Berapa kali kamu merasa otak tiba-tiba kosong dan tidak tahu harus melakukan apa, yang sialnya selalu terjadi saat kamu dikejar deadline laporan yang harus diberikan pada atasan?

Bukan hanya itu, kamu tidak bisa menulis apa-apa karena tidak ada bayangan apa yang harus ditulis, sehingga hanya mampu menatap kertas kosong dengan perasaan tak berdaya.

Ups, jangan panik dulu. Ini bukan pertanda kamu mulai pikun dan percaya deh, kamu tidak mengidap penyakit Alzheimer yang menyerang secara mendadak. Bisa jadi, hal ini disebabkan karena kamu harus mulai menyesuaikan diri dengan keadaan baru tersebut.

Jadi bagi kamu yang mungkin saat ini sedang pusing karena terlalu sibuk, istirahat dulu sebentar dan simak artikel berikut. Siapa tahu akan membantu.

1Lakukan Pada Waktu yang Tepat

www.huffingtonpost.com

Kebanyakan orang yang telah berumur berpikir lebih jernih pada pagi hari; sedangkan mereka yang lebih muda, pada siang hari.

Temukan kapan waktu kamu yang tepat, dan selesaikan masalah-masalah yang memerlukan pemikiran di waktu-waktu tersebut.

2Mengikuti Nasehat Konfusius

www.workflowmax.com

salah satu petunjuk mengingat yang selalu digunakan oleh para ahli yang melakukan penelitian tentang ingatan : Supaya tidak lupa bila ada hal penting, tulis di secarik kertas.

Sebagaimana kata pepatah Cina, tulisan yang tintanya tidak jelas bertahan lebih lama daripada ingatan paling kuat sekalipun.

3Tampil Bersemangat dengan Kopi

www.coklatkita.com

Penelitian menunjukkan kadar kafein dalam secangkir kopi dapat membantu kita berkonsentrasi terhadap sesuatu hal dengan lebih baik.

Namun bagi kamu yang rentan atau mudah terkena depresi, sebaiknya jauhkan diri dari sentuhan kopi karena akan berakibat buruk bagi sel-sel otak.

4Beri Kesempatan Pada Ide-ide Baru

bluegatorcreative.com

Kebanyakan dari kita memperoleh kelebihan kemampuan yang dengan cepat menyaring fakta yang ada dan dengan cepat pula memutuskan ya atau tidak.

Kreativitas memerlukan lebih banyak waktu senggang atau pendekatan yang lebih santai yaitu dengan memberikan ruang bagi ide-ide gila kamu.

5Pilih Profesi Menantang

asme.berkeley.edu

Orang-orang yang berkarir di bidang yang memerlukan tingkat konsentrasi atau penggunaan intelegensi tinggi besar kemungkinannya untuk dapat mempertahankan kognisinya di level tertinggi.

Selain itu, menikahi seseorang yang pintar juga dapat membantu kamu untuk terus mendapat stimulasi tingkat tinggi.

6Belajar dari Pengalaman Da Vinci

www.collativepro.com

Seperti halnya Da Vinci yang terkenal dengan ide-ide revolusionernya, tidak ada salahnya melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, yang tujuannya adalah untuk merangsang stimulasi otak.

Beberapa diantaranya misalnya melakukan juggling bola atau menulis dengan tangan kiri (atau kanan bagi kamu yang kidal).

7Menjaga Kebugaran Badan

hemaviton.com

Banyak yang percaya bahwa dengan berolah raga, maka kemampuan berpikir juga akan semakin menguat.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar oksigen dan nutrisi yang dialirkan ke dalam otak, sehingga merangsang sel-sel otak untuk tumbuh lebih pesat. Meski penelitian belum membuktikan pkamungan ini akurat, rasanya tidak ada salahnya kalau dicoba.

8Tambah Pengetahuan

acluva.org

Dalam sebuah studi yang membandingkan orang-orang yang mudah mengalami kebosanan dengan mereka yang dapat mempertahankan kreativitasnya.

Diketahui bahwa kelompok yang terakhir dapat mempertahankan penampilannya karena terus berusaha menambah pengetahuannya. Jadi, siapa bilang membaca itu tidak penting?

SHARE