Teknik fotografi pada berbagai foto menakjubkan yang akan kamu saksikan berikut dinamakan photochrom photography. Sebuah metode pewarnaan foto hitam putih menjadi gambar full color.

Nah, foto-foto bersejarah berikut di-reproduksi oleh penerbit Taschen asal Jerman. Tidak kurang dari 800 foto hitam putih dari tahun 1900-an di-print ulang menjadi berwarna.

Lihat hasilnya dan komentari berbagai karya fotografi masa lalu yang ‘dibuat ulang’ menggunakan teknik photochrom photography masa kini.

1Dapur Tradisional Jerman

boredpanda.com

Mari mulai pada karya yang sederhana namun paripurna. Satu dari 800 karya foto hitam putih yang diterbitkan ulang menggunakan teknik photochrom photography oleh Taschen adalah foto dapur di atas.

Kamu bisa rasakan suasana sederhana yang mewah pada masa itu. Berbagai wadah dan alat berbahan logam kuning seperti tembaga atau kuningan bercampur dengan piring kaca atau porselen.

Disempurnakan dengan alat gantung bahan masak kering berbentuk lingkaran yang dikaitkan pada langit-langit dapur. Klasik dan sangat otentik.

2Balai Kota Wernigerode

boredpanda.com

Lewat karya photochrom photography ini kita dapat menyaksikan balai kota Wernigerode. Sebuah distrik perkotaan masa lalu di Jerman yang terletak di Harz, Saxony-Anhalt.

Oleh Taschen gambar pusat kota ini masuk menjadi satu diantara 800 gambar lain yang akan diterbitkan sebagai hasil photochrom photography menjadi sebuah buku bertajuk Germany Around 1900.

Pusat kota dengan arsitektur klasik yang sangat menarik bukan? Sebelum akhirnya ikut hancur lebur selama masa perang yang berkepanjangan.

3Pantai di Westerland

boredpanda.com

Inilah daerah ujung pantai di Jerman. Tidak terdapat narasi yang mendukung deskripsi foto yang satu ini. Namun, berbagai lubang di daerah pantai tersebut sepertinya akan digunakan untuk mengubur sesuatu.

Apa kira-kira yang dikubur? Kamu bisa andalkan imaginasi terliar kamu pada foto hasil photochrom photography yang satu ini. Buku Germany Around 1900 ini akan diterbitkan dalam tiga bahasa, Ingggris, Perancis, dan Jerman.

4Jembatan Bastei

boredpanda.com

Sejak tahun 1824, jembatan kayu telah dibuat di daerah gunung batu Elbe ini. Ketinggiannya bahkan mencapai 305 meter di atas permukaan laut. Lokasi ini telah menjadi salah satu destinasi wisata di Jerman selama lebih dari 200 tahun.

Foto jembatan Bastei ini akan masuk menjadi salah satu foto hasil photochrom photography dalam buku Germany Around 1900 yang sedianya akan dibanderol oleh Taschen seharga 150-200 euro atau setara 2,5-3 juta rupiah.

5Bedroom, Neuschwanstein Castle

bavaria.by

Kastil kerajaan yang satu ini terletak di kota Munich bagian selatan. Dalam istilah bahasa Inggris, kastil ini disebut New Swanstone Castle. Sebuah kastil megah di atas dataran tinggi di Kota Bavaria, dekat daerah Füssen.

boredpanda.com
boredpanda.com

Gambar di atas adalah hasil photochrom photography pada kamar tidur di dalam kastil.

6Schwerin Palace, Mecklenburg

boredpanda.com

Istana kerajaan yang terletak di kota dengan nama yang sama, Schwerin. Sebuah karya restorasi photochrom photography yang sangat detil dan nyata. Sempurna menampakkan senja di danau Schwerin yang indah.

Sungguh, Jerman sangat jauh lebih indah sebelum perang. Kamu bahkan dapat membayangkan suasana sejuk dan segar di berbagai sudut kota dengan dataran tinggi khas Eropa.

Sebelum akhirnya berubah menjadi lautan api dan darah karena perang yang mengerikan.

7Castle of Sigmaringen

boredpanda.com

Sebuah kastil yang sangat megah dibangun di dataran tinggi tengah kota bernama swabian alb. Lokasinya juga berdekatan dengan sungai Danube yang terkenal. Kamu bahkan akan mengira karya dengan teknik photochrom photography sebagai foto warna sejak awal.

Namun, nyatanya awalnya foto ini adalah foto hitam putih yang dicetak ulang dengan teknik photochrom photography sehingga tercipta detil warna yang sangat identik dengan nuansa warna aslinya pada zaman itu.

Dengan teknik photochrom photography ini, kini kamu dapat menikmati berbagai nuansa klasik dan jadul dari foto-foto hitam putih kamu menjadi karya sempurna yang penuh warna.