Ngawi adalah salah satu kota di provinsi Jawa Timur. Kota ini juga mendapat julukan Kota Bambu, kenapa? Mungkin bagi kamu yang lahir di kota ini tahu.

Yup, nama “Ngawi” berasal dari kata “Awi” yang artinya Bambu selanjutnya mendapat tambahan huruf sengau “Ng” menjadi “Ngawi”.

Hal ini menunjukkan bahwa kota ngawi merupakan suatu tempat di sekitar Bengawan Solo dan Bengawan Madiun yang banyak ditumbuhi bambu.

Selain itu, kota yang memiliki slogan “Ramah” ini terkenal dengan makanan khasnya yaitu kripik tempe. Bagi kamu yang ingin membawakan oleh-oleh dari kota Bambu ini rasanya kurang jika tak membeli kripik tempenya yang gurih, renyah dan lezat.

Ngawi terletak di tengah daratan yang memiliki topografi berupa dataran tinggi yang menjadi bagian dari kaki Gunung Lawu.

Tak heran jika Ngawi memiliki sejumlah tempat wisata alam yang mempesona. Tidak hanya itu, Ngawi juga menyimpan tempat-tempat bersejarah yang menarik untuk kamu kunjungi.

Bagi kamu yang lahir atau pernah tinggal di Ngawi, tentu keindahan pesona yang dimiliki kota Ngawi membuatmu rindu akan kota ini. Nah, tidak ada salahnya kamu berkeliling Ngawi mengunjungi tempat-tempat menawan yang tidak akan kamu lupakan.

1Indahnya Kebun Teh Jamus

i.ytimg.com

Salah satu tempat wisata andalan kota Ngawi adalah kebun tehnya, yaitu Jamus. Tempat wisata ini terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine 40 Km ke arah barat daya kota Ngawi.

Kebun teh yang di kelola oleh PT Candi Loka ini menawarkan pemandanangan eksoktik yang menawan bagi para wisatawan. Betapa tidak, kamu dapat menikmati hamparan teh hijau yang segar ditambah nuansa tropis dan sejuk.

Tak kalah menarik, kamu juga dapat melihat pohon teh tua yang berada di ‘Bukit Borobudur’. Bukit setinggi 35,4 meter tersebut merupakan salah satu bagian dari kebun teh Jamus yang berundak-undak menyerupai Candi Borobudur.

Selain itu, kamu juga bisa menikamati beberapa wisata diasana seperti melihat proses pembuatan teh dan air mineral Jamus, bermain air di Sumber Lanang dan goa Jepang.

Bahkan sebagai oleh-oleh kamu bisa membawa teh khas Jamus yanga dapat kamu seduh bersama keluarga di rumah. Menyenang bukan?

2Air Terjun Pengantin

1.bp.blogspot.com

Mungkin kamu tak asing mendengar “Air terjun pengantin”, atau pikiran mu melayang pada film yang dibintangi oleh Tamara Bleszynski dengan judul Air Terjun Pengantin? Dimana dalam film tersebut air terjunnya digambarkan dengan nuansa mencekam.

Air Terjun Pengantin ternyata ada juga di Ngawi lho. Eits, tapi air terjun ini berbeda dengan yang diceritakan dalam film.

Seperti namanya, air tejun yang terletak di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe ini ada dua tepatnya sepasang air tejun yang berdampingan.

Selain keindahan air terjun yang menawan kamu juga akan dimanjakan dengan udara yang sejuk segar sehingga akan membatmu merasa rileks.

3Air Terjun Serambang

www.tempatwisataid.com

Meskipun letaknya tersembunyi di balik hutan, air terjun ini memikat banyak wisatawan. Air terjun Serambang terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo.

Kamu harus melewati jalan yang terjal dan berliku untuk mencapai lokasi air tejun. Tapi semua itu tak akan terasa karena kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah hutan pinus.

4Taman Candi

kampoengngawi.com

Salah satu tempat wisata yang dapat kamu kunujungi di Ngawi adalah Taman Candi. Yup, tempat wiasata tersebut terletak di Dusun Candi, Desa Beran, Kabupaten Ngawi dan kurang lebih 5 Km dari pusat pemerintahan.

Kawasan wisata ini menyuguhkan taman bermain yang indah dan menarik. Nuansananya sungguh menawan dan membuatmu ingin berfoto ria di setiap sudut tempat.

Yang membuat unik dari tempat ini adalah keberadaanya berada disamping aliran cabang Sungai Bengawan Solo yang lama tidak mengalir atau lebih dikenal dengan Kali Mati.

5Benteng Van den Bosch (Benteng Pendem)

assets.kompasiana.com

Pada tahun 1839-1845 benteng ini dibangun oleh pemerintahan Hindia Belanda dengan nama Fort Van den Bosch.

Tahukah kamu, dulu benteng ini merupakan saksi sejarah terjadinya pertempuran antara pasukan Diponegoro dan tentara Belanda di Ngawi selama berkobarnya perang Diponegoro tahun 1825-1830.

Benteng Van den Bosch terletak di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Kamu wajib memasukan ke list tempat wisata yang dikunjungi.

Nuansa klasik jaman Belanda yang disuguhkan menjadi daya tarik para wisatawan. Tak heran tempat ini menjadi salah satu tempat yang dijadikan bahan hunting foto.

Betapa tidak, benteng ini terlihat kokoh dengan tembok-temok khas arsitektur bangunan tua yang sangat mempesona, khas, klasik, dan elegan.

6Museum Trinil

www.beritangawi.com

Selain Benteng Pendem, kamu dapat mengunjungi tempat disimpannya fosil-fosil manusia purba yaitu di Museum Trinil. Museun ini terletak di Dusun Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar.

7Monumen Suryo

kampoengngawi.com

Jika kamu melewati jalan raya Ngawi-Solo, di pinggir jalan kamu akan melihat sebuah patung besar dengan mengulurkan jari telunjuknya. Di sana adalah kawasan wisata Monumen Suryo.

Monumen ini dibangun untuk menghormati Gubernur pertama Jawa Timur, Mr. Soeryo yang tewas dalam kerusuhan komunis pada tahun 1948. Wisata ini menawarkan panorama alam yang mengatur terhadap jati mahoni padat dan kehutanan.

8Waduk Pondok

ngawitourism.com

Jika kamu ingin melihat ‘danau’ nya kota Ngawi, Waduk Pondok adalah tempatnya. Waduk Pondok berada di Desa Dero, Kecamatan Bringin.

Tempat wisata ini menawarkan keindahan panorama air dan perbukitan. Kamu dapat melihat hamparan air yang menyerupai danau dengan latar belakang hutan dan daerah perbukitan.

Kawasan ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Bagi kamu yang gemar memancing, ini adalah salah satu surga bagi para pemancing. Karena di sana banyak ditemukan berbagai jenis ikan seperti Nila, Bandeng, Patin, Tawea, Tombro, dll.

Dinas Pariwisata Ngawi juga sering mengadakan lomba mancing dalam rangka memperkenalkan keindahan wisata ini.

Masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Ngawi yang membuatmu rindu akan kota ini. Nah, untuk mengisi liburan panjang tak ada salahnya untuk mengujnungi obyek wisata di Ngawi. Semoga berkesan dan menyenangkan.