Dengan semakin berkembangnya pertumbuhan penduduk, semakin banyak pula dibutuhkan rumah hunian yang sesuai. Di berbagai kota di Indonesia juga telah berdiri banyak perumahan murah yang ditawarkan secara masal.

Namun, bagaimana sebenarnya cara memilih perumahan murah yang tepat? Jangan sampai pada akhirnya kamu hanya menghabiskan waktu dan tenaga meninjau berbagai perumahan murah yang pada akhirnya justru tidak cocok dengan kamu.

Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan perumahan murah yang akan jadi hunian kamu dan keluarga.

1Cari Berbagai Info Perumahan Murah

infobisnisproperti.com

Kamu harus mendapatkan info sebanyak-banyaknya mengenai lokasi dan berbagai perumahan murah. Kamu bisa mencari info perumahan murah dari berbagai situs online terpercaya seperti Urbanindo atau Rumah123.

Selain itu, kamu juga dapat mengikuti berbagai pameran perumahan yang kerap digelar oleh berbagai pengembang bisnis perumahan. Tentu saja jangan lupa untuk meminta tolong kenalan dan saudara kamu jika mereka tahu tentang info perumahan.

Sangat mungkin juga pada event tertentu digelar lelang rumah. Nah, jangan ragu untuk mengikuti acara lelang ini. Peluang kamu mendapatkan rumah yang sesuai dengan impian kamu dan pasangan akan lebih besar.

2Beli Rumah Tua

plus.google.com

Bukan berarti kamu harus membeli rumah tua yang angker dan berhantu. Tentu saja yang dimaksud rumah tua adalah rumah dalam kondisi telah digunakan atau lebih lazim dan populer disebut rumah second.

Nah, kalau kamu lebih suka rumah di daerah yang tidak terlalu ramai dekat pusat kota, kamu bisa hunting sendiri rumah keluarga yang berusia agak tua. Selain harganya bisa murah, jika beruntung kamu juga akan mendapatkan halaman rumah yang luas.

theguardian.com
theguardian.com

Tidak perlu ragu untuk membeli rumah second. Kamu bisa menjadikan 3 kategori usia rumah second sebagai pertimbangan. Rumah dengan usia kurang dari 10 tahun, usia 10-20 tahun dan usia lebih dari 20 tahun.

Pilihan terbaik sebenarnya adalah rumah dalam kategori pertama yaitu rumah second dengan usia bangunan maksimal 10 tahun. Selain kualitas bangunan yang tergolong masih bagus, kalau beruntung bisa dapat rumah second dengan harga yang sangat miring.

3Jangan Malas untuk Melakukan Riset

carikredit.com

Rumah adalah salah satu hal besar dalam hidup kamu dan pasangan. Kamu harus memikirkan dan melakukan pertimbangan yang matang tentang keputusan rumah seperti apa yang akhirnya akan kamu beli.

Selain perbandingan harga, ukuran dan berbagai ruangan serta fasilitas rumah harus kamu pertimbangkan dengan baik. Bandingan perumahan murah yang satu dengan yang lain dengan matang dan sesuai kebutuhan keluarga kecil kamu.

4Usahakan Beli Rumah Tanpa Riba

ummi-online.com

Perkara riba memang sangat pelik dan menyusahkan bagi warga muslim di Indonesia. Beberapa kalangan yang sangat berhati-hati, memegang teguh bahwa hukum riba itu haram dan tidak akan melakukan transaksi atau kegiatan yang mengandung riba.

Namun, beberapa ulama tetap ada yang beranggapan bahwa perkara riba ada pada posisi darurat jika konteks penggunaannya di Indonesia. Pilihan akhirnya tetap berakhir pada keputusan kamu dan pasanganmu.

simpanpinjamsyariah.wordpress.com
simpanpinjamsyariah.wordpress.com

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang baik berasal dari hal yang baik. Jikapun harus ada klausul kredit, kamu bisa menyepakati harga sehingga tidak ada bunga di antara uang yang dibayar tersebut.

Itulah sebenarnya keuntungan kamu membeli rumah dari pemilik rumah dan bukan pada perumahan yang dikelola oleh pengembang properti. Akan lebih mudah menghindari riba jika kamu membeli rumah dari pemilik rumah secara langsung.