Guys, kalian pernah mengalami perut kembung bukan? Bagaimana rasanya? Tidak nyaman bukan? Sangat mengganggu bukan? Pasti lah, ketika perut kembung perut biasanya akan membuncit dan berbunyi “bung bung”.

Jangan salah Guys, perut kembung tidak bisa dianggap remeh karena perut kembung yang terjadi ini disebabkan oleh kelebihan udara yang terjebak di saluran pencernaan kita.

Iya sih, kembung memang lambat laun akan mereda dengan sendirinya, tapi kalau keseringan kembung itu bisa jadi tanda penyakit lho.

Nah, di sini kita akan membahas tentang cara mencegahnya Guys, yup, kurang lebih adalah menghindari aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya perut kembung. Mau tahu? Check it out!

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Yang Efektif

1Makan Terlalu Cepat

jakartamotherhood.id

Kenapa makan terlalu cepat  dapat membuat perut kembung? Ya, karena saat kitamakan terlalu cepat, bukan hanya makanan yang masuk ke dalam tubuh Guys, tapi udara juga. Inilah mengapa Rasulullah juga tidak menganjurkan kita untuk makan terlalu cepat.

2Minuman Bersoda dan Sedotan

health.kompas.com

Nah, buat kalian yang suka minum minuman bersoda hati-hati ya. Gelembung yang ada di minuman bersodalah yang menyebabkan perut kembung. Yang parahnya lagi, minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang akan sulit kita cerna Guys.

Bukan minuman bersoda saja lho. Sedotan Guys! Sedotan! Kita tahu, segala macam produk softdrink yang kebanyakan beredar sekarang memang dalam penyajiannya sebagian besar menggunakan sedotan.

Tapi sedotan ini bisa menyebabkan perut kembung lho. Pasalnya, tidak peduli cepat atau pelan kita meminumnya, udara sudah terperangkap di dalam sedotan kita Guys. Jadi, kurangi minum minuman bersoda dan minum dengan sedotan ya!

3Penggemar Berat Kacang

konsultankolesterol.com

Kita akui, kacang-kacangan memang sumber makanan berprotein nabati tinggi. Tapi sayangnya, karbohidrat yang terkandung dalam kacang-kacangan cenderung tidak dapat dicerna Guys.

Nah, ini dia yang menyebabkan kacang-kacangan ini mengandung gas sehingga menyebabkan perut  kembung.

4Makan Malam, Lalu Tidur

penulishidupku.com

Yang terakhir ini penting juga lho Guys. Perlu kita tahu, jika kita makan selang satu atau dua jam sebelum tidur, perut kita bisa kembung Guys.

Karena pada saat kita tidur, itu artinya pencernaan kita juga  tidak bisa disamakan prosesnya ketika kita beraktivitas, ya, pada saat tidur, pencernaan akan melambat.

Selain kembung, juga berpotensi menimbun lemak tubuh kita. Itu sebabnya program diet menurunkan badan sangat tidak menganjurkan ini. Paling tidak, kita beri jeda waktu 3-4 jam antara makan hingga kita tidur.

Itu dia tadi Guys sedikit tips untuk mencegah kembung, semoga bermanfaat!