Perusahaan Jepang terkenal dengan karakter bisnisnya yang sangat tertata dan rapi. Dari hasil disiplin tinggi itulah, perusahaan Jepang bisa menggurita ke dunia termasuk di Indonesia.

Salsah satu prinsip bisnis dari Jepang yang sangat cocok digunakan dalam berbagai lini bisnis adalah prinsip 5 S yakni Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke.

Nah konsep ini lantas dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia menjadi konsep 5 R. Konsep ini sendiri sudah sangat umum diketahui para pebisnis.

Dengan menggunakan konsep 5R ini kamu bisa mulai mengefektifkan hal-hal yang biasanya dianggap sepele dalam bisnis. Namun dengan efektifitas tersebut bukan tidak mungkin laba yang kamu dapat justru akan mengalami peningkatan.

1Ringkas

niceandclean.ca

Maksudnya adalah memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja.

Ringkas merupakan usaha pertama yang wajib dilakukan pada pelaksanaan konsep 5R, dalam ringkas setiap orang berusaha memilahkan antara mana barang – barang yang sudah tidak terpakai dengan barang – barang yang masih bisa digunakan

Dengan peringkasan ini diharapkan tidak ada barang dengan kondisi buruk tercampur dengan barang yang masih dapat dipergunakan.

2Rapi

sparklingcleansolutions.co.uk

Langkah berikutnya dari konsep ini adalah suatu upaya penataan atas barang – barang yang sudah dilakukan pemilahan. Merapikan barang yang diperlukan dengan teratur supaya mudah diambil untuk digunakan

Salah satu cara paling mudah dalam menerapkan langkah Rapi ini adalah dengan memberikan identitas pada setiap barang dan kemudian menatanya pada suatu tempat yang mudah untuk dijangkau.

3Resik

chip.co.id

Membersihkan tempat/lingkungan kerja, mesin/peralatan dan barang-barang agar tidak terdapat debu dan kotoran.

Konsep ini mengajak setiap orang untuk melakukan pembersihan pada lokasi kerjanya masing-masing. Pembersihan yang dilakukan pada area produksi dan mesin produksi akan mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan.

Kondisi lingkungan kerja yang bersih akan mempengaruhi kondisi psikologis dari para pekerja.

4Rawat

dedylondong.blogspot.com

Mempertahankan hasil yang telash dicapai pada 3R sebelumnya dengan membakukannya (standardisasi). Tujuan dari perawatan ini untuk menjaga kondisi atau memelihara kondisi yang sudah ditata dengan baik tetap terjaga dengan optimal dan terjadi peningkatan atas kondisi tersebut.

Salah satu langkah perawatan yang dilakukan adalah dengan melakukan langkah-langkah maintenance pada mesin sesuai standar perawatan yang telah ditetapkan

5Rajin

intisari-online.com

Terciptanya kebiasaan pribadi karyawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai. Dalam training ini juga dijelaskan tentang maksud penerapan 5R, Sasaran 5R, Obyek 5R serta syarat suksesnya 5R.

Tujuan dari rajin ini adalah terbentuknya pribadi-pribadi yang disiplin serta tumbuhnya rasa kecintaan dan rasa ikut memiliki perusahaan dalam arti yang positif.

SHARE