Sebagai orangtua, kamu pasti tak ingin anakmu tumbuh dan berkembang menjadi anak yang tidak berbakti dan salah pergaulan. Dengan begitu, kamu pun harus turut serta dalam memantau dan menjaga perkembangan anak.

Semua itu dilakukan agar anakmu tak salah langkah dalam tahap perkembangannya. Sehingga, akan sangat disayangkan jika anakmu tumbuh tanpa arahan yang tepat dari orangtuanya.

1Cara Mendidik Anak

www.kaskus.co.id

Kamu dan pasangan haruslah sejalan dalam menerapkan cara untuk mendidik si kecil. Jangan si ibu berkata “A” dan ayah berkata “B”, hal ini hanya akan membuat anak menjadi bingung. Mereka pun jadi tak tahu harus menuruti dan mengikuti yang mana.

Usahakan untuk menjauhi cara mendidik yang otoriter, karena anak juga butuh berekspresi dan memiliki pergaulan yang luas demi masa depannya. Jangan pula dirimu terlalu memanjakan anak, jika hal ini diterapkan, entah bagaimana masa depan mereka.

Kamu harus seimbang dalam memberikan pengasuhan kepada anakmu. Berikan juga mereka ruang untuk berekspresi sesuai dengan keinginannya. Bimbing mereka agar tumbuh dengan dapat membedakan antara kebaikan dan keburukan.

2Perhatikan Lingkungan Anak Tumbuh

boombastis.com

Kamu tak bisa 24 jam mengawasi pergaulan dan perilaku anakmu secara terus menerus. Ada kalanya anakmu butuh privasi untuk bermain dan bergaul dengan teman-teman di lingkungannya, entah di sekolah ataupun di rumah.

Biarkan saja mereka untuk mencoba melakukan hal-hal baru bersama dengan teman sebayanya. Jangan larang mereka untuk mengeksplorasi dan mengembang diri. Tapi, tetap beri pengawasan dan arahan yang tepat pada diri anakmu.

Beritahukan pada mereka untuk dapat menyaring sendiri mana lingkungan yang tepat dan memberi dampak positif daripada yang membawa pada keburukan.

3Memahami Bahwa Anak Sedang Tumbuh

www.picupacu.com

Sangat penting bagi orangtua untuk memahami bahwa ada masanya anak itu tumbuh dari anak-anak menuju remaja dan dari remaja menuju ke dewasa. Jangan sampai dalam masa transisi si anak ini, terjadi perdebatan sengit antara kalian.

Sebisa mungkin, kamu sebagai orangtua harus lebih bijak dan memahami perilaku anak yang bisa saja berubah. Anak membutuhkan kehangatan dan pengertian yang lebih dari orangtua dan yang terpenting adalah dukungan.

4Jalin Komunikasi Aktif

alifakids.com

Untuk menjaga suatu hubungan agar tetap baik adalah adanya komunikasi dua arah yang baik. Sehingga ada keakraban yang terjalin dan tersambung diantara keluarga. Komunikasi akan berperan sangat penting dan menambah keharmonisan.

Sehingga, keluargamu akan jauh dari yang namanya kesalahpahaman. Gunakan bahasa yang baik untuk menjadi contoh pada anakmu ya.

5Mengajarkan Empati Secara Langsung

www.khoiruummah.sch.id

Saat ini tak banyak anak yang diajarkan untuk berempati oleh keluarganya. Entah karena kesibukan atau memang pemikiran yang telah berubah. Padahal hal ini sangatlah penting untuk mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

6Ikut Menyelami Dunia Anak

www.parentingbits.com

Tak ada salahnya sebagai orangtua dirimu masuk bergabung dalam dunia anakmu. Jangan takut anak tak akan menghormatimu lagi, justru dengan ini anak akan bangga dan malah respect pada dirimu.

Dengan masuk ke dunia mereka, kamu akan lebih mudah untuk memahami diri mereka, lebih dekat mereka dan yang pasti akan lebih mudah dalam mengawasi kegiatan anak.

Jadi, alangkah baiknya jika dirimu sebagai orangtua itu juga memantau secara langsung pertumbuhan anak. Karena anak butuh nasehat, bimbingan serta panutan yang tepat dari orangtuanya dan bukan sembarang orang.

Jika kamu sudah memberikan contoh yang tepat, anakmu pasti akan tumbuh dengan baik sebagaimana meniru dari ajaran kebaikan orangtuanya. Dengan begitu, kamu pun akan berbangga hati terhadap mereka.

SHARE