Informasi tentang perubahan tubuh pada ibu hamil memang bukan sesuatu yang baru. Semua orang tahun tentang perubahan tubuh seperti mual (morning sickness), sensitif terhadap bau, strecth mark, bagian tubuh membesar, dan lain-lain.

Biasanya gejala perubahan tubuh seperti itu adalah mainstream terjadi pada semua ibu hamil. Nah, ternyata banyak juga lho, perubahan tubuh yang tidak terjadi pada setiap ibu hamil.

Perubahan tubuh yang tidak dialami oleh setiap ibu hamil ini akhirnya juga jadi jarang diketahui, bahkan oleh ibu hamil sendiri.

Nah untuk menambah pengetahuan para ibu, berikut ini adalah perubahan tubuh pada ibu hamil yang jarang diketahui banyak orang.

1Mimisan

hellodoctor.co.id

Tentunya tidak setiap ibu hamil mengalami gejala ini. Bahkan pada ibu hamil yang mengalaminya, biasanya akan takut dengan gejala itu, khawatir ada kondisi abnormal pada sang ibu dan janinnya.

Pada umumnya mimisan terjadi karena adanya peningkatan jumlah darah pada tubuh. Sedangkan ibu hamil mengalami peningkatan produksi darah 40% dari sebelumnya. Jadi mimisan adalah fenomena yang wajar saja terjadi pada ibu hamil.

2Rambut Tumbuh di Bagian Tidak Biasa

infosehat.id

Jangan kaget jika ada rambut tumbuh di bagian dada atau bagian lain tubuh yang tidak umum. Bagi ibu hamil tentu menjadi wajar karena adanya aktivitas hormon esterogen yang berlebih.

Penyebab lain karena aliran darah dan metabolisme yang lebih cepat, membuat rambut dan kuku tumbuh lebih cepat. Bagi yang mengalaminya tidak usah khawatir, dalam beberapa bulan rambut di bagian tidak umum itu akan menghilang dengan sendirinya.

3Muncul Varises

blokdokterramzispb.blogspot.com

Sebenarnya varises bisa muncul di mana saja, hanya lebih sering terjadinya di kaki. Pada ibu hamil yang mengalami stretch mark tentu ikut andil untuk memunculkan varises di bagian tubuh sang ibu.

Cara menghindarinya sangat mudah, yang pertama lebih banyak mengistirahatkan kaki. Selanjutnya olahraga kecil untuk melancarkan peredaran darah. Yang terakhir hindari mengenakan celana yang ketat terutama pada pangkal paha.

4Hidung berair

tipskesehatananakdanibu.blogspot.com

Seperti yang banyak diketahui, bahwa indra penciuman ibu hamil sangat sensitif terhadap bau tertentu. Biasanya sang ibu akan bereaksi dengan muntah atau mual. Tapi ada juga yang reaksi dengan hidung yang mengeluarkan air setelah mencium bau.

5Hot Flashes

health-and-natural-healing.com

Gejala ini sangat identik dengan wanita saat di masa menopause. Gejalanya adalah rasa panas yang sangat dengan berkeringat dan detak jantung yang cepat, dan biasanya berlangsung sekitar 2 sampai 30 menit setiap terjadi.

Pada ibu hamil sebenarnya bukan hot flashes dalam arti yang sebenarnya. Hanya saja karena ketidakstabilan hormon selama hamil menyebabkan timbulnya reaksi semacam hot flashes.

6Tertawa Lalu Basah

yellow-up-yourlife.blogspot.com

Memang sih ibu hamil tidak mengalami menstruasi. Tapi pada beberapa ibu hamil, kadang mukus (lendir/ cairan pada vagina) tiba-tiba saja keluar, bahkan hanya karena bersin atau tertawa.

Sementara pada beberapa ibu hamil yang lain, tertawa malah membuat mereka buang air kecil tanpa sadar. Nah, agar lebih aman dan terus nyaman, gunakanlah pantyliner di saat itu.

7Air Liur yang Berlebih

panduanhidupsehat.com

Gejala ini terjadi karena gusi sang ibu lebih sensitif dibanding hari-hari biasa. Bisa juga karena sang ibu memiliki masalah dengan kesehatan mulut. Kabar tak baiknya, kesehatan mulut dapat meningkatkan risiko lahir prematur.

Maka dari itu, segeralah temui dokter gigi bila saat menggosok gigi menemui bercak berwarna pink.

8Penglihatan Menurun

youtube.com

Tiba-tiba saja sang ibu hamil yang tidak bermasalah pada penglihatan sebelumnya, tidak dapat melihat dengan jelas obyek dari kejauhan. Bila terjadi seperti ini jangan buru-buru beli kacamata, gejala itu hanya pengaruh hormon yang tidak permanen.

SHARE