Kita akan membahas tentang hal-hal terutama yang berkaitan dengan wisata menarik di daerah Jawa Timur.

Mungkin yang terbayang pertama kali didalam benakmu adalah kawasan Malang dengan Gunung Bromonya, atau Kota Batu dengan atraksi spektakulernya, serta Banyuwangi yang alamnya menjadi berlian pariwisata didaerah Jawa Timur.

Tetapi tahukah kamu, bahwa di kabupaten Tuban ternyata juga memiliki beberapa pesona alam yang cukup eksotis?

Kabupaten yang terletak dijalur pantura ini dikenal juga sebagai Bumi Ronggolawe yang membuatnya layak digelari manikam Jawa Timur.

1Pantai Boom, Bekas Pelabuhan Kuno yang Disulap Menjadi Pantai yang Rupawan

www.tubaninfo.com

Memasuki gerbang pantai ini kamu akan langsung disambut dengan hal yang unik, yaitu arsitektur lengkap dengan relief-relief yang menceritakan sepenggal sejarah Tuban.

Pantai Boom juga menjadi salah satu destinasi yang sangat ramai dikunjungi, mungkin karena letaknya yang strategis dan pesona alam yang ditawarkan sangat menawan.

2Pantai Sowan, Paduan Hutan yang Rimbun dan Pantai yang Elok

www.pergiberwisata.com

Disini kamu akan menemukan pesona pantai yang eksotis. Letaknya di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, atau sekitar 35 km arah barat dari kota Tuban.

Di balik hutan wisata yang dikelola Perhutani ini, kamu akan menemukan lanskap berupa perpaduan hutan yang rimbun, pantai berpasir putih yang elok lengkap dengan sejumlah perahu yang ditambatkan di sekitar pantai.

Waw! Cocok nih jadi latar belakang prewedd. Ups!

3Pantai Pasir Puti Remen, Keelokannya Bikin Malas Pulang

ambontheexplorer.wordpress.com

Pantai yang terletak di desa Remen ini memang agak jauh dari jangkauan kendaraan. Namun demikian, keindahan yang dimiliki pantai ini tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang berada dikawasan selatan.

4Goa Akbar, Goa yang Membuatmu Semakin Mengagungi Kuasa Tuhan

www.tubaninfo.com

Letak nya yang berada tepat dibawah pegunungan kapur, membuat kota Tuban memiliki banyak goa. Makanya sudah tidak mengherankan jika kabupaten ini memiliki julukan kota seribu goa. Salah satunya adalah Goa Akbar.

Konon katanya Sunan Bonang melafadzkan “Allahu Akbar” saat pertama kali menemukan Goa Akbar.

Yang jelas, kamu memang bisa menyaksikan keagungan Tuhan lewat ciptaannya yang mempesona ini. Apalagi, goa ini udah dilengkapi dengan bermacam fasilitas seperti penerangan dan jalur wisatawan, jadi gak repot deh kalau pengen menikmatinya.

5Air Terjun Eksotik di Tuban

vivarich.blogspot.com

Air terjun Nglirip atau yang dikenal juga dengan Grojogan Nglirip ini adalah satu-satunya air terjun di Kabupaten Tuban. Meski begitu, keindahan panorama air terjun ini layak banget untuk kamu jamahi.

Air terjun ini terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, sekitar 35 km ke barat daya Tuban. Tapi, sebaiknya gak usah bawa pacar ya kalau hubunganmu mau langgeng, karena konon air terjun ini bisa memutus tali percintaan. Tapi, kalau udah halal sih gak apa-apa.

6Makam Sunan Bonang

kekunaan.blogspot.com

Nah! Sunan yang tadi menemukan Goa Akbar ternyata juga memiliki makam yang eksotis.

Di pusat kota kamu bisa menemukan makam salah satu Walisongo yang tersohor itu, yaitu Sunan Bonang. Tahu lagu Tombo Ati? Nah, itu adalah salah satu karya Sunan Bonang yang digunakan untuk berdakwah.

7Menthok Khas Tuban yang Siap Menggoyang Lidahmu

aanprihandaya.com

Menthok atau itik adalah unggas sejenis bebek yang memiliki leher dengan kaki lebih pendek. Dagingnya menjadi salah satu olahan andalan di Tuban.

Coba deh, cicipi becek menthok, yaitu daging menthok yang dimasak dengan kuah santan yang rasanya gurih dan pedas.

Wah! Mendadak laper nih.

Nah! Tentu setelah membaca ini kamu langsung menuliskan rencana destinasi berikutnya ke Jawa Timur. Iya kan?

Sampai ketemu disana ya guys. Hehe.