Investasi merupakan sebuah cara bagi kita untuk menambah terus nilai aset kita dalam jangka panjang. Bertambahnya nilai aset kita tiap tahun akan membuat kita bertambah kaya dan mendapat manfaat ekonomi dari aset tersebut.

Kenapa investasi menjadi sebuah cara yang tepat untuk meningkatkan nilai aset kita? Hal ini disebabkan nilai uang yang kita miliki sekarang dalam jangka panjang akan menurun karena tergerus oleh inflasi setiap tahun. Sehingga diperlukan kemampuan mengelola uang yang tepat untuk menjadikan nilai uang kita semakin meningkat dengan mengubahnya menjadi aset yang kita miliki.

Berikut adalah 4 cara investasi terbaik yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan nilai aset kita di masa yang akan datang:

1. Properti

showmeinstitute.org investasi

Properti menjadi sebuah alternatif investasi yang paling umum sering digunakan oleh masyarakat dalam menumbuhkan nilai asetnya untuk jangka panjang. Kategori properti seringkali merujuk pada tanah, rumah, apartmen, gedung, dan sejenisnya.

Sejak dahulu, orang yang memiliki tanah luas biasanya akan mendapat keuntungan dari kenaikan harga tanah setiap tahun. Apalagi jika di atas tersebut terdapat sebuah bangunan yang bisa digunakan.

Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah tanah yang ada di pasar, sedangkan permintaan akan kebutuhan tanah akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk setiap tahun. Kamu bisa mulai dengan membeli tanah sedikit demi sedikit di daerah pinggiran yang memiliki potensi pembangunan baik.

Suatu waktu jika pembangunan sudah masuk ke wilayah pinggiran tersebut, kamu pasti bisa mendapat keuntungan berlipat dari nilai tanah tersebut. Atau jika di daerah pinggiran tersebut sudah mulai ada pembangunan, kamu bisa menginvestasikan uang kamu dengan membeli sat unit apartmen yang bisa kamu tinggali atau sewakan.

2. Emas (Logam Mulia)

Emas merupakan salah satu pilihan investasi yang disukai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan emas merupakan aset yang mudah dicairkan jika kita memiliki kebutuhan mendesak untuk memiliki “cash money”.

Harganya yang relatif murah dibanding tanah membuat kita lebih mudah mengoleksi emas dari nilai yang rendah hingga ke nilai yang tinggi. Saat ini pun ada banyak cara memiliki emas yang ditawarkan oleh lembaga keuangan untuk memenuhi keinginan investasi kita.

Salah satunya adalah cara mencicil dari Pegadaian Syariah. Dengan mencicil, kita bisa memiliki emas dengan membayar setiap bulan ke Pegadaian Syariah atau Bank Syariah sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan.

Skema ini tentunya akan membuat kita lebih mudah untuk menyisihkan uang kita setiap bulan untuk berinvestasi emas.

3. Sukuk Negara Ritel (SR-008)

esqlaw.net

Sukuk Negara Ritel merupakan surat utang syariah yang diterbitkan oleh Negara dan diperuntukkan bagi investor individu. Artinya, setiap Warga Negara Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berburu sukuk ritel tersebut.

Risiko investasi yang sangat rendah membuat banyak orang rebutan memiliki surat utang ini. Selain itu juga memang nilai imbal investasi yang cukup menggiurkan, yakni setara dengan 8,3% per tahun dengan tenor 3 tahun.

Kamu bisa membeli sukuk ritel tersebut di tempat-tempat yang telah ditunjuk menjadi penjual sukuk ritel tersebut, di antaranya bank-bank pemerintah juga bank swasta. Jangan menunda pembelian SR-008 ini, sebab masa penawaran hanya berlangsung pada tanggal 19 Februari hingga 4 Maret 2016.

4. Saham

beritasaham24.com

Saham adalah surat bukti tanda kepemilikan atas sebuah perusahaan. Biasanya pemilik saham disebut sebagai investor. Menjadi seorang investor tidak hanya bisa dilakukan oleh individu ataupun perusahaan yang memiliki banyak asset.

Karena sebenarnya kita sebagai individu bisa membeli saham dengan harga yang murah dengan prospek yang cukup menarik dalam jangka panjang. Masih banyak harga saham di Bursa Efek Indonesia yang memiliki harga di bawah seribu rupiah per lembar.

Dan kita diperbolehkan melakukan pembelian minimal 1 lot atau setara dengan 100 lembar saham. Jenis investasi ini cocok bagi kita yang ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, karena memang nilai saham akan bergantung dengan kinerja sebuah perusahaan dari tahun ke tahun.

Jika ingin mendapat return yang cepat, maka saham tidak cocok dijadikan alat investasi. Peluang masuk pasar saham masih sangat terbuka lebar, karena orang Indonesia yang memiliki akun di pasar saham sendiri masih di bawah 500.000 orang.

Artinya, tidak sampai 1 persen penduduk Indonesia memiliki saham. Padahal, nilai imbal hasil dalam saham lebih menggiurkan dibandingkan dengan pilihan investasi yang lain, karena bisa mencapai lebih dari 10% dalam 1 tahun.

Bahkan, jika kita bisa membeli saham perusahaan yang memiliki kinerja yang bagus dan dalam tahap growth, bukan tidak mungkin kita mendapat return lebih dari 20% tiap tahun. Makanya, untuk yang ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam jangka panjang, jangan ragu dan segeralah masuk pasar saham sekarang juga.