Di berbagai negara tropis tanaman pisang tumbuh dengan subur. Begitu melimpahnya, bahkan produksi buah pisang di Indonesia lebih banyak dari produksi buah lainnya. Barangkali itu mengapa ada kudapan pisang goreng.

Begitu melimpahnya pisang di Indonesia sampai-sampai pisang selalu masuk dalam banyak kuliner mulai dari kolak, rujak, pisang kukus, pisang goreng, dan masih banyak lagi olahan pisang lainnya.

Nah, sebenarnya ada berapa banyak jenis olahan pisang goreng di Indonesia? Berikut beberapa ulasannya. Kamu selalu bisa membuatnya sendiri di rumah. Pisang goreng kreasi kamu sendiri.

1Pisang Goreng Karamel

idha2908.blogspot.com

Kalau kamu ingin membuat pisang goreng karamel, gunakan pisang kamu yang ada dalam kondisi tua atau mengkal. Jangan gunakan yang terlalu muda atau terlalu matang.

Bedanya dengan pisang goreng lainnya? Tentu saja setelah digoreng, kamu harus melumuri pisang ini dengan karamel yang dibuat dari gula pasir atau gula merah. Kalau tidak menggunakan gula cair (karamel), bukan pisang karamel namanya.

2Pisang Goreng Pontianak

m.detik.com

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Kota Pontianak untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Pisang yang digunakan juga pisang kepok yang bisa kamu dapatkan dimana saja.

Pisang goreng Pontianak digoreng dalam bentuk menyerupai kipas setelah dicelup pada adonan tepung terigu. Kemudian, sebelum disajikan pisang ini diolesi dengan selai srikaya atau selai lainnya sesuai selera.

Biasanya pada penjual pisang Pontianak ini juga disediakan selai coklat, stroberi, dan masih banyak selai buah lainnya yang sangat bervariasi.

3Pisang Goreng Kipas

resepmakansedap.com

Bedanya dengan pisang Pontianak, olahan pisang yang satu ini dicelup dalam adonan tepung beras, bukan tepung terigu. Pisang yang digunakan sama, pisang kepok. Selain tepung beras, bahan tambahan lainnya adalah vanili.

Karena menggunakan ‘kulit’ celup tepung beras, kamu akan merasakan tekstur yang lebih keras pada pisang ini. Kerenyahan atau tekstur kerasnya pisang ini juga dapat bertahan lebih lama.

4Pisang Goreng Nugget

cookpad.com

Nah, kalau pisang yang digunakan untuk membuat pisang nugget ini adalah pisang tanduk. Karena namanya pisang nugget, kamu harus memotong pisang menyerupai nugget, kotak-kotak kecil atau kotak memanjang.

Bedanya, setelah kamu mencelup pisang dalam adonan tepung terigu, telur, dan santan, kamu harus mengukus pisang ini. Setelah dikukus, celupkan dalam telur, gulingkan ke tepung panir, lalu goreng. Selesai, jadilah pisang nugget.

5Pisang Goreng Keju

pakbondan.net

Tentu saja yang membuat pisang ini berbeda dengan pisang goreng lainnya adalah ditambahkannya keju pada pisang. Selain keju, kamu juga menambahkan susu kental manis pada pisang. Gunakan pisang raja untuk membuat pisang keju ini.

Keju yang kamu tambahkan dapat berupa keju parut atau keju cair. Pisang yang kamu goreng juga dapat disesuaikan dengan selera kamu, menggunakan tepung atau tanpa tepung.

6Pisang Goreng Coklat

melodyolala.wordpress.com

Banyak versi pisang coklat yang beredar di masyarakat Indonesia misalnya saja pisang coklat (piscok), pisang goreng berlumur coklat yang dimasukkan dalam kulit tipis serupa kulit lumpia.

Ada juga pisang coklat tabur, maksudnya adalah coklat bubuk yang ditaburkan pada pisang. Dapat juga coklat parut, atau coklat cair, atau bahkan lumuran coklat yang menyerupai selai.

Pisang coklat yang mana pilihan kamu? Kamu yang bisa menentukannya sendiri.

7Pisang Goreng Pasir

santeaja.com

Untuk membuat menu pisang pasir yang satu ini, kamu bisa menggunakan pisang kepok. Potongan bentuk pisangnya juga bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Yang berbeda adalah adonan celupnya.

Pisang pasir ini harus dicelup dalam adonan tepung fried chicken, susu bubuk, dan gula pasir. Setelah dicelupkan ke dalam adonan, kamu harus menggulingkannya di atas tepung roti. Bagaimana rasanya? Kamu bisa coba sendiri di dapur rumah kamu.