Jika kamu adalah seorang traveller yang menyukai daerah-daerah eksotis di Jawa Barat, belum lengkap rasanya jika kamu tak mengunjungi kabupaten yang satu ini.

Ya, Kabupaten Garut yang terletak di Jawa Barat, dengan nuansanya yang alami dan sejuk, akan menjadi tempat wisata yang tak akan terlupakan untukmu.

Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 75 km dari Kota Bandung, untuk mencapai kabupaten ini.

Nah, jika Kota Bandung mendapatkan julukan Paris Van Java (Paris dari Jawa), maka Kabupaten Garut ini konon mendapatkan julukan Swiss Van Java (Swiss dari Jawa).

Penasaran kenapa Kabupaten Garut akan menjadi tempat wisata yang tak terlupakan bagi para traveller yang pernah berkunjung di sana?

Yuk, simak beberapa tempat-tempat wisata paling menarik dan indah di Kabupaten Garut berikut ini.

1Gunung Papandayan

warbiasya.com

Bagi kamu traveller yang cinta dengan pendakian, spot yang satu ini wajib kamu kunjungi saat kakimu telah melangkah masuk ke Kabupaten Garut.

Gunung Papandayan tak hanya bisa dinikmati oleh para pendaki ahli atau senior, karena gunung yang satu ini juga bisa ditaklukkan oleh para pendaki pemula.

Tingginya yang hanya sekitar 2.665 Mdpl, membuat para pendaki bisa mencapai puncaknya hanya sekitar 4 jam saja.

Keindahan panorama di Papandayan akan membuatmu semakin ingin kembali lagi ke Garut setelah pulang dari sana.

Ada empat kawah cantik yang merupakan khas dari gunung ini. Yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

2Sungai Cikandang

lilinuria.blogspot.com

Nah, kalau spot yang satu ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi para traveller yang hobi olahraga ekstrim seperti arung jeram.

Sayang rasanya jika kamu ke Kabupaten Garut namun tidak berkunjung ke Sungai Cikandang ini.

Sungai ini memiliki range sekitar 28 km dengan grade III sampai IV. Setidaknya kamu akan membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam untuk mengarungi sungai ini.

Jangan lewatkan juga sensasi rafting di Sungai Cikandang bagi kamu yang memiliki hobi melakukan sesuatu yang memacu adrenalin.

3Telaga Bodas

www.kompasiana.com

Pernah ingat dengan Ranu Kumbolo?

Jika kamu seorang pendaki yang menginginkan suasanya sejuk dan nyaman dengan memandang danau atau telaga di ketinggian, maka sayang jika kamu tak berkunjung ke Telaga Bodas.

Bagi kamu para traveller yang telah menginjakkan kaki di Kabupaten Garut, Telaga Bodas sebaiknya segera kamu masukkan dalam daftar tujuan wisatamu.

Telaga yang juga sering disebut Telaga Putih ini berada pada ketinggian sekitar 1.512 Mdpl. Airnya berwarna putih kehijauan dan terlihat sangat menyejukkan mata.

Telaga ini terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja. Dan jika kamu dari Garut, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar satu jam untuk bisa sampai di sana.

Dari Telaga Bodas, kamu bisa melihat indahnya pemandangan bukit dan gunung yang menakjubkan. Ada Gunung Sadahurip yang berbentuk piramida yang juga akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

4Kawah Kamojang

blogbarengkita.blogspot.com

Udara dingin di Kabupaten Garut membuatmu ingin sensasi mandi air hangat atau uap?

Jangan lupa untuk langkahkan kakimu ke Kawah Kamojang. Karena di tempat ini kamu bisa merasakan sensasi uap panas yang mampu menghangatkan badanmu.

Kawah ini terletak di Kecamatan Samarang, dan juga merupakan tempat wisata air panas yang tak kalah digemari oleh para wisatawan selain Cipanas.

Kawah Kamojang sudah lama dimanfaatkan oleh PT. Pertamina dan PT. Indonesia Tower sebagai pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU.

Sekali kamu berkunjung ke tempat ini, kamu bisa mendapatkan beberapa obyek wisata sekaligus. Seperti Danau Ciharus, Curug Madi, dan Hutan Pinus Kamojang.

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk berkunjung ke Kabupaten Garut?