terbaik?

www.ngonoo.com

Julukan pemain terbaik adalah sangat subjektif. Sama halnya dengan pertanyaan, “Siapa wanita paling cantik di dunia ini?”

Membandingkan pemain terbaik dalam satu masa saja akan memberikan jawaban yang berbeda. Terlebih jika kamu membandingkan pemain yang berbeda masa.

Masing-masing orang berhak memberikan penilaian untuk kemudian menjatuhkan pilihan siapakah pemain sepak bola terbaik. Mungkin ada yang memilih Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, David Beckam, atau Diego Maradona.

Pertanyaan membandingkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saja akan memberikan jawaban yang cukup kontroversial. Apalagi membandingkan banyak permain sepak bola.

Tapi yang jelas pertanyaan ini tidak dapat dituliskan dalam soal test semesteran pelajaran Penjaskes anak sekolahan.

4Liga Manakah yang Terbaik?

www.ngonoo.com

Beberapa liga yang menjadi sorotan dunia diantaranya Liga Inggris, Liga Jerman, dan Liga Spanyol. Namun, jika pertanyaan dikerucutkan kepada mana liga yang terbaik tentu akan sulit.

Sama halnya dengan pertanyaan siapakah pemain terbaik. Untuk bisa menjawab pertanyaan liga terbaik, kamu harus menentukan parameter-parameter yang dapat menjadi patokan. Terlebih jika kamu menanyakan pada orang-orang yang berbeda kewarganegaraan.

www.kaskus-forum2.blogspot.com
www.kaskus-forum2.blogspot.com

Besar kemungkinan mereka akan menjawab bahwa liga negara merekalah yang terbaik. Yaiyalah, kalau bukan warganya sendiri, siapa lagi yang mau membela negaranya.

Ini dapat menjadi inspirasi topik yang menarik untuk sebuah penelitian skripsi.

SHARE