Umat Muslim merasakan suka cita menyambut datangnya bulan Ramadhan. Menjelang datangnya bulan Ramadhan, tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan dengan sebaik mungkin.

Rasulullah pernah berpesan  saat menjelang bulan suci Ramadhan. Dinukil berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Salman al-Farisi menjelaskan bahwa Rasulullah SAW sedang berkutbah pada akhir bulan Sya’ban.

Pada kutbah tersebut Rasulullah berpesan kepada seluruh umat Islam  yang dapat disimpulkan sebagai berikut.

1Gunakan Bulan Suci Ramadhan dengan Sebaik-baiknya

palingyunik.blogspot.co.id

Menyimpan penuh keberkahan bagi umat Islam, itulah bulan suci Ramadhan. Pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Malam tersebut adalah malam Lailatul Qodar. Pada siang hari umat Islam wajib menunaikan ibadah puasa dan malam harinya melaksankan Qiyamul Lail seperti sholat Tarawih.

Maka dari itu umat Muslim melakukan sebaiknya melaksanakan ibadah dengan maksimal dan memanfaatkan waktu yang ada dibulan ini dengan sebaik mungkin.

2Pahala di Bulan Ramadhan Berlipat Ganda

dainusantara.com

Pada bulan ini kita dilatih kesabaran, antara lain menahan diri untuk tidak makan, minum dan segala hal yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Disadari atau tidak kesabaran kita dilatih dengan mengikuti semua aturan yang ada. Maka dari itu pahala yang dijanjikan kepada mereka yang bersabar dalam menjalankan ibadah sangat besar yakni surga.

3Belajarlah Bersimpati Kepada Orang Lain

santysurya.blogspot.com

Salah satu pesan Rasulullah yakni saling bersimpati kepada orang lain. Misalnya kita bisa memeri makan orang ketika berbuka puasa meskipun hanya dengan sebiji kurma.

Barangsiapa yang memberi makan untuk orang yang berbuka puasa maka pahalanya seperti orang yang berpuasa tersebut.

Dengan adanya rasa simpati dalam diri seseorang menjadikan ia semakin peduli terhadap orang lain.

4Meningkatkan Amal Solih

dainusantara.com

Pada bulan ini Allah memberikan rahmatNya  yang luar biasa. Kita tahu bahwa sepeuluh hari pertama pada bulan Ramadhan adalah penuh dengan rahmat.

Maka dari itu kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan solih, misalnya berbakti kepada orang tua, saling tolong menolong agar kita senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah SWt.

5Memperbanyak Do’a dan Memohon Ampunan

muslimin.id

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan, pada sepuluh hari kedua adalah penuh dengan ampunan.

Serta pada sepuluh hari terakhir adalah bebas dari api neraka. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak do’a dan memohon ampun kepada Allah SWT.