wisatamu.com

Pesona Kota Semarang yang Bikin Ngiler Mahasiswa Rantau

Posted on

Bagi mahasiswa rantauan yang berkuliah di Semarang, atau kamu yang pernah tinggal di Semarang, dan sekarang sudah meninggalkan Kota Lumpia tersebut, apa sih yang paling kamu rindukan dari Semarang?

Selain sejarahnya yang panjang, mata kita akan terbuai dengan arsitektur kota Semarang. Banyak sekali sudut-sudut yang menarik dan tidak bisa dinikmati sepintas, apalagi bagi orang yang suka fotografi.

Selain Yogya, banyak juga lho yang bilang kalau Semarang itu kota romantis. Benarkah? Apa yang membuat banyak orang ingin berkunjung ke Semarang? Apa yang membuat mereka ingin kembali?

Masyarakatnya Ramah

standarmiring.blogspot.com
standarmiring.blogspot.com

Jika dibandingkan dengan Ibukota, yaitu Jakarta, maka Semarang memiliki nilai lebih dari segi keramahan penduduknya. Mereka tidak individualis dan apatis.

Jangan takut didiskriminasi karena masyarakat Semarang sangat terbuka pada pendatang yang merantau, baru menginjakkan kaki pertama kali di kota ini.

Surga Kuliner

nomadictrip.com
nomadictrip.com

Bagi yang menyukai wisata kuliner, silakan mampir ke Jalan Pandanaran. Di jalan ini banyak terdapat warung-warung makan yang menjual makanan khas Semarang, seperti Lumpia, Tahu Gimbal, Tahu Bakso, dan Bandeng Presto. Ada juga pusat oleh-oleh dan jajanan khas Semarang.

Hampir semua jenis jajanan khas Semarang tersedia di Pasar Semawis, di kawasan pecinan, yang digelar setiap malam Minggu dan malam Senin. Tinggal kuatkan perut untuk menampung sebanyak mungkin makanan yang ingin kamu santap.

Es krim di Toko Oen juga tidak boleh dilewatkan. Es krim dan makanan-minuman yang dijual di sini hampir semua ‘berbau’ Belanda.

Pelayanannya yang tidak bisa dibilang cepat malah memberi waktu bagi kita untuk duduk berlama-lama menikmati suasana dan interior toko yang bisa membawa kita ke suasana zaman kolonial.

Jika ingin membeli oleh-oleh, datang saja ke Jalan Pandaran. Di sepanjang jalan ini, berderet toko-toko yang menjual mulai dari bandeng presto, wingko babat, lumpia, hingga berbagai macam kue moci.

Tempat Wisata Beraneka Macam

diamondjourney.net
diamondjourney.net

Di Semarang banyak terdapat objek-objek wisata yang sangat seru! Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata belanja, wisata kuliner, sampai wisata misteri.

Bagi yang menyukai wisata Sejarah, Kota Lama Semarang adalah surganya. Di sini, kamu bisa menjumpai berbagai macam bangunan peninggalan kolonial Belanda. Bagi yang menyukai wisata Belanja pun Semarang menjadi pilihan yang tepat.

Di Ibukota Jawa Tengah ini berdiri banyak Mall prestisius yang menjual barang-barang dengan merek ternama. Namun, bagi yang ingin berbelanja dengan harga miring, datanglah ke Pasar Johar.

Untuk wisata religinya, kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blendung, Klenteng Sam Poo Kong, dan Vihara Buddhagaya Watugong.

Kalau kamu pecinta wisata alam, kunjungilah Goa Kreo. Bagi penyuka wisata misteri, bisa juga mengunjungi Lawang Sewu.

Gedung yang dibangun tahun 1904 ini memang menjadi daya tarik wisata utama Kota Semarang, khusunya para pecinta wisata mistis.

Satu Kota dengan Dua Sensasi Berbeda

yukpiknik.com
yukpiknik.com

Ada dua sensasi berbeda ketika mengunjungi Kota Semarang, yaitu Semarang Atas dan Semarang Bawah.

Ibukota Jawa Tengah ini memang memiliki topografi yang unik dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia.

Semarang Bawah merujuk pada bagian kota Semarang yang memiliki kontur tanah yang relatif datar. Di Kota Bawah atau kota yang terletak di dataran rendah inilah denyut nadi kota Semarang berada.

Di sini terdapat Kantor-kantor pemerintahan seperti Kantor Gubernur, Balaikota Semarang, dan gedung instansi pemerintahan lainnya. Mall-mall prestisius juga terpusat di Semarang Bawah.

Untuk biaya hidup, Semarang Bawah sedikit lebih mahal dibanding Semarang Atas, sebab dekat dengan pusat kota. Semarang Atas merujuk pada bagian Kota Semarang yang umumnya berada di ketinggian 200 mdpl.

Letaknya yang jauh dari pusat kota, maka suasana pedesaan masih cukup terasa di Semarang Atas. Hawanya pun lebih sejuk dibanding Semarang Bawah karena letaknya yang berada di dekat pegunungan (Gunung Ungaran).

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *